twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 07 Februari 2022

Visit Hotel Demi Mengaplikasikan Mata Kuliah Food & Beverage Service (FBS) Management


20 Mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit Nikmati Lezatnya Satu Set Menu Lunch Western saat Praktik Table Manner di MaxOne Hotels Tidar


DEMI mengaplikasikan mata kuliah Food & Beverage Service (FBS) Management yang diasuh R. Paulus W. Soetrisno M.Par., 20 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi dan A-1 Siang praktik Table Manner, sekaligus menikmati lezatnya satu set menu untuk jamuan makan siang ala Barat (Lunch Western) resmi di Surabaya Meeting Room Lantai 2 MaxOne Hotels Surabaya Tidar, Jumat (05/02/2022) siang.


Kunjungan industri mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit ke hotel bintang tiga di bawah Maialstone Pacific Hotel Group (MPHG) di Jl. Tidar No, 5 Surabaya tersebut bertujuan lebih mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja khususnya di industri perhotelan.


Kedatangan rombongan mahasiswa D3 Akpar Majapahit ke hotel berbintang, siang itu, mendapat sambutan hangat dari General Manager MaxOne Hotels Surabaya Tidar Budi Setiono, Food & Beverage Manager (FBM) Kasiadik dan Head Chef Eko Sudaryanto di Surabaya Meeting Room Lantai 2.


FBM MaxOne Hotels Surabaya Tidar, Kasiadik dipercaya untuk memberikan materi seputar Table Manner Knowledge & Practices di hadapan mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit. Presentasi sekaligus praktik Table Manner tersebut dimulai sekitar pukul 10.30 hingga 13.00-an.


Selama mengikuti rangkaian acara Table Manner tersebut yang dipresentasikan oleh pihak hotel, Dosen Pengajar FB Service Management Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno juga tampak  proaktif mendampingi anak didiknya. Suasana semakin mencair karena pemateri mengajak mahasiswa berinteraksi langsung dengan cara memeragakan tata cara jamuan makan resmi dan juga diselingi tanya jawab.


Menurut Adi, sapaan akrabnya, pengertian umum Table Manner adalah tata cara dan etika dalam perjamuan makan. Biasanya orang yang menghadiri acara Table Manner di sebuah hotel berbintang, misalnya, sudah lebih dulu mendapat undangan dari panitia (mewakili pihak yang punya hajat). ”Sejarah acara Table Manner sendiri dikenalkan kali pertama oleh Raja Louis dari Prancis, sekitar abad 16 silam,” ujarnya.


Atas dasar undangan itu, pihak tamu sudah tahu kapan waktu hajatan itu digelar, dress code-nya apa (bisa mengenakan busana batik atau setelan jas) dan sebagainya. Saat tamu atau undangan VIP itu hadir di tempat jamuan makan, sikap duduk juga mesti diperhatikan dan dijaga yakni duduk tegak dengan sikap sempurna.


Kedua tangan juga tidak diperkenankan menempel di meja. Bicara pun juga harus diatur sedemikian rupa dan tidak boleh terlalu keras karena aturan ini terkait dengan etika sebuah jamuan makan resmi.


Pada acara Table Manner, meja makan sudah di-set up ala round table untuk jamuan makan resmi. Ada gelas piala, berbagai ukuran sendok (sendok makan, sendok garpu dan sendok sup), pisau, napkin (celemek), dan tissue.


Keberadaan napkin (celemek) biasanya ditaruh di paha tamu. Saat tamu menikmati makanan yang disajikan, celemek ini boleh dipakai untuk membersihkan mulut jika ada sisa makanan yang masih menempel.


”Sekalipun di meja makan sudah tersedia tissue, napkin atau celemek tetap boleh dipakai membersihkan mulut karena standard operation procedure (SOP)-nya memperbolehkan hal itu atas pertimbangan faktor higienis dan etika,” terang Kasiadik.


Sedangkan Head Chef MaxOne Hotels Surabaya Tidar, Eko Sudaryanto bersama timnya sibuk menyiapkan menu lengkap jamuan makan siang ala Barat (Lunch Western) untuk Table Manner. Menu lengkap itu meliputi Chicken Roasted Mix Green Salad with Roasted Sesame Dressing (pengganti Bread & Butter), Japanese Tofu (Appetizer), Sup Bibir Ikan Hiu (Soup), Chicken Steak with Mushed Potato & Pene Sausage Top Up Tomato Garlic (Main Course) dan Red Velvet Cake (Dessert).


Bread & Butter (B&B) disajikan untuk menunggu acara jamuan makan yang sesungguhnya. B&B biasanya berupa seiris roti tawar dan butter yang disajikan di atas lepek dan sudah dilengkapi sebuah pisau kecil untuk mengoleskan butter ke cuilan roti. Dalam acara siang itu, pihak hotel tidak menyediakan roti tawar tetapi menghidangkan Chicken Roasted Mix Green Salad with Roasted Sesame Dressing.


Menginjak ke acara jamuan makan siang ala Barat (Lunch Western), menu makanan pembuka (Appetizer) yang disajikan adalah Japanese Tofu atau Tofu ala Jepang. Untuk menyantap Salad/Appetizer ini tamu cukup menggunakan sendok garpu. Makanan pembuka ini sifatnya tidak mengenyangkan dan diharapkan bisa merangsang nafsu makan tamu untuk menikmati sajian menu berikutnya.


Menu yang kedua adalah Sup Bibir Ikan Hiu (Soup). Untuk menikmati sup yang lezat ini, Anda bisa menggunakan sendok sup yang tersedia di meja. Sedangkan menu utama (Main Course)-nya sendiri berupa Chicken Steak with Mushed Potato & Pene Sausage Top Up Tomato Garlic dan sebagai hidangan penutup (Dessert)-nya adalah Red Velvet Cake, yang kelezatannya diapresiasi mahasiswa.


Sementara itu Dosen FBS Management Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, acara Table Manner ini sepenuhnya diserahkan kepada perwakilan mahasiswa yang ditunjuk sebagai host-nya. ”Host inilah yang order tempat hingga mengajukan set menu Lunch Western untuk Table Manner dengan pihak MaxOne Hotels, berikut menentukan besaran biaya acara tersebut,” tandasnya.


Sebuah rangkaian acara yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Diharapkan pengalaman empiris ini kelak bisa dijadikan bekal mahasiswa –setelah mereka lulus kuliah tentunya—demi menerjuni dunia kerja di industri perhotelan. Good jobs! Bro & Sis. Very nice...


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa sekaligus menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Staff Marketing Department di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar