twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 26 Desember 2021

Belajar Basic Coffee Knowledge Bersama Zakarya, FB Manager Luminor Hotel Surabaya

Jadi Calon Pengusaha Café & Resto, Mahasiswa Akpar Majapahit Antusias Belajar Buat Espresso, Cappuccino dan Latte Art di Hotel Berbintang

 

SEBANYAK 50-an mahasiswa Culinary Art dan Pastry Art Class Akpar Majapahit (member of Tristar Group) meramaikan acara kunjungan hotel untuk belajar teknik membuat kopi (Barista) ala Café & Resto bersama Food & Beverage Manager (FBM) Zakarya, di Rock & Sugar Coffee & Bistro Luminor Hotel Jl. Raya Jemursari No. 206-208 Surabaya, Kamis (16/12/2021) pagi.

 

Zakarya, FBM Luminor Hotel yang akrab disapa Zaky itu membagikan pengalamannya seputar teknik membuat kopi Espresso, Cappuccino dan Latte Art dengan menggunakan Grander Coffee dan Coffee Maker langsung di hadapan mahasiswa secara bergantian sesuai urutan kelompoknya masing-masing.

 

Sebelum praktik meracik kopi (Barista) di Rock & Sugar Coffee & Bistro, HRD Manager Luminor Hotel Surabaya, Tety Sofiati mengenalkan keberadaan Luminor Hotel di bawah jaringan Waringin Hospitality Group yang mengelola hotel, resort dan residences di Indonesia.

 

”Luminor Hotel Surabaya Jemursari merupakan hotel bintang tiga yang menyediakan 274 kamar dalam tiga kelas, yakni Deluxe (22 m2), Deluxe Executive (24 m2) dan Suite Room (54 m2). Selain Luminor Hotel, Waringin Hospitality Group juga mengelola 88 Hotel yang merupakan hotel bintang dua,” terang Sofie, sapaan akrab HRD Manager Luminor Hotel Surabaya.

 

Mahasiswa sendiri tampak antusias mengikuti pengantar dari HRD Manager Luminor Hotel Tety Sofiati, mengikuti tour hotel dan mendengarkan penjelasan FBM Luminor Hotel Zakarya seputar Basic Coffee Knowledge of Coffee Bean serta melihat video How to Make Espresso, Cappuccino dan Latte Art. Selanjutnya mahasiswa diajak praktik langsung How to Make Espresso, Cappuccino dan Latte Art sekaligus belajar cara menggunakan Coffee Maker dan Grander Coffee.

 

Selama praktik membuat kopi dengan coffee maker itu juga disaksikan Marketing Communication Waringin Hospitality Group Devi Widya, Executive Housekeeping Luminor Hotel Firdaus, Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen Pengajar Bar & Beverage Product, Peter ST.



Selain dikenalkan secara garis besar dasar-dasar meracik kopi (Barista) ala Café & Resto sesuai standar industri pariwisata dan perhotelan, Zakarya juga berbagi pengetahuan singkat seputar bahan mulai jenis kopi Robusta dan Arabica yang dibudidayakan di Indonesia.


Mahasiswa juga dikenalkan tentang cara pemanenan dan pengolahan biji kopi (pascapanen) menjadi bubuk kopi, bubuk cokelat (chocolate), fresh milk, simple syrup, es batu (tube ice) dan air hangat hingga peralatan apa saja yang diaplikasikan untuk belajar membuat Espresso, Cappuccino, dan Latte Art.



Pada kesempatan itu, mahasiswa juga dikenalkan sejumlah peralatan meracik kopi yang biasa ditemukan di café-café modern, seperti Grander Coffee (penghancur biji kopi matang menjadi bubuk halus), Coffee Maker (mesin pembuat kopi), teko, termometer cairan, timbangan digital.


Coffee Maker yang dibuat untuk praktik mahasiswa adalah Coffee Maker modern berharga ratusan juta rupiah. Dengan alat itu, mahasiswa bisa mempraktikkan secara langsung teknik membuat Espresso, Cappuccino dan Latte Art.


Prinsipnya saat meracik Espresso with Coffee Maker terlihat pola berupa busa tipis –dengan ketebalan sekitar 0,5 cm—di atas minuman Espresso yang disebut crema atau mahkota kopi. Takaran standar untuk membuat Espresso adalah 15 gram bubuk kopi + 50 gram air panas dengan suhu 90-95*C.

 

”Jika bahan tersebut diproses dengan Coffee Maker menghasilkan 30 gram Espresso sedangkan sisanya yang 20 gram berupa ampas kopi. Untuk membuat Espresso yang baik, menggunakan teknik steaming dan floating,” kata Zaky di hadapan mahasiswa.

 

Selain diajarkan teknik meracik Espresso, mahasiswa juga diajarkan cara membuat Cappuccino dengan mengombinasikan Espresso + Fresh Milk (yang sudah diproses menjadi seperti foam atau bubble).

 

Terakhir, mahasiswa diajarkan cara membuat Latte Art sesuai standar Café & Resto kekinian, yakni menyiapkan Espresso + Fresh Milk (yang sudah diproses menjadi seperti foam atau bubble). Espresso yang sudah di dalam cangkir kopi kemudian fresh milk-nya dituangkan perlahan hingga terbentuklah dekorasi cantik (menggambar pola atau desain pada permukaan Coffee Latte) seperti motif Love, Angsa, Jaring Laba-Laba, Bunga Mawar, Daun Palm.



Usai mahasiswa Culinary Art dan Pastry Art Class Akpar Majapahit praktik meracik kopi, acara visit hotel ditutup dengan lunch (makan siang) bareng di Rock & Sugar Coffee & Bistro Luminor Hotel Surabaya Jemursari. Good jobs! Bro & Sis. Very Nice

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art  dan Pastry Art Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Kampus Tristar Group Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar