twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 07 Maret 2022

Dari Keseruan Acara Cruise Cooking Practical with Chef di Grand Darmo Suite Hotel Surabaya


Chef Heru Atmadji Apresiasi Kerja Keras Mahasiswa Tristar Cruise A Class Masak Satu Set Menu untuk Lunch Buffet


PADA pekan pertama Februari 2022 lalu, tepatnya hari Selasa (08/02/2022) pagi, sebanyak 13-an mahasiswa Tristar Cruise A Class mendapat tantangan masak satu set menu untuk jamuan makan siang ala prasmanan (Lunch Buffet). Penugasan itu demi menyukseskan gelaran acara visit hotel bertajuk Cruise Cooking Practical with Chef Heru Atmadji, di kitchen Rama-Rama Café & Resto, Grand Darmo Suite Hotel Surabaya.


Kunjungan industri mahasiswa Tristar Cruise (member of Tristar Group) ke hotel bintang empat di bawah jaringan Hotel & Resort Amithya Group yang beroperasi di Jl. Progo No. 1-3 Surabaya tersebut, dititikberatkan pada kegiatan praktik masak empat menu lengkap untuk acara jamuan makan di hotel berbintang atau di atas kapal pesiar.


Rombongan mahasiswa Tristar Cruise A Class pagi itu di dampingi Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group R. Paulus W. Soetrisno M.Par., yang datang bersama kru dari Multimedia Tristar Group.


Sementara itu, agenda set up meja makan untuk acara jamuan makan siang ala prasmanan (Lunch Buffet), di-handle langsung oleh sejumlah kru hotel di bawah arahan langsung dari Cluster Manager Food & Beverage Service (FBS) Imanda Bagus.


Sebelum bekerja di kitchen Rama-Rama Café & Resto, mahasiswa Tristar Cruise A Class di-briefing lebih dulu oleh Chef Heru Atmadji. yang sehari-hari menjabat sebagai Executive Chef Grand Darmo Suite Hotel Surabaya.


13 mahasiswa Tristar Cruise A Class dibagi empat tim. Tim 1 (Yohana Rimba Gemintang dkk) kebagian tugas masak Crispy Lettuce with Grilled Fish Orange Dressing (Salad/Appetizer), sedangkan Tim 2 (Hafilludin Djokam cs) ditugasi Chef Heru membuat Chicken Asparagus & Corn Soup (Soup).


Selanjutnya Tim 3 (Ignatius Krisna Saputra Wibisono dkk) dipercaya masak Fried Rice, Potato Fried Garlic, Chicken Salted Egg dan Beef Blackpepper Sauce (Main Course), sedangkan Tim 4 (Faradila cs) mendapat tugas membuat Mille Fille with Vla dan Slice Fresh Fruits (Dessert)-nya.


”Masing-masing tim saya minta tampil all out selama 90 menit di kitchen hotel. Setiap anggota tim bisa berbagi tugas sesuai job desk dan tetap solid sebagai sebuah teamwork sejak prepare bahan masakan, lalu proses memasak berikut metodenya hingga mem-plating masakan tersebut,” kata Executive Chef Grand Darmo Suite itu.


Suasana di kitchen pagi itu tampak bergairah karena Chef Heru sejak awal sudah mengingatkan personel masing-masing tim untuk berbagi tugas sesuai job desk-nya mengingat durasi masak tersebut hanya dipatok 90 menit. Berarti komunikasi antaranggota tim harus benar-benar efektif dan efisien. ”Jadi tidak ada waktu untuk ngobrol sendiri saat kalian bekerja di kitchen,” tukasnya.


Untuk menjembatani keseruan aksi mahasiswa saat praktik masak di kitchen hotel, Chef Heru Atmadji juga menugaskan dua kru kitchen hotel, demi menyupervisi mahasiswa yang kebagian tugas membuat Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert agar kerja mereka betul-betul efektif dan efisien.


Profesionalitas masing-masing anggota tim pun dinilai, karena pihaknya ingin melihat siapa saja yang punya potensi sebagai calon leader dan siapa yang hanya bermain aman sebagai follower. Makanya setiap personel dalam satu tim harus punya integritas dan responsibilitas agar kinerja tim tersebut mendapat apresiasi.


”Kekompakan antarpersonel dalam satu tim maupun antartim yang bertugas di kitchen punya peranan penting demi suksesnya kerja di kitchen secara keseluruhan dalam sebuah organisasi Food & Beverage Product di hotel berbintang,” ujarnya.


Paparan Chef Heru Atmadji juga dibenarkan oleh Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group, R. Paulus W. Soetrisno. Teamwork yang solid saat mereka bekerja di kitchen hotel menjadi salah satu tolak ukur untuk menilai tingkat kepuasan pelanggan (customer satisfaction) yang saat itu pesan makanan di restoran hotel tersebut.


Setelah tampil all out di kitchen Rama-Rama Café & Resto selama 90 menit, sekarang giliran 13 mahasiswa itu menikmati hasil masakannya yang di-set up untuk jamuan makan siang ala prasmanan. Penampilan masakan yang disajikan, tekstur dan rasanya bisa saling dikritisi oleh anggota masing-masing tim.

Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Cruise (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar