twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 20 Januari 2022

Dari Kehebohan Final Exam Hari Kedua di Laboratorium Praktik Patisserie Graha Tristar


Tim Juri Tergoda Penampilan Keren Musang King Cake, Persembahan dari Nur Tias Pandan Arum


 

INILAH empat kreasi cakes kekinian yang ditampilkan mahasiswa Pastrt Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi pada gelaran final exam hari kedua, Kamis (23/12/2021) pagi, di Kitchen Patissserie 2 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya. Kreasi cakes tersebut adalah Roll Cake Tuna (Kresna Satria Wiguna), Pineapple Cake (Wahyu Dewi S.), Matcha Chiffon with Diplomat Cream (Muhammad Bilal Nugraha), dan Musang King Cake (Nur Tias Pandan Arum). 


Pada gelaran final exam hari terakhir itu mendapat atensi langsung dari tim juri yang terdiri dari Chef Lusiana, Chef Mario Alvin Jonathan, dan Dewi Mariyanah M.Par, Dosen Pengajar Akpar Majapahit (member of Tristar Group).

 

Tim juri mengapresiasi kinerja empat mahasiswa Pastry Art Class yang tampil all out pada ujian praktik hari terakhir. Mereka mencoba menampilkan kreasi terbaiknya di hadapan tim juri, dengan membuat aneka kreasi cakes kekinian yang tampilannya superkeren dan berkelas dengan teksturnya yang lembut serta rasanya pun enak.

 

Menurut Chef Lusiana, tim juri menilai hasil kreasi mahasiswa itu berdasarkan tiga aspek yakni tampilan dan kreativitas, tekstur dan citarasanya. Tiga kriteria ini merupakan acuan yang biasa dipakai di industri perhotelan.

 

Oleh karena itu, kreasi produk pastry yang dibuat mahasiswa Pastry Art Class pun acuannya juga mengambil dasar dari tiga kriteria tersebut. Meskipun jika diuraikan lagi maka penilaian itu bisa lebih luas tergantung kebutuhan di lapangan.

 

”Mengingat ciamik-nya produk pastry yang ditampilkan mahasiswa, maka kami pun harus jeli melihat kelebihan masing-masing kreasi cake yang di-display di meja penilaian juri,” ujar Chef Lusi, sapaan akrabnya, kepada kru www.sekolahmasak.info, seusai acara penjurian tersebut.

 

Selain itu Chef Lusiana juga meminta peserta final exam untuk mempresentasikan hasil kreasinya di hadapan tim juri, mulai tema yang diusung pada final exam tersebut, nama produk cake andalannya hingga metode pembuatannya, lalu juri mengkritisi dan mengapresiasinya kinerjanya masing-masing.

 

Salah satu atensi dari tim juri adalah tampilan cantik dari Musang King Cake persembahan Nur Tias Pandan Arum yang mempresentasikan legitnya Durian Musang King saat di-display di meja penjurian. ”Tampilan Musang King Cake benar-benar menggoda!” puji Chef Lusiana dan diamini dua juri lainnya, Chef Mario Alvin Jonathan dan Dewi Mariyanah

 

Sementara itu Dosen Pengajar Pastry Art Class Akpar Majapahit, Chef Sari Palupi menambahkan, kehebohan ujian praktik mahasiswa Pastry Art Class itu berdurasi tiga jam, terlihat sejak prepare bahan roti/kue sejak pukul 08.00 WIB, memprosesnya di kitchen hingga menampilkan hasil kreasinya di meja display, sehingga menambah hangat suasana di kitchen pagi itu.

 

Selama ujian berlangsung di Kitchen Patisserie Graha Tristar, pagi itu, Kresna Satria Wiguna berusaha tampil all out demi menyiapkan kreasi cake kekinian yang bertajuk Roll Cake Tuna, sedangkan Wahyu Dewi S., fokus membuat kreasi cake yang diberi titel Pineapple Cake.

 

Selanjutnya Muhammad Bilal Nugraha tampil antusias demi menyiapkan cake hasil kreasinya yang diberi nama Matcha Chiffon with Diplomat Cream. Begitu juga dengan Nur Tias Pandan Arum, berupaya keras membuat kreasi cake andalannya dengan mengusung tema Musang King Cake yang keren. Good jobs! Bro & Sis. Very Nice

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar