twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 09 Februari 2022

Aksi Heboh Mahasiswa Praktik Buat Aneka Kreasi Bread Bersama Chef Dwi Mei Retnowati


Mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi, Berjibaku Buat 12 Kreasi Roti dengan Teknik Pengolahan Enriched Bread


SETELAH dikenalkan materi Basic Bread dan Plain Bread, sekarang giliran delapan orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi diajarkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang Teknik Pengolahan Enriched Bread bersama Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Chef Dwi Mei Retnowati., di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Pada pertemuan hari pertama, Rabu (02/02/2022), pekan lalu, Chef Mei berbagi ilmu Teknik Pengolahan Enriched Bread dengan membuat empat resep roti dengan tampilan kekinian, yakni Burger Bun, Cheese Milky Toast Bread Open Top, Crocodile Bread dan Floss Bread di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya.


Selanjutnya pada tatap muka hari kedua, Selasa (08/02/2022), mahasiswa Pastry Art Class kembali praktik membuat empat jenis roti dengan pendekatan Teknik Pengolahan Enriched Bread, yakni Hot Dog Bun, Sweet Corn & Cheese Bread, Cream Cheese Garlic Bread dan Kaiser Chocolate Roll Bread yang keren tampilannya.


Pada pertemuan hari terakhir, Rabu (09/02/2022) pagi, Chef Mei kembali berbagi ilmu dengan anak didiknya praktik membuat empat resep roti yang berbeda dari sebelumnya, yakni Montecristo Roll Bread, Cornet Beef Roll Bread, Cheese Smoke Pillow Bread dan Red Bean Bread.


Untuk memudahkan pekerjaan selama praktik hari kedua, Selasa (08/02/2022), delapan mahasiswa Pastry Art Class itu dibagi dalam empat kelompok kerja, masing-masing beranggotakan dua orang. Setiap kelompok kebagian membuat satu resep, yakni Hot Dog Bun, Sweet Corn & Cheese Bread, Cream Cheese Garlic Bread dan Kaiser Chocolate Roll Bread di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya.


Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh masing-masing kelompok saat mereka praktik membuat Hot Dog Bun, Sweet Corn & Cheese Bread, Cream Cheese Garlic Bread dan Kaiser Chocolate Roll Bread sesuai job desk-nya masing-masing dengan disupervisi langsung oleh Chef Mei dan asistennya, Zulkarnaen.


Untuk membuat Hot Dog Bun ala Food Truck di G-Walk Perumahan Citraland Surabaya Barat, misalnya, bahan yang dibutuhkan antara lain bread flour (cakra kembar), yeast, bread improver, sugar, milk powder, salt, egg, cold water dan butter (margarine).


Sedangkan untuk membuat washing-nya sendiri agar tampilannya Hot Dog Bun mengkilap, bahan yang dibutuhkan adalah milk powder, water dan egg. Sementara itu filling untuk Hot Dog Bun bahannya meliputi beef sausage, onion Bombay, mayonnaise, chili sauce dan pepper sebagai condiment-nya.


Semua bahan itu dimasukkan dalam mesin mixer sampai adonan bahan roti itu rata dan tercampur sempurna. Untuk hasil terbaik, adonan roti itu di-blender sampai kalis. Adonan yang telah kalis itu kemudian dibentuk dengan ukuran 15x5 cm dan berat rata-rata 60-an gram.


Roti setengah jadi itu selanjutnya di-treatment mesin pengembang roti (proofer) selama 60 menitan. Setelah tampilan roti setengah jadi mengembang sempurna, maka roti itu kemudian di-oven pada suhu 180*C selama 12-15 menitan.


Sedangkan tiga kelompok kerja yang lainnya juga harus berjibaku di Kitchen Patisserie Graha Tristar, demi membuat Sweet Corn & Cheese Bread, Cream Cheese Garlic Bread dan Kaiser Chocolate Roll Bread sesuai job desk-nya masing-masing hingga mem-plating dan meng-garnish kreasi bread itu sekeren mungkin.


”Tak salah jika setiap kelompok berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Hal ini demi membiasakan mahasiswa layaknya bekerja di kitchen pastry sebuah hotel berbintang,” terang Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar