twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 19 Maret 2022

Dari Kehebohan Ujian Tengah Semester (UTS) di Kitchen Food University Tristar Manyar


Mahasiswa Pastry Art Tristar Group Kelas A dan B Tampilkan 23 Kreasi Bread & Cakes Kekinian yang Keren

 

PADA gelaran Ujian Tengah Semester (UTS) yang dihelat pekan pertama bulan Maret 2022 lalu, 23 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria) Kelas A dan B, antusias mengikuti ujian praktik secara individual dengan mengangkat tema Bread Creation & Cake kekinian yang keren dan berkelas. Ujian praktik tersebut dihelat selama dua hari di Kitchen Modern Food University Indonesia, Kampus Tristar Manyar, Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya.

 

Pada exam hari pertama, Selasa (01/03/2022) pagi, ujian praktik secara individual tersebut diikuti 11 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A, sedangkan pada exam hari kedua, Rabu (02/03/2022) pagi, gliran 12 mahasiswa Pastry Art Kelas B yang tampil penuh semangat demi mempersembahkan kreasi Bread & Cakes terbaiknya.

 

Ujian praktik mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar tersebut berdurasi tiga jam, sejak prepare bahan roti dan kue, memprosesnya di kitchen hingga menampilkan hasil kreasi terbaik mereka di meja display yang sudah dihias cantik oleh mahasiswa bersama Dosen Pengajar Pastry Art Class Tristar Group, Chef Ita Suhervin dan Chef Vivi Liong.

 

Selama dua hari gelaran UTS atau midterm exam di Kitchen Modern Food University Indonesia, sebanyak 23 kreasi Bread & Cakes kekinian yang keren dipersembahkan oleh mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar. Setiap individu harus berjibaku di kitchen demi menampilkan kreasi terbaiknya di hadapan tim juri.

 

Sejumlah kreasi Bread & Cakes kekinian –baik yang berasa manis (sweet tasty) maupun yang rasanya gurih/asin (savoury taste)-- ditampilkan mahasiswa Pastry Art, di antaranya Red Velvet Oreo Uno Bread, Strawberry Toast Bread, Triple Cheese Bread, Matcha Struesset Bread, Avocadonut, Kiwi Cheese Bread, Curry Pita Bread, Chicken Bun Bread, Chicker Fomely Bread, Black & White Pizza Cone, Cake Lamington, Corn Cheese Cupcake dan Tropical Fruit Polo Bread.

 

 

Sebanyak 23 kreasi Bread & Cakes kekinian yang ditampilkan di meja display produk mendapat apresiasi dari tim juri, yang terdiri dari Chef Ita Suhervin dan Chef Vivi Liong. Pujian dari tim juri itu bukan sekadar basa-basi setelah melihat sendiri hasil kreasi anak didiknya usai mereka berjibaku di kitchen sejak pukul 09.00-12.00 WIB.

 

Menurut Dosen Pastry Art Tristar Group Chef Ita Suhervin, durasi ujian praktik secara individual itu dipatok sekitar tiga jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating aneka kreasi Bread & Cakes dengan tampilan kekinian tersebut. Dengan durasi waktu tiga jam, setiap peserta ujian harus pandai memanfaatkan waktu agar hasil pekerjaannya di kitchen bisa maksimal.

 

Hasil kreasi 23 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A dan B itu dinilai oleh tim juri yang terdiri tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa.  Selain itu, mahasiswa juga diminta tampil satu persatu untuk mempresentasikan hasil kreasinya di hadapan tim juri, mulai nama produk, bahan yang dibutuhkan, metode pembuatan hingga cara meng-garnish-nya.

 

”Penilaian tim juri tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Hasil penilaian ini layak Anda jadikan bekal demi menghadapi final exam bulan depan,” tambah Chef Vivi Liong, kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, baru-baru ini. Good jobs! Bro & Sis. Very very impressive. Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar