twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 24 Februari 2022

Dari Kehebohan Aksi Mahasiswa Belajar Teknik Pengolahan Sweet Bread Bersama Chef Mei


Dalam Empat Kali Pertemuan, Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi Praktik Buat 16 Kreasi Roti Manis yang Superkeren


PADA tatap muka hari pertama, Selasa (22/02/2022) pagi, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi diajarkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang Teknik Pengolahan Roti Manis (Sweet Bread) sekaligus praktik membuat empat kreasi Roti Manis yang superkeren oleh Chef Dwi Mei Retnowati S.Si., di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Selama empat kali pertemuan, Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit itu mengajarkan cara membuat 16 resep Roti Manis (Sweet Bread) yang superkeren. Pertemuan hari pertama, mahasiswa diajarkan cara membuat empat kreasi Roti Manis yakni Cinnamon Rolls Bread, Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread.


Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Rabu (23/02/2022) pagi, mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi kembali dibekali empat resep Roti Manis (Sweet Bread) yang lain, yakni Roti Sisir, Tuna Choux Cheese Bread, Vla Cocktail Bread dan Barliner (Bomboloni).


Sementara itu pada pertemuan pekan berikutnya, tepatnya pada Selasa (01/03/2022) dan Rabu (02/03/2022), Chef Mei mengajarkan teknik membuat delapan resep Roti Manis yang berbeda dari sebelumnya, yakni Fruit Cheese & Custard Bread, Mocha Bun, Bread Cake, Sausages Mushroom Bread with Puff, Peanut Bread, Chocolate Almond Babka Bread, Mexico Rainbow Bun dan Smoke & Cheese Bread.


Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, enam orang mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu diminta membuat Cinnamon Rolls Bread, Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread sesuai job desk-nya masing-masing.


Setiap individu mahasiswa berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya seusai mem-plating Sweet Bread tersebut, maka hasil kreasi mahasiswa itu dinilai dan dikritisi oleh dosen pembimbing.

Dari empat resep Roti Manis yang diajarkan Chef Mei pada pertemuan hari pertama, ternyata resep tidak semuanya berasa manis (sweet). Dua resep yang berasa asin gurih (savoury) itu adalah Beef Bread dan Chicken Curry Bread.


Untuk membuat Cinnamon Rolls Bread, misalnya, bahan yang dibutuhkan adalah bread flour, medium flour, yeast, bread improver, sugar milk powder, salt, egg yolk, egg, water, butter dan margarine.


Sementara itu demi membuat filling-nya, maka bahan yang disiapkan adalah custard vanilla cream, cold water, raisin, cinnamon dan brown sugar. Sedangkan untuk menyiapkan foundant-nya sendiri bahannya terdiri dari icing sugar, lemon juice, water, tiramisu topping dan greentea topping. Permukaan roti yang sudah di-bake kemudian ditaburi dengan campuran milk powder.


Adonan Cinnamon Rolls setengah jadi diambil @ 100 gram dan dibentuk bulat atau persegi sesuai selera ukuran 18 x 18 cm2. Sebelum di-bake selama 12-15 menitan pada suhu (atas) 170*C dan suhu (bawah) 190*C, maka Cinnamon Rolls tersebut di-proofer (mesin pengembang roti) lebih dulu selama 60 menit.


”Selain mendampingi mahasiswa yang kebagian tugas membuat Cinnamon Rolls Bread, saya juga mengawal mahasiswa lain yang mendapat tugas membuat Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread, sejak prepare bahan, proses mengolah hingga menyajikannya di meja display produk sesuai standar industri perhotelan,” terang Chef Dwi kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya.

Good jobs! Bro & Sis. Very nice


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar