twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 28 Desember 2021

Dari Final Exam Hari Kedua di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya

Tiga Orang Juri Apresiasi Tujuh Kreasi Masakan Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi


TIGA orang juri independen yang terdiri dari Chef Ari Purwantoro, Chef Mario Alvin Jonathan dan Dewi Mariyanah M.Par., mengapresiasi tujuh kreasi masakan Indonesian Food yang ditampilkan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi pada final exam hari kedua, Selasa (21/12/2021) pagi, di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Pujian dari tim juri tersebut selain karena tampilan dan kreativitas peserta ujian saat menyajikan hasil masakannya di meja display produk mengingat hasil plating-an masakan Indonesia Food itu rata-rata sudah terlihat keren dan berkelas, sesuai dengan acuan yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Selain mendapat apresiasi dari tim juri, masakan mahasiswa juga dikiritisi dari aspek cita rasa dan teksturnya. Pasalnya, tiga orang juri itu juga nge-taste (icip-icip) langsung setiap produk masakan yang ditampilkan di meja display saat proses penjurian, sekaligus merasakan sensasi masakan tersebut termasuk juga dari aspek teksturnya.

 

”Secara overall kreasi masakan yang ditampilkan pada final exam hari kedua masih bisa ditingkatkan pada ujian masak berikutnya. Kebiasaan nge-taste masakan sebelum disajikan cukup membantu untuk mencari tahu apakah masakan itu kurang asin atau manis, Jangan sampai masakan itu keasinan apalagi sampai undercook atau overcook,” terang Chef Jo, sapaan akrab Chef Mario Alvin Jonathan.

 

Pada final exam hari kedua, tujuh mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani menampillkan tujuh kreasi masakan Indonesian Food berupa appetizer, soup dan main course yang lezat.

 

Tujuh mahasiswa Culinary Art Class yang tampil pada final exam hari kedua pagi itu adalah Ayustin Agitha Prastika dan Reynaldy Dwi Rangga (Tim 1) fokus membuat dua kreasi masakan Indonesian Food, yakni Nasi Goreng Padang dan Martabak.

 

Sedangkan Irfan Mufid, Zilfa Nadia Abdillah dan Habib Taufiqurrahman (Tim 2) berjibaku di kitchen demi masak Indonesia Food bertajuk Sayur Asem Betawi, Ayam Kremes Sambal Bawang yang pedas-pedas enak, Nasi Timbel Dadar Jagung serta Lumpia Basah dan Lumpia Kering.

 

Dan terakhir pasangan Aisyah Aulia Hanum dan Yohanes Sadewa Putra Nugraha (Tim 3) tampil percaya diri demi masak Indonesian Food, yakni Gimbal Udang Sayur Saus Asam Manis dan Laksa Bogor Sambal Soto yang lezat rasanya.

 

Usai proses penjurian, giliran Chef Nadya Ratri Aryani memberi pengarahan (briefing) kepada anak didiknya, terutama teknik pengolahan masakan, Indonesian Food yang baru saja ditampilkan di meja display produk. Selain itu, soliditas masing-masing tim juga masih bisa ditingkatkan lagi, meskipun durasi ujian praktik masak tersebut dipatok tidak lebih dari 90 menitan.

 

Durasi masak itu dihitung sejak prepare bahan masakan, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating hasil kreasi masakan tersebut untuk di-set up di atas meja display agar tampil menarik, elegan dan berkelas ala restoran terkemuka di Surabaya. Good jobs! Bro & Sis. Very Nice

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar