twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 24 Desember 2021

Dari Final Exam Hari Pertama di Kitchen Modern 1 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya

Tim Juri Apresiasi Indonesian Lunch Buffet yang Tasty, Persembahan Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi

 

SETELAH diajarkan berbagai resep masakan Indonesian Food dan Chinese Food, sekarang giliran mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi diuji menghidangkan satu set menu lengkap Indonesian Lunch Buffet yang tasty pada gelaran final exam hari pertama, Senin (20/12/2021) pagi.

 

Satu set menu masakan itu meliputi Sosis Solo dan Pastel (Appetizer), Sayur Asem (Soup), Nasi Putih, Ayam Panggang Bumbu Rujak, Ikan Bakar Jimbaran, Babat Gongso, Seafood Saus Padang, Sambal Goreng Manisah Tahu Tempe & Pete, Rempeyek dan Kerupuk (Main Course) dan Dessert-nya berupa Es Dawet.

 

Demi masak satu set menu tersebut, tujuh dari 14 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang sehari-hari dibimbing Dosen Pengajar Culinary Art Chef Ari Purwantoro, tampil all out saat final exam hari pertama di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Rifda Shofiyya A., yang dipercaya sebagai leader-nya, berbagi tugas dengan enam personel Tim 1 lainnya sekaligus berjibaku di kitchen sejak prepare bahan masakan, memproses hingga menghidangkannya di meja display produk yang sudah dihias ala restoran tradisional khas masakan Indonesia.

 

Sisilia Tifen, misalnya kebagian tugas masak Sambal Goreng Tahu Tempe & Pete, Ameliana Sunyoto ditugaskan membuat Babat Gongso, Hellen Margaretha asyik masak Ikan Bakar Jimbaran sesuai job desk-nya bersama Candra Yanuar.

 

Selanjutnya Fabian Sutandio diminta masak Sayur Asem. Sedangkan Rifda sendiri kebagian jobs masak Ayam Bumbu Rujak, membuat Rempeyek, menggoreng Kerupuk, menyiapkan Es Dawet (Dessert) dan men-set up meja display produk bersama Bagus Ahmad R., yang pagi itu juga kebagian tugas masak Seafood Saus Padang.

 

Sementara itu untuk menanak nasi di-handle oleh Candra Yanuar, sedangkan Hellen dan Fabian juga masih kebagian tugas membuat Sosis Solo dan Pastel yang gurih untuk Appetizer-nya.

 

Wadah makanan dari gerabah (bahannya dari tanah liat yang dibakar) yang ditampilkan oleh Tim 1 mencerminkan keunikan dari penyajian masakan khas Indonesia. Hal ini menjadi penilaian tersendiri dari Tim Juri --terdiri dari Chef Nadya Ratri Aryani, Chef Endang Sri Rahajoe dan Dewi Mariyanah M.Par-- untuk mengapresiasi kinerja mahasiswa yang tampil all out selama ujian praktik masak tersebut.

 

”Saya pun mengapresiasikan kerja tujuh mahasiswa Culinary Art Class yang tergabung dalam Tim 1 pada final exam hari pertama. Pasalnya, dari sisi tampilan dan penyajian masakan dinilai sudah memenuhi ekspektasi layaknya sebuah restoran yang menghidangkan masakan khas Indonesia,” kata Chef Ari Purwantoro, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya. Good jobs Bro & Sis! Congratulations ….

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar