twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 15 Maret 2022

Aksi Ciamik Praktik Masak Continental Cuisines Bersama Chef Nadya Ratri di Graha Tristar


Mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi Sajikan Spanish Duck with Jambalaya & Pisto dan Lamb Navarin with Fettuccine Napolitan yang Tasty & Deliciously

 


DEMI mengejar pelaksanaan ujian praktik masak (final exam) yang dijadwalkan berlangsung pada akhir Maret 2022 ini, mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari diasuh Dosen Pengajar Culinary Art Chef Nadya Ratri Aryani, praktik masaknya tidak tiga resep, melainkan 5-6 resep, untuk setiap kali pertemuan.

 

Pada pertemuan hari ketiga, Rabu (09/03/2022) pagi, misalnya, dua kelompok mahasiswa (masing-masing beranggotakan 5-6 orang per kelompok), diminta Chef Nadya masak lima menu Continental Cuisines (Western Food) yang tasty & deliciously ala sajian makanan di sebuah hotel berbintang.

 

Kelompok 1 yang dimotori Bella Salwa, misalnya, kebagian tugas masak Spanish Duck with Jambalaya & Pisto, sedangkan Kelompok 2 yang diketuai Karimah all out masak Lamb Navarin with Fettuccine Napolitan, dengan tampilan yang cantik dan menarik sesuai standar industri perhotelan.

 

Untuk memudahkan pekerjaan di Kitchen Culinary 2 Lantai 3 Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, dua kelompok itu harus berjibaku sejak prepare bahan masakan, memroses memasak hingga mem-plating hasil masakan tersebut. Selanjutnya hasil kreasi masakan itu dievaluasi oleh dosen pembimbing. Selama bekerja di kitchen, durasi masak menu makanan Continental Cuisines tersebut tidak lebih dari 90 menitan.

 

Mahasiswa yang tergabung dalam Tim 1, tampak asyik masak Spanish Duck with Jambalaya & Pisto, Bahan yang dibutuhkan untuk masak Spanish Duck, meliputi duck, olive oil, oniom, garlic, green peas, baconm red bellpepper, yellow bellpepper, tomato, parsley, salt & pepper. Untuk teknik masaknya sendiri menggunakan metode Braising.

 

Selain itu, mereka juga diminta menyiapkan Jambalaya yang bahannya meliputi bacon, onion, garlic, tomato fruit, tomato paste, thyme, rice, chicken stock, mussel, clean shrimp, sausages, red bellpepper, green bellpepper, tabasco, salt & pepper, Teknik masak Jambalaya ini pakai metode Sauteing & Steamming.

 

Sedangkan tahapan pekerjaan terakhir adalah membuat Pisto. Bahan yang dibutuhkan terdiri dari onion zucchini, tomato fruit, green bellpepper, paprika, thyme, bay leaf, egg, salt, pepper & sugar. Untuk membuat Pisto ini menggunakan metode Sauteing.

 

Aksi ciamik di kitchen juga ditunjukkan mahasiswa anggota Kelompok 2 yang dipimpin Karimah. Mereka antusias masak Lamb Navarin with Fettuccine Napolitan, salah satu masakan legendaris dari Negeri Spaghetti (Italia).

 

Untuk masak Lamb Navarin yang mengadopsi metode Sauteing & Stewwing, bahan masakan yang diperlukan adalah salad oil, lean of lamb meat, sugar, salt, pepper, flour, white stock, white wine, tomato concasse, carrot, leek, thyme, bay leaf, potato, carrot, turnip (radish) dan greenpeas.

 

Sedangkan bahan untuk masak Fettuccine Napolitan yang enak terdiri atas fettuccine pasta, dried chili, garlic, Italian basil dan tomato concasse. Teknik masak Fettuccine Napolitan ini menggunakan metode Sauteing.

 

”Setelah semua pekerjaan rampung, saatnya Anda mem-plating-nya agar lima menu masakan Continental Cuisines itu tampil elegan dan berkelas,” terang Chef Nadya Ratri Aryani, di sela-sela mendampingi anak didiknya masak di kitchen. Good jobs! Bro & Sis. Very nice

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar