twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 23 Februari 2022

Asyiknya Mahasiswa Praktik Masak Asian Cuisines di Kitchen Modern Graha Tristar


Mahasiswa Culinary Art Tampilkan Pilaf Rice, Hot & Sour Fish dan Darca Curry, Masakan Khas Negeri Jiran Malaysia

 


MAHASISWA Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang diasuh Chef Ari Purwantoro, dengan antusias menampilkan tiga menu masakan khas Negeri Jiran Malaysia (Malaysian Food), yakni Pilaf Rice, Hot & Sour Fish dan Darca Curry yang lezat, di Kitchen Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (22/02/2022) pagi.

 

”Tiga menu masakan khas dari Malaysia itu merupakan materi praktik hari kedelapan yang wajib dilakoni mahasiswa Culinary Art Class demi memperdalam pengetahuan dan ketrampilan masak bertajuk Asian Cuisines. Penampilan masakan itu tampak keren dan berkelas ketika disajikan di meja display produk,” ujar Chef Ari, kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, kemarin.

 

Demi masak Pilaf Rice, bahan yang dibutuhkan terdiri atas canola oil, cinnamon, cardamon seeds, cloves, shallots, ginger, turmeric, long grain rice, chicken stock dan golden raisin, Metode masak yang diaplikasikan mahasiswa menggunakan teknik sauteeing dan steaming.

 

Selanjutnya menu masakan kedua, yakni Hot & Sour Fish. Bahan yang disiapkan untuk membuat Hot & Sour Fish adalah snapper fillet, red chili paste, shallot, garlic, blimbing wuluh, green tomato, kaffir leave, turmeric, ginger, turmeric leaves, lemon grass dan asam kandis. ”Untuk membuat Hot & Sour Fish yang lezat, teknik masaknya memakai metode stewwing,” kata Chef Ari.

 

Sedangkan menu terakhir, mahasiswa masak Dalca Curry yang menggunakan metode stewwing. Untuk masak menu ketiga ini bahan masakan yang dibutuhkan terdiri atas red chili, hot chili, ginger, galangal, turmeric, cardamon, clove, cinnamon, pepper, salam leaves, kaffir leaves, turmeric leaves, cocomilk, curry paste (madras), mungbean, eggplant, squid, shrimp, beef, long bean dan green tomato.

 

Sementara itu, mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani, pada pertemuan Rabu (09/02/2022), dua pekan lalu, giliran mendapat tantangan untuk masak tiga menu masakan Philippines Food, yakni Vegetarian Fried Rice, Adobo dan Fresh Lumpia (Lumpia khas dari Philippines).

 

Demi membuat tiga menu masakan Philippines Food yang tasty dan deliciously, Chef Nadya hanya memberikan batasan waktu masak tidak lebih dari 90 menitan. Ini tentu saja membutuhkan teamwork dan semangat kerja yang luar biasa agar tantangan itu bisa diselesaikan tepat waktu, sejak prepare bahan, memproses masakan hingga menghidangkannya di meja display hasil masakan mahasiswa.

 

Berkat soliditas dan kekompakan masing-masing tim, maka pekerjaan di kitchen demi masak tiga menu masakan khas Philippines Food, bisa dituntaskan tepat waktu, sejak prepare bahan, memproses masakan hingga menyajikannya di meja display hasil masakan mahasiswa tersebut. Good jobs! Bro & Sis. Amazing Banget

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar