twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 07 April 2024

Kehebohan Mahasiswa Belajar Teknik Dasar Pengolahan Petit Four Bersama Chef Renny Savitri


Mahasiswa Pastry Art Tampilkan Mung Bean Pia, Choco Banana Mousse dan Petit Peanut Cake, Tiga Kreasi Petit Fours Cantik untuk Takjil Buka Puasa


MASIH dalam suasana bulan puasa bertajuk Ramadhan Kareem 1445 H, sekitar 12-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-Pagi diajarkan Chef Renny Savitri, Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group), praktik membuat tiga kreasi Petit Fours yang cocok banget jika disajikan untuk takjil acara buka puasa bersama.


Kue mungil nan cute tersebut sah-sah saja jika dihidangkan sebagai pilihan menu takjil demi melengkapi sajian kurma, camilan (snack), mineral water, teh hangat dan kolak pisang, dalam menemani acara berbuka puasa Anda bersama keluarga di rumah. Menu takjil spesial itu biasa ditampilkan di hotel-hotel berbintang di Surabaya dan sekitarnya.


”Selama dua kali pertemuan, saya mengajarkan cara membuat enam kreasi Petit Fours kekinian di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya. Pada tatap muka hari pertama, Senin (18/03/2024) lalu, mahasiswa diajarkan membuat Mung Bean Pia, Choco Banana Mousse dan Petit Peanut Cake,” kata Chef Renny Savitri kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, baru-baru ini.


Sedangkan pada pertemuan hari kedua atau terakhir, Selasa (19/03/2024), Chef Renny kembali berbagi ilmu bersama anak didiknya seputar teknik membuat tiga kreasi Petit Fours yang berbeda dari sebelumnya, yakni Fudge Brownies, Fruit Jelly Cheese Cake dan Choux Roll Sushi, yang cantik dan menawan.


”Aneka kreasi Petit Fours yang saya ajarkan ini ukurannya dibuat agak mungil, rapi dan detail hiasannya pun tampak glowing agar tampilannya semakin cantik, menawan dan elegan. Kreasi Petit Fousr tersebut ada yang berasa manis dan ada pula yang rasanya gurih (asin),” terang Dosen Pengajar Pastry Art dengan kerudung cantik (hijab) di kepala tersebut.


Selama praktik hari pertama di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Tim A diminta Chef Renny membuat Mung Bean Pia. Sedangkan Tim B kebagian tugas membikin Choco Banana Mousse. Sementara itu Tim C fokus mengerjakan Petit Peanut Cake. Untuk memudahkan pekerjaan dan pembagian tugas di cold kitchen, masing-masing tim beranggotakan empat orang mahasiswa.


Demi membuat Mung Bean Pia, maka Tim A  harus berjibaku di cold kitchen sejak prepare bahan, memproses hingga menampilkan kreasi Petit Four yang berasa manis (sweet taste) tersebut di meja display produk, sebelum dievaluasi oleh dosen pembimbing.


Untuk membuat Mung Bea Pia sedikitnya melalui tiga tahapan pekerjaan. Tahapan pekerjaan pertama, menyiapkan bahan untuk membuat water dough sesuai resep di dalam Buku Ajar (Silabus), yakni medium flour, icing sugar, white margarine dan water.


Sedangkan tahapan pekerjaan selanjutnya membuat oil dough-nya. Bahan yang dibutuhkan adalah medium flour dan margarine. Sementara itu untuk membuat filling-nya sendiri, bahannya meliputi mung bean, sugar, oil dan salt.


Mung Bean Pia setengah jadi berdiameter sekitar tiga sentimeteran yang diletakkan di loyang persegi oanjang, selanjutnya di-bake di dalam mesin oven pada suhu 150*C selama 15 menitan. Jika sudah matang (warna kuning kecoklatan) lalu angkat. Setelah dingin baru di-plating dan di-garnish agar tampilannya semakin cantik,” jelasnya.


Selanjutnya Tim B yang kebagian tugas membuat Choco Banana Mousse, antusias menyiapkan bahan untuk membuat base adonannya sesuai resep yang tersaji di dalam Buku Ajar, yakni vanilla biscuit, sugar, peanut (di-bake dan di-chopped), cocoa powder dan melted margarine.


Pekerjaan berikutnya membuat Chocolate Mousse, di mana bahan yang dibutuhkan adalah fresh milk, sugar, cocoa powder, fresh cream, sugar, corn starch, condensed milk dan dark chocolate (di-chopped). Dan yang terakhir adalah membuat soft cream cheese yang bahannya terdiri dari cream cheese, sugar, vanilla paste, fresh milk, banana dan sugar.


Tak mau kalah dengan semangat kerja dari empat tim sebelumnya, maka Tim C pun tampil penuh percaya diri di Kitchen Patisserie Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, demi mempersembahkan kreasi Petit Four yang keren, yakni Petit Peanut Cake.


Demi membuat Petit Peanut Cake sesuai standar industri perhotelan, maka resepnya adalah egg, brown sugar, salt, fresh milk, vanilla paste, butter (yang sudah melted), cake flour, baking powder, peanut jam, icing sugar, fresh cream dan peanut (yang sebelumnya sudah di-bake dan di-chopped). 


Praktik buat aneka kreasi Petit Fours itu juga diapresiasi oleh tiga orang tamu dari produsen food colouring merk Rajawali saat berkunjung ke Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar di dampingi Asisten Direktur (Asdir) III Tristar Group, Chef Yuda Agustian. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget …


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar