twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 08 Februari 2022

Aksi Seru Mahasiswa Tristar Cruise Cooking Practices di Kitchen Modern West Campus


Sajikan Menu Caesar Salad with Cheesy Crackers, Zuppa Toscana Soup dan French Omelette ala Kapal Pesiar Mewah

 

PADA pertemuan hari pertama, Senin (07/02/2022) pagi, 20-an orang mahasiswa Tristar Cruise Kelas A-Pagi dan Kelas B-Siang mulai diajarkan masak tiga menu Continental Cuisines ala menu legendaris di atas kapal pesiar mewah atau hotel berbintang. Praktik masak itu dihelat di Kitchen Modern West Campus Ruko Segi Delapan, Kawasan Sukomanunggal Surabaya Barat.


Praktik masak aneka menu Continental Cuisines (Western Food) ini dilakoni mahasiswa dalam beberapa kali tatap muka, demi mempertajam kemampuan dan ketrampilan masak memasak bagi mahasiswa Tristar Cruise Class (member of Tristar Group), sebelum mereka bekerja di industri perhotelan atau berkarir di kapal pesiar (cruise ship) manca negara.


Oleh karena itu, saat praktik masak hospitality di kitchen (Food & Beverage Product) dan teknik menyajikannya di meja makan (Food & Beverage Service) sebuah industri perhotelan, semaksimal mungkin direpresentasikan mirip dengan sistem kerja di atas kapal pesiar.


Maksud dan tujuan dari kunjungan industri itu sendiri untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar hospitality terutama di di ruang kelas dengan realitas di lapangan khususnya di Kitchen (Food & Beverage Product) dan Food & Beverage Service (FBS) sebuah industri perhotelan, yang direpresentasikan mirip dengan sistem kerja di atas kapal pesiar mewah.


Praktik hospitality di West Campus, memungkinkan mahasiswa mendapat ketrampilan masak memasak di kitchen dan juga diajarkan bagaimana menjadi kru pramusaji  (waiter/waitress) yang profesional di Food & Beverage Service Department.  


Sedangkan pengarahan seputar sistem kerja di kitchen hotel dan pembagian job desk mahasiswa saat praktik masak aneka menu Continental Cuisines (Western Food) disampaikan langsung oleh Chef Andy kepada mahasiswa Tristar Cruise Kelas A-Pagi dan arahan dari Chef Mario Alvin Jonathan kepada mahasiswa Tristar Cruise Kelas B-Siang bersama asistennya, Chef Joko Aryo Handoko.


Pada pertemuan hari pertama itu, baik Chef Andy maupun Chef Mario Alvin Jonathan yang akrab disapa Chef Jo mengajarkan mahasiswa Tristar Cruise tiga menu Western Food yang legendaris, yakni French Omelette, Caesar Salad with Cheesy Crackers (Appetizer) dan Zuppa Toscana Soup (Soup).


Secara umum bahan untuk membuat French Omelette atau Omelet Prancis terdiri dari egg, milk, salt & pepper dan butter, Menu yang satu ini cocok banget untuk sarapan (breakfast) dengan ditemani segelas teh hangat, secangkir kopi panas atau jus buah yang menyegarkan.


Sedangkan menu kedua, Caesar Salad with Cheesy Crackers. Cita rasa dari resep salad yang satu ini memang juara. Apalagi kalu diberi taburan keju parmesan dan cruton. Dijamin bakal bikin ketagihan karena teksturnya yang lebih renyah, lebih gurih dan juicy tentunya. Sehingga, tidak bikin bosan siapa pun yang menikmati sajian salad yang sudah melegenda dan menyehatkan tersebut.


Menu terakhir yang dipraktikkan mahasiswa Tristar Cruise Class adalah membuat Zuppa Toscana Soup (atau biasa disingkat Zuppa Toscana). Demi masak sup dengan puff pastry diatasnya, maka bahan yang dibutuhkan terdiri dari mentega (margarine), garlic, bawang Bombay, sayuran beku, sosis (sausage), tepung terigu, water, santan, kaldu ayam bubuk, salt dan pepper powder. Sedangkan bahan untuk membuat puff pastry adalah puff pastry sheet, kuning telur dan keju parut secukupnya untuk taburan.


Di Indonesia sendiri, sup ini pertama kali dihidangkan sebagai makanan pembuka di hotel-hotel mewah. Namun kini, sup spesial ini sudah relatif mudah ditemukan di mana-mana. Selain puff pastry (ditaruh di atas mangkuk) yang membuat Zuppa Toscana Soup –sup yang berasal dari Toscana Italia-- ini terlihat unik, soup-nya pun terasa begitu gurih karena dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti tepung, krim, sayuran dan bumbu lainnya. Good jobs! Bro & Sis. Amazing


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Tristar Cruise Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group di West Campus, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar