twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 13 Maret 2024

Asyiknya Mahasiswa Pastry Art Tristar Semarang Praktik Showpiece Cakes Bersama Chef Mei


Mahasiswa Pastry Art Tristar Semarang Kelas B-Pagi Giliran Tampilkan Teapot Showpiece Cake, Peacock Showpiece Cake dan Cristal Showpiece Cake nan Elegan dan Mewah Penuh Pesona



SEKARANG giliran mahasiswa Pastry Art Tristar Semarang (member of Tristar Group) Kelas B-Siang yang menerima tantangan dari Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, Chef Dwi Mei Retnowati, untuk membuat tiga kreasi Showpiece Cakes Decoration yakni Teapot Showpiece Cake, Peacock Showpiece Cake dan Cristal Showpiece Cake, dengan tampilan kekinian nan elegan dan mewah penuh pesona.

 

Praktik membuat tiga kreasi Showpiece Cakes Decoration itu sendiri dihelat di Kitchen Modern Tristar Semarang, yang berkampus di Metro Sport Center Jl. MT Hariyono, Semarang, pekan lalu. Sebanyak 17-an mahasiswa Pastry Art Tristar Semarang Kelas B-Siang –terbagi dalam tiga tim, yakni Tim D, E dan F-- yang terlibat di dalamnya.



Chef Mei mengajarkan anak didiknya cara membuat kreasi Showpiece Cakes Decoration nan elegan dan mewah tampilannya. Tim A yang dimotori Azza bersama lima personel lainnya tampil percaya diri demi membuat kreasi Showpiece Cake Decoration yang mengangkat tema Teapot Showpiece Cake.


Sedangkan Cecilia, Ketua Tim B bersama lima anggotanya yang lain tampil all out di Cold Kitchen Tristar Semarang, demi mempersembahkan kreasi Showpiece Cake Decoration terbaiknya yang berjudul Peacock Showpiece Cake. Kreasinya ini terinspirasi dari kecantikan burung merak yang menjadi salah satu simbol keunikan pada malam perayaan Tahun Baru Imlek.


Sementara itu lima personel Tim C yang dipimpin Kinanti, fokus membuat kreasi Showpiece Cake Decoration yang menjadi andalannya dan diberi nama Cristal Showpiece Cake. Chef Mei pun sudah menerima gambar kreasi Showpiece Cake Decoration dari masing-masing tim, sepekan sebelum mahasiswa mengaplikasikannya saat praktik di cold kitchen kampus.


Pada hari H, tepatnya pekan pertama Maret 2024 lalu, masing-masing tim pun harus berjibaku di Cold Kitchen Tristar Semarang (member of Tristar Group), demi membuat Showpiece Cakes Decoration terbaiknya, dengan disupervisi langsung oleh Chef Dwi Mei Retnowati bersama asistennya.


Setiap tim mengusung tema-tema populer untuk memperkuat karakter dari kreasi Showpiece Cake Decoration yang dibuatnya, yakni Ocean Showpiece Cake, Cheongsam Showpiece Cake dan Cage Showpiece Cake.


Sesuai Buku Ajar (Silabus) yang telah dibagikan kepada mahasiswa, untuk membuat kreasi Showpiece Cakes Decoration sesuai standar industri perhotelan, setidaknya ada empat tahapan pekerjaan yang wajib dilakoni dan step by step pekerjaan itu di-break down dalam empat kali tatap muka di Cold Kitchen Tristar Semarang.


Selama pertemuan hari pertama, masing-masing tim fokus membuat berbagai ornament dari White Chocolate Compound (WCC) dan Dark Chocolate Compound (DCC) sesuai tema Showpiece Cake Decoration yang telah diajukan kepada dosen pengajar.


Setiap tim membutuhkan styrofoam berdiameter 10 cm, 20 cm dan 30 cm, cake bottom ukuran 40x40 cm2, plastic icing 4 kg, food color, CMC 10 gram, cornstarch 200 gr, bamboo skewers 10 pcs dan toothpick 20 pcs.


Selanjutnya pada tatap muka hari kedua, Chef Mei mengajarkan anak didiknya bagaimana cara meng-cover showpiece cake dengan plastic icing (fondant) yang betul. Dan pada pertemuan hari ketiga, saatnya masing-masing tim meng-installing showpiece cake ornament.


Untuk finishing touch-nya sendiri dilakoni pada tatap muka hari terakhir. Selama mereka berjibaku di cold kitchen kampus, Chef Mei juga mencontohkan cara membuat Royal Icing yang bahannya terdiri dari icing sugar, vinegar dan egg white.


Selain itu mahasiswa juga diajarkan bagaimana teknik membuat Gum Paste. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Gum Paste adalah egg white, icing sugar, CMC, shortening, salt, vanilla paste dan icing sugar.


Dalam kesempatan itu, Chef Mei bersama asistennya mempersilakan mahasiswa untuk menambahkan pernak-pernik pendukung demi menitikberatkan bahwa kreasi Showpiece Cakes Decoration yang dibuat oleh masing-masing tim itu hasilnya sesuai dengan ekspektasi. Bahkan tampilannya pun tampak so cool!


Keseruan aksi mahasiswa itu semakin tampak saat masing-masing tim tampil all out demi menghias Showpiece Cakes Decoration pada hari terakhir, sebelum hasil kreasi terbaik dari masing-masing tim tersebut di-display di meja untuk dinilai dan dikritisi oleh Dosen Pengajar Patry Art Tristar Group tersebut.


”Saya acungkan dua jempol kepada kalian semua, setelah melihat hasil akhir gelaran praktik membuat kreasi Showpiece Cakes Decoration. Terus terang tampilan tiga kreasi Showpiece Cake tersebut tampak elegan dan mewah banget, melebihi ekspektasi saya,” puji Chef Mei, sapaan akrabnya. Amazing banget. Good jobs! Bro & Sis


Anda tertarik menjadi mahasiswa Pastry Art Class Tristar Semarang (member of Tristar Group), silakan menghubungi Tim Marketing Tristar Group, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar