twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 11 Maret 2022

Dari Keseruan Aksi Mahasiswa Belajar Teknik Pengolahan Sweet Bread Bersama Chef Mei


Kerennya Tampilan Fruit Cheese & Custard Bread, Mocha Bun, Bread Cake dan Sausages Mushroom Bread with Puff Kreasi Mahasiswa Pastry Art Class


PERTEMUAN hari ketiga materi Teknik Pengolahan Roti Manis (Sweet Bread) kekinian, Selasa (01/03/2022) pagi, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi kembali praktik membuat empat kreasi Roti Manis yakni Fruit Cheese & Custard Bread, Mocha Bun, Bread Cake dan Sausages Mushroom Bread with Puff yang keren tampilannya oleh Chef Dwi Mei Retnowati S.Si., di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Demi memudahkan pekerjaan di kitchen, delapan orang mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu diminta membuat Fruit Cheese & Custard Bread, Mocha Bun, Bread Cake dan Sausages Mushroom Bread with Puff sesuai job desk-nya masing-masing.


Dari empat resep Roti Manis yang diajarkan Chef Mei pada pertemuan hari ketiga itu, tiga resep Sweet Bread di antaranya berasa manis (sweet), yaitu Fruit Cheese & Custard Bread, Mocha Bun dan Bread Cake, sedangkan satu resep lagi, Sausages Mushroom Bread with Puff, berasa asin gurih (savoury).


Untuk membuat Bread Cake, misalnya, Kelompok 3 prepare bahan yang terdiri dari bread flour (Cakra Kembar), medium flour, yeast, bread improver, sugar, milk powder, salt, egg yolk, egg, water, butter dan margarine. Sedangkan untuk membuat adonan Cake-nya sendiri (adonan kedua), bahan yang digunakan adalah egg, sugar, cake emulsifier dan medium flour.


”Adonan pertama Bread-nya yang sudah kalis dimasukkan wadah persegi ukuran 10x10x20 cm3 (beratnya sekitar 200 gram), kemudian diberi filling berupa adonan Cake (adonan kedua),” ujar Chef Dwi Mei Retnowati kepada anak didiknya di Kelas A-1 Pagi.


Selanjutnya adonan Bread Cake itu di-proofer selama 60 menitan sampai mengembang dan permukaan atasnya diolesi dulu dengan campuran milk powder dan water, serta ditaburi black sesame seed sebagai topping-nya, barulah di-bake pada suhu 180*C selama 15-18 menitan.


”Jika proses pengovenan sudah selesai, lalu Bread Cake itu didiamkan sebentar barulah di-slice untuk di-plating dan di-garnish secantik dan semenarik mungkin. Profil Bread Cake yang sudah di-slice, bagian bawahnya terlihat warna pink (teksturnya lebih halus dan padat sebagai Cake-nya, sedangkan di bagian atasnya dengan tekstur lebih berongga dan cenderung agak kasar adalah Bread-nya,” terang Chef Mei.


”Selain mendampingi mahasiswa yang kebagian tugas membuat Bread Cake, saya juga mengawal mahasiswa lain yang mendapat tugas membuat Fruit Cheese & Custard Bread, Mocha Bun dan Sausages Mushroom Bread with Puff, sejak prepare bahan, proses mengolah hingga menyajikannya di meja display produk sesuai standar industri perhotelan,” terang Chef Dwi kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya.


Setiap kelompok beranggotakan dua orang (ada empat kelompok) berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Seusai mem-plating empoat kreasi Sweet Bread tersebut, maka hasil kreasi mahasiswa itu dinilai dan dikritisi oleh dosen pembimbing.


Selama empat kali tatap muka, Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit itu mengajarkan cara membuat 16 resep Roti Manis (Sweet Bread) yang cantik, menarik dan berkelas tampilannya.


Pada pertemuan hari pertama, Selasa (22/02/2022) lalu, misalnya, mahasiswa diajarkan cara membuat empat kreasi Roti Manis yakni Cinnamon Rolls Bread, Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread.


Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Rabu (23/02/2022) pagi, mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi kembali dibekali empat resep Roti Manis (Sweet Bread) yang lain, yakni Roti Sisir, Tuna Choux Cheese Bread, Vla Cocktail Bread dan Barliner (Bomboloni).


Sementara itu pada pertemuan hari terakhir, tepatnya pada Rabu (02/03/2022) Chef Mei mengajarkan teknik membuat empat resep Roti Manis yang berbeda dari sebelumnya, yakni Peanut Bread, Chocolate Almond Babka Bread, Mexico Rainbow Bun dan Smoke & Cheese Bread dengan tampilan kekinian.

Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar