twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 29 April 2024

Memotret Keseruan Final Exam Mahasiswa Culinary Art Class di Kitchen Modern Tristar Samator


Mahasiswa Tristar Samator Kelas A-Pagi Tampilkan 10 Menu Appetizer, 11 Main Course dan 11 Dessert, Aneka Kreasi Masakan Masa Kini nan Lezat dan Keren

 


SEBANYAK 11 orang mahasiswa Culinary Art Tristar Samator (member of Tristar Group) Kelas A-Pagi tampil all out pada gelaran final exam hari pertama, Selasa (23/04/2024) di Kitchen Modern Tristar Samator Sky Suites SOHO-The Samator Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya.

 

Tiga orang juri, yakni Chef Yanuar Kadaryanto, Chef Fridolin dan Chef Thomas Denny, pagi itu juga dihadirkan untuk memberikan penilaian terhadap aneka kreasi masakan yang ditampilkan mahasiswa Culinary Art Class Tristar Samator.

 

Selama ujian praktik masak secara individual tersebut, mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih menu masakan apa yang akan ditampilkan karena ada empat opsi yang ditawarkan, yakni menu Oriental Cuisines, Middle East Food, Continental Cuisines atau Mediterranean Cuisines. Hasil kreasi masakan itu terdiri dari satu set menu yang terdiri dari Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert.

 

Menurut Chef Thomas Denny, sebelum mengikuti gelaran final exam di hot kitchen Tristar Samator, 11 mahasiswa Culinary Art Class itu lebih dulu mengikuti ujian tulis (teori) di ruang kelas, demi menyelesaikan 10 soal esai dengan durasi sekitar satu jam. Sedangkan ujian praktik masaknya sendiri waktunya bermain pada kisaran 2,5-3 jam, terhitung sejak prepare bahan, proses memasak hingga menyajikannya di atas meja display produk.

 

Setelah berjibaku di hot kitchen sekitar tiga jam, semua kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class tersebut ditampilkan di atas meja yang sudah ditata sedemikian rupa sehingga tampilannya layaknya hidangan ala prasmanan. Selanjutnya tim juri mempersilakan untuk mengenalkan diri sekaligus mempresentasikan masakan yang dibuatnya itu mulai bahan yang dibutuhkan, teknik masaknya hingga mem-plating dan meng-garnish-nya.

 

Joy Christopher, tampil kali pertama untuk mempresentasikan tiga kreasi menu Oriental Cuisines yang dibuatnya, yakni Yong Tofu, Wheat Fried Shrimp dan Oolong Pea Tea, di hadapan tiga orang juri yang terdiri dari Chef Yanuar, Chef Fridolin dan Chef Thomas.

 

Berikutnya yang diminta tampil adalah Raihan Jaya Saputra. Di hadapan tim juri, Raihan mempersentasikan tiga menu Mediterranean Cuisines (Italian Food) yang menjadi andalannya, yakni Shrimp Focaccia, Seared Salmon with Pesto Fettuccine dan Strawberry Sprite Mocktail.

 

Giliran selanjutnya yang maju presentasi adalah M. Nurdian Yusuf Rizandy. Mahasiswa yang akrab disapa Rizandy itu mempersembahkan tiga menu Continental Cuisines (dari Spanyol dan Prancis), yakni Shrimp Ceviche, Pansier Salmon with Two Way Cauliflower dan Strawberry Lime Mojito.

 

Penampil keempat adalah Nicholas Cornelius Wijaya Ong. Mahasiswa yang biasa dipanggil Nicholas itu tampil percaya diri demi menampilamn tiga kreasi menu masakan Oriental Cuisines yang legendaris, yakni Skewer Chicken Roulade, Honey Mustard Chicken dan Apple Soda.

 

Sementara itu Maria Olivia Trianto tampil percaya diri di hadapan tim juri demi mempresentasikan tiga menu masakan Oriental Cuisines yang cukup populer di kalangan komunitas Tionghoa di Surabaya, yakni Chinese Seafood Bird Nest, Crab Rangoon dan Liang Tea.

 

Sedangkan Jonathan Theophanus dalam final exam kali ini antusias mengangkat tiga kreasi menu masakan khas dari kawasan Middle East (Timur Tengah), yakni Sambouser, Chicken Zabadi dan Jallab. Tiga kreasi menu masakan itu diapresiasi tiga orang juri yang hadir pagi itu.

 

Berikutnya yang tampil mempresentasikan hasil kreasi masakannya adalah M. Mahfud Bahtiar. Mahasiswa yang akrab dipanggil Mahfud itu antusias menampilkan tiga kreasi menu masakan Continental Cuisines (dari Prancis), yakni Smoke Beef Canape, Beef Steak Hollandaise Sauce dan Shirley Temple Drink.

 

Giliran selanjutnya yang maju di hadapan tim juri adalah Celvin Beneluis. Celvin dalam ujian praktik masak kali ini fokus membuat tiga kreasi masakan Oriental Cuisines yang cukup populer di Indonesia yakni Beef Skewer, Beef Stir-Fry dan Sparkling Orange.

 

Sementara itu Faizah Mumtes tampil all out saat berjibaku di hot kitchen Tristar Samator, demi membuat tiga kreasi menu masakan Middle East (Timur Tengah), yakni Falafel, Garlic Shrimp in Pita dan Date Sweet & Strawberry Lemonade, Tiga menu makanan khas Timur Tengah itu juga mendapat pujian dari tim juri.

 

Sedangkan Elisabet Juana Mongi pun tampak antusias mempresentasikan dua kreasi menu masakannya di hadapan tim juri. Dua kreasi masakan khas dari kawasan Middle East (Timur Tengah) itu adalah Cauliflower Manchurian dan Pomegranate Mocktail.

 

Terakhir yang maju presentasi di depan tim juri adalah Jessica Eugenia Liyanto. Jessica, demikian mahasiswi cantik itu biasa disapa, tampil penuh percaya diri mempresentasikan tiga kreasi menu masakan Oriental Cuisines yang juga cukup populer di Surabaya, yakni Tofu Lettuce Wrap, Chicken XO Sauce dan Lo Han Kuo (Teh Labu).

 

Usai mendengarkan presentasi mahasiswa, tim juri lalu melakukan penilaian langsung terhadap aneka kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class tersebut, berdasarkan tiga kriteria yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut sesusai dengan Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Secara overall, tiga orang juri pun sepakat untuk mengapresiasi kerja keras 11 mahasiswa Culinary Art Tristar Samartor Kelas A-Pagi yang telah berjibaku di Kitchen Modern Tristar Samator, demi menampilkan kreasi masakan terbaiknya pada gelaran final exam tersebut. The most incredible. Good jobs! Bro & Sis

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar