twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 11 April 2024

Dari Gelaran Cooking Demo Chinese Food Bersama Chef Lusi F. Noor di Hot Kitchen Tristar Samator


Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas A Diajarkan Masak Sio Bak, Salah Satu Menu Legendaris Komunitas Tionghoa di Surabaya

 


MAHASISWA Culinary Art Tristar Samator A Class (member of Tristar Group) tampil penuh semangat demi mengikuti gelaran Cooking Demo Chinese Food bertajuk Sio Bak bersama Chef Lusi F. Noor, di Kitchen Modern 1 Tristar Samator, Sky Suites SOHO-The Samator, Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya, Kamis (28/03/2024) lalu.

 

Kepada kru www.sekolahmasak.info, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Samator ini tertarik mengangkat materi cooking demo bertema Sio Bak sesuai panduan Buku Ajar (Silabus) karena dirinya ingin mengenalkan teknik pengolahan daging babi ini kepada mahasiswa Culinary Art Class. Pasalnya, menu masakan yang satu ini cukup populer di kalangan komunitas Tionghoa di Surabaya dan sekitarnya.

 

Sio Bak adalah hidangan yang berbahan baku daging babi. Kulit babi yang renyah dipadupadankan dengan rasa juicy dalam dagingnya. Diperlukan waktu sampai empat jam untuk memarinasi daging bagian bawah dengan campuran tahu merah yang difermentasi, lima bubuk rempah, garam dan lada serta mengoles bagian atasnya dengan cuka beras. Kunci resep ini adalah kerenyahan dagingnya pada saat dipanggang.

 

Di Surabaya sendiri ada beberapa restoran Chinese Food yang menawarkan menu legendaris tersebut. Di antaranya adalah Siokee & Siobak 123 di Pasar Modern Puncak Permai (Gapura Timur Road), Siokee & Siobak Adam Jl. Kalianyar, Masgo Siokee & Siobak Jl. Kedungdoro dan Siobak Char Siu (SCS) Jl. Siwalankerto Timur Surabaya.

 

Mengingat harga daging babi (porkbelly) bermain pada kisaran Rp 400.000-Rp 500.000 per kilogram, maka wajar harga Sio Bak per porsinya (size 200-250 gram) bisa tembus Rp 200.000-an. Bahkan harga daging babi bisa meroket hingga Rp 600.000-Rp 700.000 per kilogramnya jelang Perayaan Tahun Baru Imlek. “Harga daging babi bisa selangit di pasaran biasanya terjadi pada masa peak season,” kata Chef Lusi, kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, belum lama ini.

 

Oleh Chef Lusi, rahasia kelezatan Sio Bak yang melegenda di Indonesia itu kemudian dikenalkan kembali kepada mahasiswa Culinary Art Tristar Samator A Class dalam sebuah gelaran cooking demo untuk diduplikasi dan diviralkan agar para pecinta kuliner di Surabaya dan sekitarnya bisa menikmati betapa lezatnya menu Chinese Food yang legendaris tersebut untuk jamuan makan malam bersama keluarga.

 

Sebelum cooking demo, Chef Lusi F. Noor juga mengajak mahasiswa yang hadir pagi itu di hot kitchen Tristar Samator untuk membuka Buku Ajar (Silabus) yang menampilkan resep masak Sio Bak. Setidaknya ada tiga tahapan pekerjaan yang harus dilakoni untuk masak menu legendaris tersebut.

 

Pekerjaan tahap pertama menyiapkan porkbelly (untuk meat), Chinese wine, ngo hyong, soy sauce, salt dan pepper, sedangkan untuk skin-nya sendiri ditaburi rock salt dan vinegar. Sementara itu untuk sauce-nya, maka bahan yang dibutuhkan adalah oyster sauce, hoisin sauce, water, sugar, sesame oil dan cucumber seed.

 

Tahapan pekerjaan berikutnya, daging bagian bawah porkbelly yang sudah dimarinasi dan bagian atasnya ditaburi rock salt dan vinegar kemudian di-bake di mesin oven pada suhu 190-200*C selama 60-90 menit dan selanjutnya di-frying agar tesktur dagingnya lembut di bagian dalam, sedangkan kulit luarnya crispy (renyah).

 

Tahapan pekerjaan yang terakhir, porkbelly yang sudah matang sempurna di-slice, lalu di-plating di atas loyang oval atau piring keramik dan di-garnish dengan memanfaatkan tomato cherry, irisan mentimun dan hoisin sauce. Tampilan Sio Bak yang superkeren dan citarasanya yang lezat, mengundang selera untuk dinikmati bersama anak didiknya. Amazing banget. Good jobs! Chef …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar