twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 01 Desember 2021

Aksi Heboh Mahasiswa Praktik Buat Cakes Kekinian di Kitchen Modern Food University

Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar  Persembahkan Aneka Kreasi Cakes Kekinian nan Cantik, Elegan dan Berkelas

 

PADA pertengahan November 2021 lalu, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A maupun Kelas B praktik Basic Cakes secara individual dengan membuat aneka kreasi cakes dengan tampilan kekinian bersama Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group Chef Sari Palupi S.Pd., M.MPar. di Kitchen Modern Lantai 2 Food University Indonesia (Kampus C), Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya.

 

Materi praktik Basic Cakes yang diajarkan kepada mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar adalah membuat Coconut Angel Cake, Snow White Cake, Mandarin Cake, Ogura Cotton Cake, Brownies Cake (termasuk kelompok Classic Cakes), Floss & Cheese Roll Cake, Mocha Nut Roll Cake, English Cake dan Genoise ala Confiture with Strawberry.

 

Setelah dibekali teknis membuat aneka kreasi cakes pada materi praktik Basic Cakes, sekarang giliran Chef Ita Suhervin S.Pd., M.MPar yang membekali mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas Pagi dan Kelas Siang teknik membuat dan menghias aneka kreasi Cakes Decoration sesuai standar industri perhotelan di Kitchen Modern Food University Indonesia (Kampus C).


Sebelum praktik di Kitchen Modern Food University Indonesia, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas Pagi maupun Kelas Siang ini lebih dulu dibekali pengetahuan umum tentang teknik dasar pembuatan cake oleh Chef Upi, sapaan akrabnya.


Mahasiswa Pastry Art Class yang hadir tampil antusias saat diminta menyiapkan bahan untuk bikin adonan cakes sesuai job desk-nya masing-masing. Tak salah jika setiap individu mahasiswa berupaya tampil all out demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan.


Mahasiswa yang kebagian tugas membuat Snow White Cake, misalnya, sudah prepare bahan pembuatan kue di meja kerja, yang terdiri dari egg, sugar, cake emulsifier, cake flour, cornstarch, melted margarine, choco paste dan lychee essence.


Demi menyiapkan adonan untuk membuat cake-nya dengan sponge method, maka emua bahan tersebut di-mixer lalu dimasukkan ke dalam loyang berdiameter 18 cm dan di-bake pada suhu 180 *C selama 25-30 menitan. Cake yang sudah di-bake diangkat dari mesin oven lalu diiris menjadi tiga lapis (layers).


Masing-masing lapisan itu diolesi sampai merata dengan Filling Chantilly Cream & Lychee yang sudah disiapkan sebelumnya. Untuk membuat Filling Chantilly Cream & Lychee sendiri memanfaatkan tiga macam bahan berupa whipped cream, icing sugar (di-whip sampai hard pick) dan buah lychee-nya sendiri di-chop.


Sementara itu untuk membuat cover-nya butuh dua jenis bahan yang terdiri dari whipped cream dan chocolate white compound produksi Elmer Chocolate Premium, sedangkan untuk garnish dan filling-nya sendiri butuh 1 can lychee, 5 pieces buah cherry red dan beberapa lembar daun mint (mint leaves) yang kondisinya masih segar.


Karena itu sebelum cake hasil kreasi mahasiswa itu dinilai oleh Dosen Pengajar, maka mahasiswa juga diajarkan teknik membuat ornamen dari dark chocolate maupun white chocolate agar tampilan cake-nya cantik, menarik dan berkelas saat mereka mem-plating dan meng-garnish kue tersebut.


”Jadi tidak hanya memelototi aspek cita rasa dan teksturnya saja yang saya perhatikan, namun aspek tampilan dan kreativitas penyajian juga saya nilai agar mahasiswa terbiasa bekerja di kitchen sesuai standar hotel berbintang,” pungkas Chef Sari Palupi kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.


Sentuhan akhir itu yang diajarkan Chef Upi adalah bagaimana cara mem-plating, memberikan topping dan meng-garnish cakes dengan mint leaf, parsley, red cherry, tomato cherry, strawberry, memanfaatkan teknik dusting dengan white sugar powder atau dikasih ornamen yang bahannya dari dark chocolate compound atau white chocolate compound.


”Berbagai upaya untuk menghias cake ini semua agar produk pastry itu tampilannya keren, sebelum cake yang dibuat mahasiswa tersebut ditampilkan di atas meja display,” kata Chef Upi.


Chef Upi lalu memberikan contoh Floss & Cheese Roll Cake yang diberi topping abon daging sapi atau daging ayam, selain tampilannya jadi menarik, juga memberikan sensasi rasa gurih di atas dan manis di bawahnya dengan teksturnya yang lembut.


Demi membuat Floss & Cheese Roll Cake, mahasiswa sudah harus prepare bahan pembuatan kue dengan teknik sponge method ini di meja kerja, yang terdiri dari egg yolk, egg, sugar, cake emulsifier, cake flour, cornstarch, milk powder dan melted margarine untuk membuat adonan vanilla roll cake-nya.


Selanjutnya menyiapkan cheese filling-nya dengan memanfaatkan tiga bahan yakni cheddar cheese, cream cheese dan fresh cream (yang sudah di-whip). Sedangkan langkah berikutnya membuat cover-nya yang bahannya terdiri dari mayonnaise dan beef floss atau chicken floss (abon daging sapi atau daging ayam) dan garnish-nya berupa tomato cherry dan parsley.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke jaringan kampus Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit) di Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar