twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 29 Desember 2021

Aksi Heboh Final Exam di Kitchen Kampus B Tristar Group Sky Suites SOHO-Samator

15 Menu Masakan Asian Cuisines Kreasi Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Mendapat Pujian dari Tim Juri 


PADA pertengahan Desember 2021 lalu, enam mahasiswa Culinary Art Class Tristar Samator (Trestelle Accademia Culinaria) antusias mengikuti final exam secara individual, yang di Kitchen Modern Kampus B Tristar Group di Gedung Sky Suites SOHO-Samator Jl. Raya Kedung Baruk 26-28 Surabaya.

 

Mahasiswa ditantang Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, Chef Adeline Nadia Daniel dan Chef Yanuar Kadaryanto, untuk menampilkan kreasi masakan Asian Cuisines (Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert), sesuai passion-nya masing-masing.

 

Setiap peserta ujian wajib menampilkan minimal dua kreasi masakan yang lezat, keren dan berkelas dengan plating-an yang cantik dan elegan. Dengan demikian ada sekitar 15-an kreasi masakan Asian Cuisines yang ditata menarik di meja display produk sebelum dinilai oleh tim juri.

 

Ujian praktik masak berdurasi 90 menit itu, anak didik Chef Adeline Nadia Daniel maupun Chef Yanuar Kadaryanto harus berjibaku di kitchen, demi mempersembahkan kreasi masakan terbaiknya baik dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur maupun cita rasanya sesuai standar industri perhotelan.

 

Valentino Adrian Angga, misalnya, tampil percaya diri bekerja di kitchen demi membuat dua kreasi masakan Asian Cuisines yang andalannya, yakni Mian Bao Xia dan Cashewnut Chicken with Seafood Bok Choy yang tasty.

 

Selanjutnya Melati yang tampil all out untuk mempersembahkan kreasi masakannya berupa olahan cumi-cumi dan udang (seafood) yang diberi judul Stuffed Squid with Sticky Rice & Chinese Shrimp Ball yang deliciously.

 

 

Sementara itu Claudia Melaina Suhardi harus berjibaku di kitchen demi membuat tiga kreasi menu makanan kesukaannya yakni Gurame with Worcestershire Sauce, Soy Sauce Chicken (See Yao Ciai) sebagai main course dan Jade Parcels adalah appetizer-nya.

 

Giliran berikutnya adalah Christofel A.T., yang tampil untuk masak Crab Rangoon & Sizzling Beef with Stir-Fried Vegetables and Blackbean Sauce yang rasanya hao se sie cien ping atau enak banget.

 

Sedangkan dua mahasiswa Culinary Art Class Tristar Samator yang lainnya juta tampil luar biasa demi mempersembahkan Radish Cake, Mongolian Beef & Wonton Soup dan Spicy Tofu with Fried Fish, Oyster Sauce Broccoli & Siomay with Cuko Sauce.

 

Sekitar 15 kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class yang sudah di-plating dan disajikan di atas meja makan diapresiasi dan dikritisi oleh Chef Della, sapaan akrab Adeline Nadia Daniel dan Chef Yanuar Kadaryanto.

 

Sedikitnya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

”Kreativitas saat menyajikan hasil masakan di meja uji masih bisa ditingkatkan lagi untuk final exam berikutnya maupun magang kerja di industri perhotelan,” cetus Chef Yanuar, seusai penjurian di Lobi Kampus B Tristar Group Sky Suites SOHO-Samator Surabaya, belum lama ini.

 

Selain memberi masukan soal teknik plating dan garnish-nya, mahasiswa juga diingat kembali seputar teknik masak yang benar, cara mengatur api stove agar masakan tidak sampai over cooking atau kurang masak (under cooking).



”Mahasiswa juga diingatkan lagi bahwa tasting (icip-icip) saat masak hukumnya wajib agar masakan tersebut tidak sampai keasinan dan kalau masih kurang asin bisa ditambahkan sedikit garam,” ujar Chef Della, menambahkan. Very Nice. Good jobs! Bro & Sis

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar