twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 14 Januari 2022

Dari Kehebohan Final Exam Hari Terakhir di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar


Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-2 Pagi Persembahkan Satu Set Menu Western Food yang Lezat untuk Jamuan Makan Siang



SEBANYAK 13 orang mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas B-2 Pagi yang sehari-hari dibimbing Chef Mario Alvin Jonathan mengikuti kehebohan kegiatan final exam. Mereka dibagi menjadi dua tim. Tim 1 ujian praktik masaknya pada Sabtu (18/12/2021) lalu, sedangkan Tim 2 final exam-nya baru dilaksanakan pada Rabu (22/12/2021).

 

”Tim 1 yang dimotori Grace Nuela Angger Naftalie bersama enam rekannya bahu membahu di kitchen demi masak satu set menu Indonesian Lunch Buffet yang tasty. Atas kerja kerasnya selama berjibaku dua jam di kitchen pada final exam tersebut, Tim 1 akhirnya berhasil meraih nilai 86,” kata Chef Jo, sapaan akrabnya, di sela-sela mendampingi enam orang anak didiknya dari Tim 2 mengikuti final exam hari terakhir, Rabu (22/12/2021) pagi.

 

Sedangkan enam personel Tim 2 yang diketuai Ignatius Krisna Saputra Wibisono, tampil all out di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No, 244 Surabaya, demi mempersembahkan satu set menu Western Food (Continental Cuisines) yang deliciously pada final exam hari terakhir tersebut.

 

Selain Ignatius Krisna, lima anggota Tim 2 yang bahu membahu di kitchen pagi itu adalah Ange Lianawati, Siti Monalisa, Leni Meliana Diska, Yohana Rimba Gemintang dan Nathan Wijaya Kusuma.

 

Sebagai leader, Ignatius Krisna mengingatkan rekannya untuk bekerja efektif dan efisien selama di kitchen karena durasi masak selama final exam tersebut dibatasi hanya dua jam saja, sejak prepare bahan masakan, memproses hingga menyajikannya di atas meja display produk.

 

Makanya setiap personel kebagian tugas sesuai job desk-nya masing-masing. Untuk Appetizer-nya berupa Beef Pie dan Vanilla Pudding Brullee with Strawberry Jam Dessert-nya dipercayakan kepada Ange Lianawati dan Yohana Rimba. Sedangkan lima menu Main Course-nya, Ignatius Krisna berbagi tugas dengan Siti Monalisa, Leni Meliana, Nathan Wijaya, demi masak Oxtongue Bound Egg Benedict, Paulet Champignon, Spaghetti Anglio Olio, Rosti Salmon Avocado with Creamy Truffle dan Garlic Butter Sauce Tiger Prawn yang deliciously.

 

Setelah berjibaku di kitchen selama dua jam, giliran tiga orang juri independen yang terdiri dari Chef Ari Purwantoro, Hedy Wahidin Saleh SH, MBA, MSi.Par dan Dewi Mariyanah M.Par., diserahi tugas untuk menilai hasil kerja mahasiswa Culinary Art Class yang mempersembahkan satu set menu Western Lunch Buffet.

 

Tim juri pun mengapresiasi tujuh kreasi masakan Western Food yang deliciously itu saat ditampilkan di meja display produk. Pujian dari tim juri tersebut selain karena tampilan dan kreativitas peserta ujian saat menyajikan hasil masakannya mengingat hasil plating-an masakan Western Food itu sesuai dengan acuan yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Selain diapresiasi tim juri, masakan mahasiswa juga dikiritisi dari aspek tampilan, cita rasa dan teksturnya. Salah satu juri memberikan masukan kepada Tim 2 bagaimana cara men-set up menata menu dan sendok yang benar agar tampilannya terkesan berkelas dan tampak keren banget.

 

Ketiga orang juri itu juga nge-taste (icip-icip) langsung setiap produk masakan yang ditampilkan di meja display saat proses penjurian, sekaligus merasakan sensasi masakan tersebut termasuk juga dari aspek teksturnya. Dari hasil penilaian juri siang itu, Tim 2 sukses membukukan nilai 85.

 

”Secara overall kreasi masakan yang ditampilkan pada final exam hari kedua masih bisa ditingkatkan pada ujian masak berikutnya. Kebiasaan nge-taste masakan sebelum disajikan cukup membantu untuk mencari tahu apakah masakan itu kurang asin atau manis,” terang Chef Jo, usai penjurian kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya. Amazing! Good jobs Bro & Sis

 


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar