twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 11 Januari 2022

Dari Kehebohan Final Exam Hari Pertama di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar

Tim Juri Apresiasi Lima Kreasi Cakes Modern Persembahan Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi 



PADA gelaran final exam hari pertama, Rabu (22/12/2021) pagi, tim juri yang terdiri dari Chef Lusiana, Chef Mario Alvin Jonathan, dan Dewi Mariyanah M.Par, Dosen Pengajar Akpar Majapahit, mengapresiasi lima kreasi cakes modern dengan tampilan kekinian persembahan dari mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi.

 

Lima kreasi cakes kekinian itu adalah Chocolate Pudding Brownies with Chiffon Cake (Ananda Fachrur Lintang Pratama), Savory English Cake (Amanda Caroline M.), Sweet Potato Cake (Ellen Nylawati), Strawberry Shortcut in a Jar (Feliciana Elizebeth) dan Avocado Cruncy Cake (Anggraika Rara Sugiarto).

 

Tim juri mengapresiasi kinerja lima mahasiswa Pastry Art Class yang tampil all out pada ujian praktik hari pertama tersebut. Mereka mencoba menampilkan kreasi terbaiknya di hadapan tim juri, dengan membuat aneka kreasi cakes kekinian yang tampilannya cantik, menarik dan berkelas dengan teksturnya yang lembut dan rasanya pun enak.

 

Salah satu anggota tim juri, Chef Lusiana mengatakan, tiga kriteria ini merupakan acuan yang biasa dipakai di industri perhotelan. Oleh karena itu, kreasi produk pastry yang dibuat mahasiswa Pastry Art Class pun acuannya juga mengambil dasar dari tiga kriteria tersebut. Meskipun jika dijabarkan lagi maka penilaian itu bisa lebih luas tergantung kebutuhan di lapangan.

 

Mengingat keren-kerennya produk pastry yang ditampilkan mahasiswa, maka kami pun harus jeli melihat kelebihan masing-masing kreasi cake yang di-display di meja penilaian juri,” ujar Chef Lusiana kepada kru www.sekolahmasak.info, seusai acara penjurian tersebut.

 

Sesuai hasil penilaian tim juri siang itu, maka Amanda Caroline sukses meraih nilai tertinggi, yakni 87,3; lalu disusul oleh Ellen Nylawati dengan nilai Rp 85,7 dan ranking tiga ditempati Feliciana Elizabeth yang berhasil membukukan nilai 84,2. Posisi selanjutnya diisi Ananda Fachrur dengan nilai 82,8 dan posisi terakhir dipegang Anggraika Rara dengan nilai 82,5.

 

Lima dari 11 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang maju pada final exam hari pertama itu sehari-hari diasuh Dosen Pengajar Pastry Art Chef Sari Palupi. Final exam itu sendiri diselenggarakan di Laboratorium Praktik Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Selama ujian berlangsung di Kitchen Patisserie Graha Tristar, pagi itu, Ananda Fachrur berusaha tampil all out demi menyiapkan kreasi cake kekinian yang bertajuk Chocolate Pudding Brownies with Chiffon Cake, sedangkan Amanda Caroline fokus membuat kreasi cake yang diberi titel Savory English Cake.

 

Selanjutnya Ellen Nylawati tampil antusias demi menyiapkan cake hasil kreasinya yang diberi nama Sweet Potato Cake. Begitu juga dengan Feliciana Elizebeth, berupaya keras membuat kreasi cake andalannya dengan mengusung tema Strawberry Shortcut in a Jar.

 

Sementara itu Anggraika Rara juga tak kalah serius dengan rekan-rekannya, ia pun berkonsentrasi penuh ketika menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kreasi cake yang cantik tampilannya dan diberi nama Avocado Cruncy Cake.

 

Dalam kesempatan itu, Dosen Pastry Art Akpar Majapahit Chef Sari Palupi juga menambahkan, durasi ujian praktik secara individual di Kitchen Patisserie Graha Tristar itu dipatok sekitar tiga jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating aneka kreasi cakes kekinian tersebut.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar