twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 20 Maret 2024

Aksi Heboh Mahasiswa Praktik Masak Chinese Food di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya


Enam Tim Berjibaku di Hot Kitchen demi Masak Beef Paprika with Mongolian Sauce, Chow Mein Beef & Stir-Fry Kaylan with Garlic, Tiga Kreasi Menu Masakan Oriental yang ”Hao-se”



SETELAH sukses mengikuti praktik masak Indonesian Food, sekarang giliran mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-Pagi dibekali pengetahuan tentang teknik masak tiga menu Chinese Food yang cukup populer di Indonesia yakni Beef Paprika with Mongolian Sauce, Chow Mein Beef dan Stir-Fry Kaylan with Garlic, di Kitchen Modern 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (18/03/2024) pagi.

 

”Praktik ini merupakan tatap muka kali ketiga dari materi praktik masak Chinese Food. Dari 12-an mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu dibagi enam tim. Tiga tim pertama masak Beef Paprika with Mongolian Sauce dan Stir-Fry Kaylan with Garlic, sedangkan tiga tim berikut kebagian tugas buat Chow Mein Beef dan Stir-Fry Kaylan with Garlic yang hao-se (lezat banget),” terang Chef Yanuar Kadaryanto.

 

Praktik masak Chinese Food tersebut merupakan bagian dari pembelajaran kepada mahasiswa Culinary Art Class, seputar teknik memasak aneka makanan khas Oriental yang citarasa dan teksturnya berbeda banget dengan masakan ala Western Food (Continental Cuisines).

 

Pelajaran pengolahan masakan Chinese Food (Oriental Cuisines) ini merupakan aplikasi dari teknik-teknik memasak, di antaranya grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan banyak lagi. Selama 10 kali pertemuan bersama Chef Yanuar, mahasiswa juga diperkenalkan terhadap berbagai macam makanan khas yang berasal dari Negeri Tirai Bambu (Tiongkok).

 

Tim A, B dan C harus berjibaku di Hot Kitchen Graha Tristar Surabaya demi mempersembahkan Beef Paprika with Mongolian Sauce dan Stir-Fry Kaylan with Garlic. Untuk membuat dua menu masakan Chinese Food sejak prepare bahan masakan, lalu memproses hingga mem-plating dan menyajikan di meja display produk, durasinya dibatasi tidak lebih dari 90 menit.

 

Hal yang sama juga ditunjukkan Tim D, E dan F yang tampil all out di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya demi menampilkan menu Chow Mein Beef dan Stir-Fry Kaylan with Garlic ala Restoran Chinese Food terkenal di Surabaya.

 

”Setelah berjibaku di hot kitchen sekitar 90 menitan, hasil kreasi masakan dari masing-masing tim, saya evaluasi dari tiga aspek yakni tampilan dan kreativitas, tekstur serta cita rasanya, seperti yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” kata Chef Yanuar, sapaan karibnya kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, kemarin.

 

Dermi memasak Beef Paprika with Mongolian Sauce, misalnya, bahan yang disiapkan meliputi tenderloin beef (di-slice), tenderizer, baking soda dan garlic oil (di-marinate lebih dulu), onion, green bellpepper dan red bellpepper (di-sautee), lalu tambahkan soy sauce, brown sugar, salt, pepper, sugar, vetsin dan water secukupnya.

 

Selanjutnya masak menu yang kedua adalah Stir-Fry Kaylan with Garlic. Untuk masak menu yang satu ini, maka bahan yang diperlukan meliputi Kaylan (di-blanch dulu), garlic oil (take with garlic), beef dan onion (dipotong julienne), ginger (di-slice), water sucukupnya, red chili, oyster sauce, soy sauce, maggi seasoning, sesame oil, salt, pepper, sugar, vetsin, maizena (untuk mengentalkan), fried garlic chop dan clove.

 

Sementara itu untuk memasak Chow Mein Beef, bahan yang dibutuhkan antara lain beef (dipotong strip lalu di-sautee) bersama sweet soy sauce, chili sauce dan Chinese wine. Sedangkan egg noodle-nya di-blanch bersama oil, button mushroom (dipotong quadcerto), bean sprout, red paprika dan onion (dipotong julienne), spring onion (dipotong 1-2 cm). Selama memasak menu ini, tambahkan juga oyster sauce, soy sauce, maggi seasoning, water, garlic oil, dark soy sauce, salt, pepper, sugar, vetsin dan maizena.

 

Demi melihat sejauh mana kerja masing-masing tim, Chef Yanuar pun berkeliling dari meja ke meja untuk memastikan bahwa masakan yang dibuat sudah sesuai dengan ekspektasi. Masakan tidak overcook atau masih kurang masak, kurang asin atau malah keasinan dan sebagainya. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akapr Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar