twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 17 Januari 2022

Mahasiswa Culinary Art Class Praktik Foodpreneur di Kitchen Modern Graha Tristar


Demi Sukseskan Program Foodpreneur, Chef Ari dan Chef Nadya Ajarkan Buat Nasi Tumpeng Mini Kekinian dalam Kemasan 



PERKULIAHAN perdana pasca libur Panjang Natal dan Tahun Baru 2022, kembali bergulir. Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi dan Kelas A-2 Pagi yang diasuh Chef Ari Purwantoro dan Chef Nadya Ratri Aryani, langsung tancap gas dengan membekali materi Foodpreneur berdurasi tiga bulan di Kitchen Modern Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (17/01/2022) pagi.

 

Program Foodpreneur bagi mahasiswa Culianary Art Class ini melengkapi jadwal praktik harian di kitchen yang sudah disusun pihak Akademik. Sehingga, mahasiswa –dalam satu kelompok kerja beranggotakan 4-7 orang setiap kelompoknya-- punya kesempatan langsung untuk belajar berwirausaha di bidang kuliner Nasi Tumpeng Mini kekinian yang lezat dengan harga terjangkau.

 

Selain mahasiswa Culinary Art Class, program Foodpreneur ini juga menyentuh mahasiswa Pastry Art Class, sehingga mereka pun mulai kemarin sudah prepare bersama dosen pembimbing untuk menyiapkan produk pastry yang akan ditawarkan melalui layanan online system (open PO) maupun Direct Sales.

 

Menariknya, produk yang ditawarkan mahasiswa Culinary Art maupun Pastry Art Class ini sama-sama menggunakan label Fun’s Shop & Cakes --Pusat Oleh-oleh khas Surabaya— yang merupakan salah satu unit usaha di bawah jaringan Tristar Group.


Sebelum program Foodpreneur itu langsung bisa running mulai pekan ini, mahasiswa juga dibekali ilmu akuntansi sederhana, terutama Food Cost yakni cara menghitung biaya produksi, tenaga kerja, air, listrik dan elpiji (LPG) hingga cara menentukan harga jual produk secara retail (eceran) ke konsumen agar usaha kuliner itu meraup untung.

 

Di Kitchen Modern 1 Lantai 3 Graha Tristar, Senin (17/01/2022) pagi, Chef Ari Purwantoro bersama anak didiknya asyik menyiapkan Nasi Tumpeng Mini dengan tampilan kekinian untuk menyukseskan program Foodpreneur.

 

Dalam setiap kemasan Nasi Tumpeng Mini, isinya meliputi Nasi Kuning, Ayam Kremes, Sambal Goreng Tempe, Mie Goreng, Tumis Kangkung, Irisan Telur Dadar dan Rempeyek. Harganya dibandrol sekitar Rp 20.000,00 – Rp 25.000-an per pack.

  

Sedangkan Nasi Tumpeng Mini persembahan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani, isinya sedikit berbeda dengan kreasi Nasi Tumpeng Mini mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi yang diasuh Chef Ari Purwantoro.

 

Satu kemasan Nasi Tumpeng Mini yang dibuat oleh anak didik Chef Nadya, berisi Nasi Kuning, Ayam Kremes, Sambal Goreng Tempe Teri dan Kacang Tanah, Mie Goreng, Urap-urap Sayuran, Irisan Telur Dadar dan Irisan Mentimun tanpa Rempeyek.

 

“Selama membuat Nasi Tumpeng Mini dengan tampilan kekinian, kami bersama rekan-rekan satu kelas harus berjibaku di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, mulai pukul 09.00 hingga 11.30 WIB,” kata Bella Salwa, yang baru dilantik menjadi Ketua BEM Tristar Group yang baru masa bhakti 2022/2023.

 

Meskipun belum dihitung melalui pendekatan Food Cost (Akuntansi), setelah berdiskusi dengan dosen pembimbing, maka Karimah dan Bella Salwa menyebut kisaran harga Nasi Tumpeng Mini persembahan mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi sekitar Rp 20.000-an per pack-nya. Good jobs! Bro & Sis. Super Impressive

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar