twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 17 Maret 2022

Dari Keseruan Acara Cruise Cooking Practical with Chef di The Alana Surabaya Hotel Ketintang

 

 Semangat Mahasiswa Tristar Cruise B Class Belajar Sistem Kerja di Kitchen Hotel dan Praktik Masak Satu Set Menu untuk Fine Dining Dipuji Chef Susanto



KALI pertama The Alana Surabaya Hotel Jl Ketintang Baru No 10-12 Surabayakedatangan mahasiswa Tristar Cruise Class (member of Tristar Group) untuk belajar sistem dan cara kerja di hotel berbintang, sekaligus praktik masak satu set menu lengkap masakan Western Food mulai Appetizer hingga Dessert, demi menyukseskan acara jamuan makan siang ala Fine Dining.


Kegiatan mahasiswa bertajuk Cruise Cooking Practical with Chef Susanto yang dihelat di main kitchen The Alana Surabaya Hotels pada Senin (07/03/2022) pagi itu juga dihadiri perwakilan dari Tristar Group, yakni R. Paulus W. Soetrisno dan Imania Ayu Wulandari dengan di dampingi Food & Beverage Manager (FBM) The Alana Surabaya Hotel Adi Kikyo Fajar.


Untuk selanjutnya mahasiswa mengikuti pengarahan dari pihak hotel terkait pelaksanaan kegiatan Cruise Cooking Practical with Chef Susanto. Oleh Chef Susanto, 12 mahasiswa Tristar Cruise B Class itu dibagi dalam empat kelompok kerja, demi masak satu set menu Western Food, untuk jamuan makan siang ala Fine Dining.


Executive Chef The Alana Surabaya Hotel yang akrab disapa Chef Antok itu lalu menunjuk empat orang team leader untuk masing-masing kelompok kerja. Tim 1 (tiga personel), misalnya, mendapat tugas membuat Fruit & Vegetables Salsa Salad (Appetizer).


Sedangkan Tim 2 (tiga personel), kebagian job untuk masak Chicken Asparagus with Corn Soup (Soup) dan Tim 3 (tiga personel) diminta Chef Antok masak Chicken Steak with Mashed Potato & Vegetables with Mushroom Sauce (Main Course). Untuk menu penutup (Dessert)-nya sendiri yakni Mango Pudding Cake with Slice Fruit Garnish di-handle oleh Tim 4 (tiga personel).


”Masing-masing team leader punya wewenang mengatur ritme kerja di kitchen, turun langsung dan memberikan arahan anggotanya agar hasil kreasi masakannya nanti penampilan plating-nya betul-betul elegan, berkelas dan tentunya lezat juga cita rasanya,” terang Chef Susanto di dampingi Adi Kikyo Fajar, Food & Beverage Manager (FBM) The Alana Surabaya Hotel.


Dengan job desk seperti itu, maka setiap individu mahasiswa dihadapkan pada kondisi riil di lapangan bahwa sistem dan cara kerja di kitchen hotel itu butuh effort kerja yang tinggi, kebersamaan sebagai sebuah teamwork, kedisiplinan dan bisa membagi waktu serta memahami aspek hygiene & sanitation, mengingat yang dijual kepada tamu adalah makanan dan minuman.


Dalam hal ini manajemen waktu memegang peranan penting saat kalian bekerja di kitchen hotel berbintang. ”Seperti yang saat ini Anda kerjakan, kami hanya memberi batasan waktu masak mulai pukul 09.30 hingga 11.00, maka seluruh makanan mulai AppetizerSoupMain Course hingga Dessert-nya, sudah selesai di-plating dan siap dihidangkan kepada tamu,” tandas Chef Susanto.


Pihaknya juga minta masing-masing tim tampil all out selama 90 menit di kitchen hotel. Setiap anggota tim bisa berbagi tugas sesuai job desk dan tetap solid sebagai sebuah teamwork sejak prepare bahan masakan, lalu proses memasak berikut metodenya hingga mem-plating masakan tersebut.


Suasana di kitchen pagi itu tampak bergairah karena Chef Susanto sejak awal sudah mengingatkan personel masing-masing tim untuk berbagi tugas sesuai job desk-nya mengingat durasi masak tersebut hanya dipatok 90 menit. Berarti komunikasi antaranggota tim harus benar-benar efektif dan efisien.


Untuk menjembatani keseruan aksi mahasiswa saat praktik masak di kitchen hotel, Chef Susanto juga menugaskan empat kru kitchen hotel, demi menyupervisi mahasiswa yang kebagian tugas membuat Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert agar kerja mereka betul-betul terukur.


Sementara itu Kaprodi D3 Perhotelan Tristar Group, R. Paulus W. Soetrisno menambahkan, teamwork yang solid saat mereka bekerja di kitchen hotel menjadi salah satu tolak ukur untuk menilai tingkat kepuasan pelanggan (customer satisfaction) yang saat itu pesan makanan di restoran hotel berbintang tersebut.

Good jobs! Bro & Sis. Very very impressive


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Cruise (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar