twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 24 Desember 2021

Dari Final Exam Hari Pertama di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya

Mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi Tampilkan Kreasi Masakan Appetizer, Soup dan Main Course yang Sedap


PADA final exam hari pertama, Senin (20/12/2021) pagi, enam mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang diasuh Chef Nadya Ratri Aryani menampillkan enam kreasi masakan appetizer, soup dan main course baik Indonesian Food maupun Chinese Food yang sedap. Ujian praktik masak itu sendiri digelar di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Enam mahasiswa Culinary Art Class yang tampil pada final exam hari pertama pagi itu adalah Juanito Dio Rafael dan Nicolaus Caesario Nugraha (Tim 1) fokus membuat dua kreasi masakan Indonesian Food, yakni Nasi Goreng Woku dan Tahu Telur + sajian kopi Geisha Colombia V60.

 

Sedangkan Abraham Stefan Wicaksono dan Kenneth Jeconiah Chinlandra (Tim 2) tampil percaya diri demi masak Indonesia Food bertajuk Ayam Bakar Bumbu Rujak dan Kroket Kentang yang pedas-pedas enak dan gurih rasanya.

 

Dan terakhir pasangan Cindy Rizky Aulia dan Aisyah Aulia Hanum (Tim 3) harus berjibaku di kitchen demi masak Chinese Food andalannya, yakni Chinese Vegetable Soup with Tofu dan Egg Fuo Young with Sweet Sour Sauce yang sedap banget rasanya.

 

Durasi ujian praktik masak tersebut dipatok tidak lebih dari 90 menitan, dihitung sejak prepare bahan masakan, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut untuk di-set up di atas meja display agar tampil menarik, elegan dan berkelas ala restoran terkenal di Surabaya.

 

Juanito dan Nicolaus dari Tim 1 harus berjibaku di kitchen saat masak Tahu Telur yang crispy dan Nasi Goreng Woku agar tampilannya cantik, menarik dan berkelas layaknya makanan yang dihidangkan di restoran hotel berbintang.

 

Keduanya tampak bahu membahu saat mem-plating masakan yang sudah jadi sebelum ditaruh di meja display produk, Untuk melengkapi tampilan dari kedua masakan main course tersebut, Nicolaus juga menambahkan racikan kopi hitam yang diberi nama Geisha Colombia V60.

 

Sedangkan Abraham dan Kenneth dari Tim 2 juga mati-matian kerja di kitchen, demi mempersembahkan Ayam Bakar Bumbu Rujak dan Kroket Kentang. Keduanya bekerja sesuai job desk dan menghitung durasi waktu masak agar tidak sampai overtime.

 

Keduanya juga sesekali mencicipi masakannya agar tidak sampai kemanisan, keasinan atau sebaliknya kurang asin apalagi sampai overcook saat masak Ayam Goreng Bumbu Rujak. ”Begitu juga saat menggoreng Kroket Kentang, juga kami upayakan matangnya merata sempurna dengan menjaga api selama nge-fry,” ujar Kenneth kepada kru www.sekolahmasak.info.

 

Aksi seru berikutnya ditunjukkan oleh Tim 3 yang beranggotakan Cindy dan Hanum. Keduanya harus bekerja ekstra demi masak dua menu Chinese Food yang lezat, yakni Chinese Vegetable Soup with Tofu dan Egg Fuo Young with Sweet Sour Sauce.

 

Kekompakan kedua personel Tim 3 ini ditunjukkan sejak prepare bahan masakan, proses memasak hingga mem-plating dua menu masakan tersebut, sebelum disajikan di meja display produk agar tampilannya semakin keren dan berkelas.

 

Enam kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari diasuh Chef Nadya Ratri Aryani dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Chef Endang Sri Rahajoe, Chef Ari Purwantoro dan Demi Mariyanah M.Par. Selain dikritisi, masakan mahasiswa itu juga diapresiasi tim juri.

 

Sementara itu Chef Nadya kembali memberi pengarahan (briefing) kepada anak didiknya, usai penjurian, terutama teknik pengolahan masakan, Indonesian Food dan Chinese Food yang baru saja ditampilkan di meja uji.

 

”Mahasiswa diingatkan lagi bahwa tasting (icip-icip) saat masak hukumnya wajib agar masakan tersebut tidak sampai keasinan dan kalau masih kurang asin bisa ditambahkan sedikit garam. Namun secara overall apa yang telah Anda kerjakan selama di kitchen pagi itu, saya apresiasi,” puji Chef Nadya kepada anak didiknya.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar