twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 23 Februari 2022

Dari Keseruan Aksi Mahasiswa Praktik di Kitchen Modern West Campus Bersama Chef Daniel


Aneka Kreasi Croissant, Danish dan Puff Pastry Kekinian yang Berkelas, Persembahan Mahasiswa Cruise Class

 

MAHASISWA Tristar Cruise Kelas B yang belajar di West Campus, Kompleks Plaza Segi Delapan Sukomanunggal Surabaya Barat diajarkan Chef Daniel, Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, membuat aneka kreasi Croissant, Danish dan Puff Pastry kekinian, yang basic-nya dari Teknik Pengolahan Adonan Berlapis (Layer Dough), Selasa (22/02/2022) pagi.

 

Oleh Chef Daniel, mahasiswa Cruise Class sedikitnya diajarkan cara membuat 12-an kreasi Croissant, Danish dan Puff Pastry sesuai standar industri perhotelan. Tentu saja aneka kreasi Croissant, Danish dan Puff Pastry tersebut juga biasa disajikan pada saat breakfast, lunch atau dinner di atas kapal-kapal pesiar mewah di mancanegara.

 

Saat praktik di Kitchen Modern West Campus pagi itu, mahasiswa diajarkan cara membuat empat kreasi Croissant yang superkeren yakni Sausage Croissant, Mushroom Croissant, Cheese Croissant, Croissant Sandwich.

 

Oleh Chef Daniel, mahasiswa juga dikenalkan teknik membuat empat kreasi Danish yang cantik dan menarik, yakni Raisin Cinnamon Danish, Danish Square, Danish Pocket dan Danish Peach.

 

Selain praktik membuat aneka kreasi Croissant dan Danish, Chef Daniel masih berbagi ilmu dengan mahasiswa Cruise Class, teknik membuat empat resep produk olahan adonan berlapis yang elegan tampilannya yakni Prawn in Puff, Fruit Railways, Cream Horn dan Picnic Roll.

 

Demi membuat kreasi Croissant, Danish atau Puff Pastry yang keren, Chef Daniel pun meminta anak didiknya memperhatikan step by step cara membuatnya agar hasilnya sesuai ekspektasi.

 

Selain itu untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, adonan untuk membuat kreasi produk adonan berlapis tersebut, sebaiknya juga di-blender menjadi satu hingga kalis sebelum diproses lebih lanjut sesuai panduan di Buku Ajar (Silabus) dan arahan dari Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group tersebut.

 

Langkah tersebut demi mempercepat pekerjaan di kitchen, mengingat untuk membuat croissant butuh minimal tiga kali nge-roll adonan yang sudah kalis dan tiga kali pendinginan di mesin chiller, sebelum adonan (yang dibentuk seperti persegi atau oval sesuai panduan di Buku Ajar) itu ditaruh di mesin pengembang kue (proofer) selama 45 menitan dan akhirnya di-bake (mesin pengovenan) pada suhu 160 *C selama 20-25 menit.

 

Demi mengikuti trend industri Cake & Bakery di era millennial saat ini, mahasiswa Cruise Class juga dikenalkan cara mengoperasikan mesin Dough Sheeter, mesin penipis adonan layer dough yang biasa dipakai pengusaha Cake & Bakery. Keunggulan mesin ini membuat adonan berlapis itu lebih stabil (ketebalannya merata) daripada nge-roll dengan tangan secara manual.

 

”Menariknya lagi kreasi superkeren mahasiswa Cruise Class tersebut saya nilai dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur dan cita rasanya. Tiga kriteria penilaian itu mengacu pada Standard Operational Procedure (SOP) yang biasa diterapkan di industri perhotelan,” pungkas Chef Daniel di ruang kerjanya, kemarin.


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Cruise Class, silakan datang langsung ke Kampus Tristar Group, Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar