twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 12 Maret 2022

Asyiknya Mahasiswa Pastry Art Class Belajar Pudding (Jelly) Art di Kitchen Graha Tristar


Chef Renny Persembahkan Kreasi Pudding Suntik Berhiaskan Pernak-Pernik Sambut Bulan Ramadhan 2022


DALAM gelaran demo menghias pudding dengan teknik suntik yang dihadiri tujuh orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, Rabu (09/03/2022) pagi, Chef Renny Savitri mempersembahkan kreasi pudding suntik (pudding inject) yang berhiaskan pernak-pernik kubah masjid, ketupat, bunga dan pohon kurma. Kreasi pudding suntik kekinian itu ditampilkan demi menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan, yang bertajuk Marhaban Yaa Ramadhan 2022.


”Saya sengaja mengangkat tema Marhaban Yaa Ramadhan 2022 karena sebentar lagi kaum muslimin sedunia termasuk di Indonesia, antusias menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang diikuti dengan ritual ibadah puasa selama sebulan penuh. Nah, pudding suntik ini cocok banget kalau dijadikan menu pelengkap untuk berbuka,” terang Chef Renny kepada kru www.sekolahmasak.info, di Kitchen Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, kemarin.


Di sela-sela mendemonstrasikan cara membuat dan menghias pudding dengan teknik suntik bagi pemula, pihaknya juga fokus menampilkan kreasi pudding suntik kekinian dengan hiasan pernak-pernik Ramadhan.


Untuk membuat pudding suntik yang berhiaskan pernak-pernik Ramadhan, dirinya juga melibatkan anak didiknya untuk masak pudding mulai jelly powder (terbuat dari rumput laut atau seaweed yang memiliki kadar serat pangan cukup tinggi, vitamin D dan Ca) sebagai base-nya.

 

Sementara itu pemakaian fruit acid berfungsi sebagai balanced color dan untuk background-nya sendiri bisa menggunakan Nutrijell ditambah agar-agar dan fresh milk serta peralatan teknis berupa satu set alat suntik untuk menghias pudding-nya.

 

Demi menyiapkan pudding base-nya (berwarna bening), setelah bahan membuat pudding base dipanaskan, kemudian pudding base itu dimasukkan ke dalam wadah persegi dari plastik transparan berukuran 20 x 30 x 5 cm3.

 

”Sedangkan untuk media belajar mahasiswa secara individual, juga saya siapkan sejumlah wadah berbentuk oval dari plastik transparan berukuran 5 x10 x 7 cm3. Hal ini memungkinkan setiap mahasiswa untuk belajar menghias pudding dengan teknik suntik,” cetus Chef Renny di dampingi asistennya, Muhammad Ilham Syahputra.

 

Masih menurut Chef Renny, untuk membuat kreasi Pudding (Jelly) Art atau yang biasa disebut Pudding Suntik (Pudding Inject), dengan alat suntik memang perlu ketrampilan khusus agar hasilnya eye catching. Tampilannya cantik, menarik dan berkelas saat dilihat.

 

Keseruan saat praktik menghias pudding base pun tak terelakkan, meskipun mereka tampil secara individu dengan disupervisi langsung oleh Chef Renny Savitri. Dengan telaten dirinya memberikan tips bagaimana teknik menghias pudding base dengan jarum suntik yang sudah dibengkokkan (melengkung) bagi pemula, bukan jarum suntik yang bentuknya masih lurus.

Good jobs! Chef. Very Nice



Anda tertarik menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group) dan ingin belajar Pudding (Jelly) Art, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar