twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 26 Januari 2022

Mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit Sukseskan Kunjungan di Elmer Baking Centre


Chef Jeffry Tampilkan Aneka Kreasi Sweet Bun Bread dan Fudge Brownies yang Keren pada Gelaran Baking Demo

 

SEKITAR 30-an orang mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit antusias menyukseskan gelaran acara kunjungan industri di Elmer Baking Centre (EBC) PT Federal Food Internusa di Kompleks Pergudangan Fortuna Tambak Sawah, Kecamatan Sedati, Sidoarjo, Selasa (25/01/2022) pagi.

 

Dalam kunjungan industri tersebut, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, A-2 Pagi dan A-1 Siang itu di dampingi tiga Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, yakni Chef Dwi Mei Retnowati, Chef Renny Savitri dan Chef Sari Palupi.

 

Kedatangan rombongan mahasiswa Pastry Art Class Akpar di Elmer Baking Centre (EBC) PT Federal Food Internusa (Elmer Premium Chocolate), disambut langsung oleh Chef Jeffry Leonardo Tangka dan asistennya Chef Deby Firmansyah.

 

Setelah mahasiswa diberi arahan singkat oleh Ketua rombongan, Chef Renny Savitri, giliran Chef Jeffry Leonardo Tangka yang menjelaskan sekapur sirih PT Federal Food Internusa sebagai produsen Elmer Premium Chocolate yang mengangkat tagline: Empowering Solution for Chocolate dan seputar keberadaan dari Elmer Baking Centre (EBC) itu sendiri.

 

Sedangkan acara inti dari kunjungan industri di EBC ini adalah mengikuti kegiatan bertajuk Baking Demo with Chef Jeffry. Selama baking demo tersebut, mahasiswa dikenalkan tentang Basic Dough sekaligus diajarkan teknik membuat Sweet Bun Dough Bread. Dari sini selanjutnya Anda bisa membuat aneka kreasi Sweet Bread kekinian yang keren tampilannya, lembut teksturnya dan rasanya pun enak.


Ketika demo menyiapkan Sweet Bun Dough, Chef Jeffry pun menerangkan apa saja bahan dan peralatan yang dibutuhkan, tahapan pekerjaan hingga memprosesnya hingga aneka kreasi Sweet Bread tersebut siap untuk di-garnish dan disajikan di atas meja display produk.

 

Pekerjaan tahap pertama menyiapkan Sweet Bun Dough (Basic Dough) dengan menggunakan bahan seperti tepung protein tinggi, tepung protein sedang, gula pasir, susu bubuk, ragi instan, bread improver dan softener (Bahan A). Sementara itu untuk Bahan B sendiri meliputi telur, kuning telur, fresh cream, dan air dingin, sedangkan mentega dan garam adalah Bahan C-nya.

 

Cara membuat Sweet Bun Dough adalah sebagai berikut: (1). Mixer Bahan A dengan kecepatan pelan hingga rata, (2). Masukkan Bahan B, aduk dengan kecepatan pelan hingga menggumpal, (3). Naikkan kecepatan menjadi tinggi, aduk hingga ¾ kalis, (4). Tambahkan Bahan C, aduk kembali hingga kalis, (5). Istirahatkan adonan selama 10 menit,

 

Pekerjaan selanjutnya: (6). Timbang adonan dengan berat sesuai kebutuhan, (7). Bulatkan adonan lalu istirahatkan selama tiga menitan, (8). Bentuk adonan, (9). Fermentasikan adonan ke dalam mesin proofing selama kurang lebih 45 menit dan (10). Oven dengan suhu 185*C selama 12-15 menit, siap disajikan.

 

Selain itu, Chef Jeffry bersama asistennya, Chef Firmansyah mengajarkan cara membuat Topping & Filling-nya. Untuk membuat Egg Wash bahannya telur dan susu cair, membuat Milk Cheese Filling bahannya Keju Cheddar (diparut) dan Elmer Filling Pasta Cheese.

 

Dalam kesempatan itu, Chef Jeffry Leonardo juga berbagi cara membuat membuat Mexican Topping, yang bahannya meliputi mentega, gula halus, telur, tepung protein sedang dan susu bubuk.


Selanjutnya Chef Jeffry mengajarkan teknik membuat Topping Tiger, yang bahannya terdiri dari Elmer African Red 20-24% Cocoa Powder, Elmer African Black 10-12% Cocoa Powder, tepung beras putih dan air. Sebagai acara pamungkas, Chef Jeffry kembali mendemontrasikan cara membuat Fudge Brownies yang legit di hadapan mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit.

 

Di sela-sela menunggu proses pengovenan Sweet Bread dan Fudge Brownies selesai, mahasiswa Pastry Art Class juga diajarkan cara membuat ornament seperti cigarette, leaf, choco ball hingga rose flower yang terbuat dari White Chocolate Compound dan Dark Chocolate Compound.

 

Dari acara kunjungan industri semacam ini diharapkan bisa menjadi sebuah pengalaman berharga bagi mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit karena mereka mendapat pencerahan langsung dari pelaku industri yang expert di bidangnya. Good jobs! Bro & Sis. See you tomorrow

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga.  (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar