twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 18 April 2024

Memotret Aksi Mahasiswa Cooking Chinese Food with Chef Fridolin di Hot Kitchen Tristar Samator


Egg Foo Yung dan Chicken Porridge, Dua Menu Oriental Cuisines nan Lezat Persembahan dari Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator

 

PADA pertemuan hari kedelapan, tepatnya Kamis (28/03/2024) lalu, mahasiswa Culinary Art Tristar Samator B Class tampil antusias demi masak dua menu masakan Chinese Food yang cukup populer di Indonesia, yakni Egg Foo Yung dan Chicken Porridge nan lezat di Hot Kitchen Modern Tristar Samator Sky Suites SOHO-The Samator Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya.

 

Dari 12-an mahasiswa Culinary Art Tristar Samator B Class yang hadir pagi itu, enam orang mahasiswa kebagian tugas membuat Egg Foo Yung secara individual, sedangkan enam mahasiswa lainnya ditugaskan masak Chicken Porridge, juga secara perseorangan.

 

Dari pembagian tugas tersebut, maka setiap individu mahasiswa pun dengan sigap langsung berjibaku di hot kitchen demi masak Chinese Food seperti yang tersaji dalam Buku Ajar (Silabus) materi praktik masak Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator.

 

 

Untuk masak Egg Foo Yung atau biasa disebut Fu Yung Hai, maka bahan masakan yang dibutuhkan adalah chicken (bagian ground), shrimp (yang sudah dibersihkan kulitnya), bean sprout, leek, carrot, egg, tapioca flour, corn starch, soy sauce, sesame oil, garlic, salt dan pepper.

 

Sedangkan untuk membuat sauce-nya, bahan yang diperlukan meliputi vegetable/fruit stock, garlic oil, sesame oil, worchestersire sauce, tomato ketchup, sugar, green peas, maizena, vinegar, salt dan pepper.

 

Selanjutnya menu masakan yang dibuat mahasiswa adalah Chicken Porridge. Untuk membuat bubur ayam spesial ini, maka bahan yang diperlukan antara lain rice, chicken stock, salt, vetsin, chicken breast, oyster sauce, bitan, wonton skin, tong jae, spring onion, cakwee, tapioca flour dan water secukupnya.

 

Saat mem-platling Chicken Porridge, mahasiswa juga memanfaatkan telur bebek yang sudah difermentasi sebagai topping-nya bersama cakwee dan chicken breast yang sudah di-slice agar tampilannya tampak keren dan berkelas saat disajikan di meja.

 

”Selesai berjibaku di hot kitchen selama 90 menitan, hasil kreasi masakan tersebut lalu di-plating dan di-garnish sebaik mungkin sesuai standar di industri perhotelan agar hasil kreasi masakannya nanti sesuai ekspektasi,” terang Chef Frido, sapaan akrab Fridolin kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, belum lama ini.

 

Setiap individu mahasiswa dengan penuh percaya diri menampilkan satu kreasi masakannya untuk di-display di atas meja. Selanjutnya dua menu masakan Chinese Food tersebut didokumentasikan lebih dahulu oleh Tim Multimedia Tristar Group, sebelum dievaluasi dan dikritisi oleh dosen pembimbing.

 

Penilaian tersebut meliputi tiga aspek yakni cita rasa (taste), tampilan dan kreativitas (plating & creativity) serta tekstur (texture), sesuai Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

”Setelah saya perhatikan dari ketiga aspek tersebut, masing-masing individu mahasiswa sudah menunjukkan performance yang mengesankan. Hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art B Class secara overall sudah sesuai ekspektasi,” tandas Chef Fridolin. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Samator (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar