twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 07 Desember 2021

Dari Keseruan Acara Battle Cooking Practical di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya

Dua Tim Berjibaku di Kitchen Demi Masak Chicken Pou, Stir-Fry Kway Teow & Beef ala Peking yang ”Haose”


MAHASISWA Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang diasuh Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., kembali dibekali pengetahuan tentang teknik masak tiga menu Chinese Food yang cukup populer di Indonesia yakni Chicken Pou, Stir-Fry Kway Teow dan Beef ala Peking, di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (06/12/2021) pagi.

 

”Ini merupakan tatap muka kali kelima pada materi praktik Chinese Food. Pada pertemuan sebelumnya, mereka kami bekali teknik masak tiga menu Oriental Cuisines yang bikin ketagihan, yakni Jiaozi, Beef in Blackpepper dan Cantonese Rice,” kata Chef Nadya, sapaan karibnya kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

 

Untuk mempercepat pekerjaan di kitchen, 12 dari 13 mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi yang hadir pagi itu dibagi dua tim. Masing-masing tim kebagian tugas masak tiga menu Chicken Pou, Stir-Fry Kway Teow dan Beef ala Peking yang haose (enak banget).

 

”Hasil kreasi masakan dari kedua tim diadu dalam acara bertajuk Battle Cooking Practical dengan durasi 1,5 jam. Demi suksesnya perhelatan itu, masing-masing tim berjibaku di kitchen sejak prepare bahan masakan, memproses masakan hingga menyajikannya di meja display,” terang Chef Nadya Ratri Aryani.

 

Dermi memasak Chicken Pou, misalnya, bahan yang disiapkan di meja kerja meliputi low protein flour, sugar powder, yeast, baking powder, skim milk, bread improver, food whitening, white shortening dan water secukupnya. Sedangkan untuk membuat filling-nya, bahan yang dibutuhkan terdiri dari chick meat, sesame oil, water, tomato ketchup, oyster sauce, honey dan tambahkan thickening sesuai kebutuhan.

 

Selanjutnya masak menu yang kedua, yakni Stir-Fry Kway Teow. Untuk masak menu yang satu ini, maka bahan yang diperlukan meliputi kway teow, clove garlic, bean sprout, small prawn, egg, cives, garlic, light soy, oyster sauce, water, salt & pepper.

 

Sementara itu untuk memasak Beef ala Peking, bahan yang dibutuhkan antara lain tenderloin beef, red chili, ginger, salt & pepper, chicken stock (kaldu ayam), sesame oil, chinese wine, dried shrimp, dried chili, clove garlic dan red chili.

 

Demi menghasilkan masakan yang terbaik, Chef Nadya (siang itu ditandem oleh Chef Mario Alvin Jonathan) juga berkeliling dari meja ke meja untuk memastikan bahwa masakan yang dibuat anak didiknya tidak overcook atau masih kurang masak, kurang asin atau malah keasinan dan sebagainya.

 

Teknik memotong daging sapi untuk masak Beef ala Peking, membuat filling untuk Chicken Pou maupun Ketika mem-fry bumbu, telur, udang, mie dan kecambahnya saat masak Stir-Fry Kway Teow pun diawasi agar ukurannya proporsional, sesuai dengan tema masakannya. Jika disajikan di atas piring tampilannya cantik, menarik dan elegan.

 

Praktik masak Chinese Food tersebut merupakan bagian dari pembelajaran kepada mahasiswa Culinary Art Kelas Pagi maupun Kelas Siang, seputar teknik memasak aneka makanan khas Oriental yang citarasa dan teksturnya berbeda banget dengan masakan ala Western Food (Continental Cuisines).

 

Pelajaran pengolahan masakan Chinese Food (Oriental Cuisines) ini merupakan aplikasi dari teknik-teknik memasak, di antaranya grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan banyak lagi. Mahasiswa juga diperkenalkan terhadap berbagai macam makanan khas yang berasal dari Negeri Tirai Bambu (Tiongkok). Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akapr Majapahit (Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar