twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 11 Januari 2022

Aksi Heboh Mahasiswa Praktik Food Technology Bersama Chef Endang Sri Rahajoe

Asyiknya Mahasiswa D4 Prodi Bisnis Jasa Makanan Belajar Buat Bandeng Asap, Bandeng Presto, Beef Patty dan Smoked Beef Skala Industrial

 

MENGAWALI perkuliahan pekan pertama Januari 2022, 10 orang mahasiswa D4 Prodi Bisnis Jasa Makanan (BJM) Politeknik Surabaya (member of Tristar Group), giliran Dosen Pengajar Food Technology Application Tristar Group Chef Endang Sri Rahajoe M.MPar., mengajarkan teknik membuat Bandeng Asap, Bandeng Presto, Beef Patty dan Smoked Beef skala industrial, di Kitchen Modern Kampus D Plaza Segi Delapan Sukomanunggal, Surabaya Barat, pekan lalu.


Materi praktik Food Technology Appilacations itu dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Tatap muka hari pertama, Selasa (04/01/2022) pagi, Chef Endang mengajarkan mahasiswa teknik membuat Bandeng Presto dan Bandeng Asap, sedangkan pertemuan hari kedua, Kamis (06/01/2022) pagi, mahasiswa diajarkan cara membuat Beef Patty dan Smoked Beef skala industrial.

 

”Praktik Food Technology yang saya ajarkan kepada mahasiswa itu resepnya mengacu pada kebutuhan industrial. Dengan demikian mereka bisa mempraktikkannya sendiri di rumah atau masih baru belajar pada skala home industry,” terang Chef Endang kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, kemarin.

 

Materi praktik hari pertama adalah membuat Bandeng Presto dan Bandeng Asap. Menurut Chef Endang, Indonesia sebagai negara kepulauan tentu memiliki garis pantai yang luar biasa panjangnya. Di Pulau Jawa terutama pesisir Pantai Utara Jawa (Pantura), ada ribuan hektare tambak rakyat yang menghasilkan aneka jenis ikan, termasuk ikan Bandeng dengan nama ilmiah yang keren, Chanos chanos. 

 

Bandeng yang hidup di air payau (habitatnya antara air tawar dan air asin), yang dibudidayakan petambak bisa dipanen sepanjang tahun. Namun pada saat panen raya, justru harga komoditas perikanan ini malah ajlok sehingga merugikan petambak, Nah, untuk mengurangi kerugian petambak rakyat tersebut, pemerintah daerah (Dinas Perikanan dan Koperasi) bersama komunitas petambak mengajarkan cara pengolahan ikan pascapanen, salah satunya adalah membuat Bandeng Presto dan Bandeng Asap.

 

Mengingat begitu populernya produk tersebut mulai dari Cirebon (Jabar), Semarang (Jateng), Tuban, Gresik, Sidoarjo, Situbondo hingga Banyuwangi (Jatim), maka bermunculanlah usaha baru berupa Toko Pusat Oleh-oleh, yang menyediakan Bandeng Presto dan Bandeng Asap dalam berbagai merek dengan kemasan menarik, praktis dan harganya pun relatif terjangkau.

 

Untuk itu, pihaknya juga tertarik membekali mahasiswa D4 Prodi Bisnis Jasa Makanan (BJM) Politeknik Surabaya cara membuat Bandeng Presto dan Bandeng Asap. Dengan mempraktikkannya langsung, maka mereka pun layak jika diproyeksikan menjadi calon foodpreneur baru yang andal di era millenial.



Selain dibekali teknik membuat Bandeng Presto dan Bandeng Asap, maka pada tatap muka hari kedua, mahasiswa D4 Prodi Bisnis Jasa Makanan Politeknik Surabaya juga diajarkan cara membuat Beef Patty dan Smoked Beef (Daging Sapi Asap) yang bercitarasa tinggi.


Di pasaran Indonesia, tercatat ada sejumlah merek Beef Patty dan Smoked Beef yang recommended banget bagi konsumen, yakni Premium Smoke Beef Hanzel, Smoked Beef Horeca Bulat Bernardi, Smoked Beef Yona, Smoked Beef Deli Max, Dilamo Smoked Beef, Smoked Beef Kanzler dan Aroma Smoked Beef Brisket.


”Dari dua materi praktik Food Technology Applications ini, saya mengharapkan lahir foodpreneur baru yang andal dari West Campus atau nama keren dari Kampus D Politeknik Surabaya (member of Tristar Group),” pungkas Dosen Pengajar Food Technology Tristar Group ini.


Untuk informasi lebih lanjut terkait program baru D4 Prodi Bisnis Jasa Makanan (BJM) Politeknik Surabaya di Gedung Graha Tristar, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar