twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 05 Maret 2022

Visit Hotel Demi Mengaplikasikan Mata Kuliah Food & Beverage Service Management


Serunya Aksi Mahasiswa Tristar Group Kelas Malam Praktik Table Manner di Sinergi Hotel Prigen, Tretes Pasuruan



PEKAN terakhir Februari 2022 lalu tepatnya Kamis (24/02/2022) siang, 11 orang mahasiswa Tristar Group Kelas Malam (Kelas E-Star RSUD Dr Soetomo Instalasi Gizi), antusias meramaikan kunjungan industri berupa visit hotel untuk mengikuti acara Table Manner Knowledge & Practices di Sinergi Hotel Prigen, Tretes Kabupaten Pasuruan.


Kunjungan hotel di lereng Gunung Penanggungan itu demi lebih mendekatkan diri mahasiswa Tristar Group dengan dunia kerja di industri perhotelan, khususnya menghadiri acara jamuan makan resmi untuk praktik Table Manner.


Kegiatan ini untuk mengaplikasikan mata kuliah Food & Beverage Services (FBS) Management yang diasuh oleh R. Paulus W. Soetrisno M.Par. Selain itu Hardhita Kusdharyanto M.Par juga tampak hadir mendampingi rombongan mahasiswa di Sinergi Hotel Tretes.


Sinergi Hotel yang ada di Prigen, Tretes Kabupaten Pasuruan itu merupakan salah satu hotel berbintang yang beroperasi di lereng G. Penanggungan, yang berhawa sejuk serasa tinggal di tepi hutan. Tak salah jika Sinergi Hotel yang tarifnya relatif terjangkau itu kini menjadi jujukan wisatawan untuk berakhir pekan bersama keluarganya masing-masing.


Kedatangan rombongan mahasiswa Tristar Group siang itu disambut langsung oleh General Manager Sinergi Hotel Darmawan Sumitro, Operasional Manager I Ketut Heri Asthama dan segenap jajaran di bawahnya.


Sebelum praktik Table Manner, mahasiswa Tristar Group itu diajak tour hotel lebih dulu oleh tim dari Housekeeping Department Sinergi Hotel Prigen Tretes Pasuruan. Mereka dikenalkan fasilitas kamar hotel yang dibandrol mulai Rp 200.000-an ++ per malam. Selain showing ke kamar hotel, mahasiswa juga diajak melihat fasilitas hotel yang lain seperti Front Office (FO), Meeting Room, Ballroom, Café & Resto, Main Kitchen dan Swimming Pool.


Setelah mengikuti tour hotel sekitar 30 menitan, rombongan kembali ke Meeting Room untuk mengikuti acara utama yakni Table Manner, yang dipandu langsung oleh General Manager Sinergi Hotel Darmawan Sumitro. Sedangkan Hardhita Kusdharyanto bersama Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par., sibuk mendampingi anak didiknya mengikuti rangkaian kegiatan Table Manner yang dipresentasikan pihak hotel.


Menurut Arjuna, sapaan akrabnya, pengertian umum Table Manner adalah tata cara dan etika dalam perjamuan makan. Biasanya orang yang menghadiri acara Table Manner di hotel, misalnya, sudah lebih dulu mendapat undangan dari panitia (mewakili pihak yang punya hajat). ”Sejarah acara Table Manner sendiri dikenalkan kali pertama oleh Raja Louis dari Prancis, sekitar abad 16 silam,” ujarnya.


Atas dasar undangan itu, pihak tamu sudah tahu kapan waktu hajatan itu digelar, dress code-nya apa (bisa mengenakan busana batik atau setelan jas) dan sebagainya. Saat hadir di tempat jamuan makan, sikap duduk juga mesti diperhatikan dan dijaga yakni duduk tegak dengan sikap sempurna.


Kedua tangan juga tidak diperkenankan menempel di meja. Bicara pun juga harus diatur sedemikian rupa dan tidak boleh terlalu keras karena aturan ini terkait dengan etika sebuah jamuan makan resmi.


Pada acara Table Manner, meja makan sudah di-set up untuk jamuan makan resmi. Ada gelas piala, berbagai ukuran sendok (sendok makan, sendok garpu dan sendok sup), pisau, napkin (celemek), dan tissue. Dalam acara Table Manner kali ini, meja makan di-set up ala round table.


Keberadaan napkin (celemek) biasanya ditaruh di paha tamu. Saat tamu menikmati makanan yang disajikan, celemek ini boleh dipakai untuk membersihkan mulut jika ada sisa makanan yang masih menempel.


”Sekalipun di meja makan sudah tersedia tissue, napkin atau celemek tetap boleh dipakai membersihkan mulut karena standard operation procedure (SOP)-nya memperbolehkan hal itu atas pertimbangan faktor higienis dan etika,” terang Arjuna, saat sesi tanya jawab dengan peserta Table Manner.


Sedangkan Operasional Manager Sinergi Hotel I Ketut Heri Asthama bersama tim kitchen sibuk menyiapkan satu set menu lengkap untuk jamuan makan siang ala Barat (Lunch Western Style) untuk Table Manner.


Menu lengkap itu meliputi Vegetables & Fruit Salad (Appetizer), Chicken Mushroom Soup (Soup). Sedangkan Main Course-nya sendiri berupa Chicken Steak with Potato & Vegetables Sauce dan Dessert-nya adalah Chocolate Cheese Cake.

Menginjak ke acara jamuan makan siang ala Barat (Lunch Western Style), menu makanan pembuka (Appetizer) yang disajikan adalah Vegetables & Fruit Salad. Untuk menyantap Appetizer ini tamu cukup menggunakan sendok garpu. Makanan pembuka ini sifatnya tidak mengenyangkan dan diharapkan bisa merangsang nafsu makan tamu untuk menikmati sajian menu berikutnya.

Menu yang kedua adalah Chicken Mushroom Soup (Soup). Untuk menikmati sup yang lezat ini, Anda bisa menggunakan sendok sup yang tersedia di meja. Sedangkan menu utama (Main Course)-nya berupa Chicken Streak with Potato & Vegetables Sauce dan sebagai hidangan penutup (Dessert)-nya adalah Chocolate Cheese Cake.

Sementara itu, Dosen Pengajar Food & Beverage Service (FBS) Management Tristar Group R. Paulus W, Soetrisno M.Par mengatakan, acara Table Manner ini tempat yang dipilih mahasiswa Tristar Group Kelas Malam (mahasiswa ini rata-rata sudah bekerja) adalah hotel berbintang di luar Surabaya, sekalian untuk refreshing peserta.

Sebuah rangkaian acara yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Diharapkan pengalaman empiris ini kelak bisa dijadikan bekal mahasiswa –setelah mereka lulus kuliah tentunya-- untuk menerjuni dunia kerja di industri perhotelan. Amazing! Good jobs Bro & Sis...

Untuk informasi lebih lanjut terkait aktivitas mahasiswa Tristar Group, silakan datang ke Graha Tristar, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar