twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 05 Januari 2022

Aksi Seru Mahasiswa Praktik Food Technology Applications Bersama Chef Ernawati

Mahasiswa D4 Prodi Bisnis Jasa Makanan Politeknik Surabaya Antusias Buat Minuman Tradisional Instan dan Sirup Tradisional


 

MAHASISWA D4 Prodi Bisnis Jasa Makanan (BJM) Politeknik Surabaya (member of Tristar Group) dibekali Dosen Pengajar Food Technology Application Tristar Group Chef Ernawati M.MPar., teknik membuat Minuman Tradisional Instan dan Sirup Tradisional, di Kitchen Modern Kampus D Plaza Segi Delapan, Sukomanunggal, Surabaya Barat, pertengahan Desember 2021 lalu.


Dua materi praktik Food Technology Appilacations itu dilaksanakan dalam dua kali tatap muka. Pertemuan.hari pertama, Chef Ernawati mengajarkan mahasiswa cara membuat Minuman Tradisional Instan, sedangkan tatap muka hari kedua, mahasiswa diajarkan teknik membuat Sirup Tradisional.

 

”Materi praktik Food Technology yang kami ajarkan kepada mahasiswa itu resepnya mengacu pada kebutuhan industrial. Dengan demikian anak didik punya bekal untuk membuat sendiri di rumah meskipun baru pada tahap industri skala rumahan (home industry) yang sederhana,” terang Chef Erna kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, baru-baru ini.

 

Masih menurut Chef Erna, Minuman Tradisional Instan ini bukan hal baru di kalangan pelaku usaha (produsen) makanan dan minuman. Di pasaran sudah banyak beredar Minuman Tradisional Instan dalam berbagi merek dengan kemasan menarik, praktis dan harganya pun relatif terjangkau.

 

Seiring menjamurnya café & resto di daerah pinggiran hingga pusat kota terutama di mall-mall, maka permintaan Minuman Tradisional Instan dengan berbagai varian rasa pun meningkat secara signifikan. Dan fenomena ini membuka peluang bagi pelaku usaha baru, buka usaha rumahan membuat Minuman Tradisional Instan, di mana sasaran market-nya adalah pebisnis café & resto.

 

Setidaknya ada 15 Minuman Tradisional dalam bentuk Instan yang mudah dinikmati dan cukup recommended bagi konsumen, yakni Wedang Uwuh, Sekoteng, Lahang, STMJ (Susu Telur Madu Jahe) Instan, Bajigur, X-TRAGIN Wedang Uwuh, Anget Sari Wedang Jahe, Nutrisari W’Dank Bandrek, Nutrisari W’Dank Bajigur, Wedang Jahe Sekoteng Jamu Herbal, Sidomuncul Susu STMJ, Wedang Ronde Isi 5 Khas Jogja, Kameumeut Bir Pletok Minuman Rempah, Sidomuncul Kunyit Asam dan Mustika Ratu Beras Kencur.


Selain dibekali teknik membuat Minuman Tradisional Instan dengan berbagai varian rasa pada tatap muka hari kedua, mahasiswa D4 Prodi Bisnis Jasa Makanan Politeknik Surabaya, juga diajarkan cara membuat Sirup Tradisional yang enak dan menyegarkan.


Di pasaran Indonesia, setidaknya ada 10 merek sirup paling enak yang memberikan kesegaran maksimal sehingga layak direkomendasikan kepada konsumen, yakni Sirup Marjan, Sirup ABC, Sirup Sarang Sari, Sirup Kurnia, Sirup Tropicana Slim, Sirup Tjampolay, Sirup Freiss, Sirup Jeniper, Sirup Kawista, Sirup Bangau dan Sirup Bangau dengan harga bervariasi untuk setiap botolnya.


”Dua materi ini merupakan kombinasi ciamik demi mengubah main set mahasiswa bahwa menjadi pelaku industri makanan dan minuman.di level hulu pun bisa eksis jika pelaku usaha di level hilir bisa dijadikan mitra strategisnya,” ujar Dosen Pengajar Food Technology Tristar Group ini.


Untuk informasi lebih lanjut terkait program baru D4 Prodi Bisnis Jasa Makanan (BJM) Politeknik Surabaya di Gedung Graha Tristar, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar