twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 28 April 2024

Asyiknya Melihat Gelaran Final Exam Hari Pertama Mahasiswa Culinary Art di Hot Kitchen Graha Tristar


Tim Juri Apresiasi 13 Kreasi Menu Masakan dan Enam Kreasi Minuman Persembahan Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-Pagi



TIM JURI yang terdiri dari Chef Yanuar Kadaryanto, Chef Nadya Ratri Aryani dan Chef Renny Savitri, mengapresiasi 13 kreasi menu masakan (baik appetizer, soup maupun main course) dan enam kreasi minuman (dessert) persembahan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-Pagi pada gelaran Final Exam Hari Pertama, Senin (22/04/2024) lalu, di Kitchen Modern 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Kreasi masakan dan minuman mahasiswa Culinary Art Class tersebut dinilai tim juri dari aspek tampilan dan kreativitas, tesktur dan citarasanya atas aneka kreasi masakan dan minuman yang ditampilkan enam orang mahasiswa Culinary Art Class yang mengikuti ujian praktik masak hari pertama. Sebelum berjibaku di hot kitchen selama tiga jam, mahasiswa juga mengikuti ujian tulis (teori) di kelas selama satu jam.

 

Dalam final exam tersebut, mahasiswa Culinary Art Class, Thalia Arella A., berjibaku di hot kitchen demi membuat hidangan makan siang berupa tiga menu Chinese Food sekaligus, yakni Curry Egg Salad Wonton Cup (Appetizer), Spinach Soup with Tofu (Soup), Beef & Broccoli Noodle (Main Course) dan Milky Blue Ocean (Dessert).

 

Sedangkan Adeline Virginia tampil all out pada gelaran final exam tersebut demi mempersembahkan tiga menu masakan yang menjadi andalannya, yakni Vegetable Spring Rolls, Dan Dan Noodle dan Mango Yakult Squash yang bercita rasa lezat dengan tampilan cantik memikat.

 

Selanjutnya Rio Aditya Chandra tampak fokus bekerja di hot kitchen demi membuat tiga kreasi menu masakan Indonesian Authentic Food yang berasal dari daerah Bali, yakni Rujak Kuah Pindang, Nasi Jinggo Sate Lilit dan Es Tambring Bali yang legendaris.

 

Sementara itu Amelia Amanda tampil percaya diri dalam final exam tersebut, demi membuat tiga kreasi menu masakan tradisional Bali yang bertajuk Sup Ikan ala Mak Beng, Nasi Campur Jimbaran dan Es Kelapa Muda, di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Surabaya.

 

Giliran Nathania Emanuella Tawas yang harus bekerja keras di hot kitchen Graha Tristar demi mempersembahkan tiga menu masakan Chinese Food dengan tampilan keren dan berkelas, yakni Dim Sum Platter, Angsio Tofu Jamur, Garlic Fried Rice dan Orange Squash Mocktail.

 

Terakhir Muhammad Abdullah Junior al-Islami, mahasiswa Culinary Art Class yang maju pada final exam secara individual hari pertama, menampilkan masakan khas yang menjadi unggulannya, yakni Batagor with Soy Sauce, Asem-asem Bandeng dan Lemongrass Tea.

 

Secara overall, tiga orang juri yang terdiri dari Chef Yanuar Kadaryanto, Chef Nadya Ratri Aryani dan Chef Renny Savitri, kompak mengapresiasi sekaligus mengkritisi hasil kreasi masakan yang ditampilkan enam mahasiswa Culinary Art Class yang mengikuti gelaran final exam pada hari pertama. Setidaknya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Sementara itu Chef Nadya Ratri Aryani mengatakan, kreasi masakan yang ditampilkan enam orang anak didiknya itu mengangkat tema masakan Indonesian Authentic Food, dan Oriental Cuisines. Masing-masing peserta final exam bebas menampilkan kreasi masakannya sesuai passion-nya. Chef Nadya juga mengapresiasi salah satu mahasiswa yang mermanfaatkan dry ice dalam mem-plating kreasi masakannya sehingga tampilannya terkesan elegan, mewah dan berkelas.

 

Selama berjibaku di hot kitchen, setiap personel mahasiswa berupaya menuntaskan pekerjaannya tepat waktu, sejak prepare bahan, memproses masaknya hingga mem-plating masakan tersebut agar tampilannya semakin keren dan berkelas. ”Pasalnya, pada final exam kali ini durasi masaknya dibatasi tidak lebih dari  tiga jam. Manajemen waktu tetap jadi atensi mahasiswa,” pungkas Chef Nadya Ratri Aryani, kepada kru www.sekolahmasak.info, seusai acara penjurian. Good jobs! Bro & Sis. So Cool …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar