twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 09 Januari 2022

Dari Keseruan Final Exam Hari Pertama di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar

Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi Tampilkan Enam Kreasi Cakes Kekinian yang Keren

 

SEBANYAK enam orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi tampil percaya diri pada gelaran final exam hari pertama, Rabu (22/12/2021) pagi, di Laboratorium Praktik Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Dalam ujian praktik secara individual, mahasiswa menampilkan enam kreasi cakes kekinian yang keren.

 

Pada final exam hari pertama pagi itu diikuti enam mahasiswa, yakni Alya Alfita Z., Andi Afifah, Anna Elissa Santosa, Annisa Dita P., Cilya Ardianto dan Seylla Marcelia sudah prepare di kitchen sejak pukul 08.00 WIB.

 

Ujian praktik mahasiswa Pastry Art Class itu berdurasi tiga jam, sejak prepare bahan roti/kue, memprosesnya di kitchen hingga menampilkan hasil kreasinya di meja display yang sudah disiapkan mahasiswa dengan disupervisi langsung oleh Chef Dwi Mei Retnowati dan asistennya, Faradila.

 

Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Chef Dwi Mei Retnowati mengatakan, dengan durasi ujian praktik sekitar tiga jam, maka setiap peserta final exam harus pandai memanfaatkan waktu agar hasil pekerjaannya di kitchen bisa maksimal.

 

Makanya, sebelum mahasiswa Pastry Art Class itu tampil di final exam, di antara mereka itu ada yang ijin pinjam kitchen kampus untuk trial sendiri agar pada saat hari H final exam hasilnya betul-betul memuaskan.

 

Dalam final exam tersebut, Alya Alfita Z., tampil antusias demi menyiapkan cake hasil kreasinya yang diberi nama Sakura Roll Cake. Sedangkan Andi Afifah, harus berjibaku demi membuat kreasi cake andalannya yang bertema Pie Bolu Chocolate.

 

Sementara itu Anna Elissa Santosa berkonsentrasi penuh ketika menyiapkan bahan-bahan untuk membuat kreasi cake unggulannya yang diberi nama Nastar Roll Cake dan Annisa Dita P., fokus membuat kreasi cake yang diberi titel Klepon Roll Cake.

 

Sedangkan Cilya Ardianto dan Seylla Marcelia, tampil penuh percaya diri demi mempersembahkan dua kreasi cakes kekinian yang cantik dan berkelas, yakni Putu Ayu Roll Cake dan Brownies Red Velvet.

 

Hasil kreasi enam mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi itu dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Chef Lusiana, Chef Mario Alvin Jonathan dan Dewi Mariyanah. Kriteria penilaiannya meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa.

 

Selain itu, setiap peserta ujian dipanggil untuk mempresentasikan hasil kreasinya di hadapan tim juri, mulai tema yang diusung pada final exam tersebut, nama produk cake andalannya hingga metode pembuatannya, lalu juri mengkritisi dan mengapresiasinya kinerjanya.

 

”Penilaian dari tim juri tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” kata Chef Jo, sapaan akrab Chef Mario Alvin Jonathan kepada kru www.sekolahmasak.info, seusai acara penjurian.

 

Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Chef Dwi Mei Retnowati menambahkan, selain menghelat ujian praktik, mahasiswa Pastry Art Class juga wajib mengikuti ujian tulis, yang materi soal ujiannya terdiri dari 10 soal multiple choice dan lima soal essay di mana jawabannya harus dijabarkan sesuai pemahaman mahasiswa masing-masing.

 

Dari hasil ujian praktik membuat kreasi cakes kekinian tersebut, Anna Elissa raih nilai 83,0; disusul Alya Afifah dengan nilai 82,0 dan ranking ketiga diduduki Annisa Dita dengan nilai 82 sedangkan Seylla Marcelia mendapatkan nilai 81,0. Sementara itu Cilya Ardianto dan Andi Afifah, raihan nilainya hanya 79,0 dan 78,0. Good jobs! Bro & Sis. Very Nice

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar