twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 08 Maret 2022

Aksi Mahasiswa Culinary Art Class Praktik Foodpreneur di Kitchen Modern Graha Tristar


Demi Sukseskan Program Foodpreneur, Chef Ardi Santoso Apresiasi Kerja Mahasiswa saat Ujicoba Masak Nasi Daun Jeruk dan Nasi Uduk Kekinian

 


DEMI menyukseskan program Foodpreneur bagi mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit, dua tim mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi ujicoba masak Nasi Daun Jeruk dan Nasi Uduk kekinian dengan disupervisi langsung oleh Chef Ardi Santoso, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, Senin (07/03/2022) pagi.

 

Selama praktik masak untuk menyukseskan program Foodpreneur tersebut, maka dua tim mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi itu harus berjibaku di Kitchen Modern 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya sejak pukul 09.00-12.00 WIB.

 

Program Foodpreneur bagi mahasiswa Culinary Art Class ini melengkapi jadwal praktik harian di kitchen yang sudah disusun pihak Akademik. Sehingga, mahasiswa –dalam satu kelompok kerja beranggotakan enam orang setiap timnya-- punya kesempatan langsung untuk belajar berwirausaha di bidang kuliner dengan harga terjangkau.

 

Selain mahasiswa Culinary Art Class, program Foodpreneur ini juga menyentuh mahasiswa Pastry Art Class, sehingga mereka pun sudah prepare bersama dosen pembimbing untuk menyiapkan produk pastry yang ditawarkan melalui layanan online system (open PO) maupun Direct Sales.

 

Sebelum program Foodpreneur itu langsung bisa running mulai pekan ini, mahasiswa juga sudah dibekali ilmu akuntansi sederhana, terutama Food Cost yakni cara menghitung biaya produksi, tenaga kerja, air, listrik dan elpiji (LPG) hingga cara menentukan harga jual produk secara retail (eceran) ke konsumen agar usaha kuliner itu meraup untung.

 

Di Kitchen Modern 1 Lantai 3 Graha Tristar, pagi itu, Chef Ardi tampak mendampingi dua tim sejak prepare bahan masakan demi membuat Nasi Daun Jeruk dan Nasi Uduk dengan tampilan kekinian, proses memasaknya, lalu mem-plating hingga mengemasnya dalam packaging khusus yang menarik agar pelaksanaan program Foodpreneur tersebut berjalan sesuai ekspektasi.


 

Tim A yang dimotori Juanito Dio Rafael bersama lima personel lainnya berjibaku di kitchen demi masak Nasi Daun Jeruk. Setiap kemasan Nasi Daun Jeruk itu isinya meliputi Nasi Daun Jeruk, Ayam Ungkep, Kering Tempe, Cah Kangkung, Sambal Matah. Harganya dibandrol sekitar Rp 30.000-an per pack.

 

 

Sedangkan enam anggota Tim B yang dipimpin Kenneth Jeconiah Chinlandra, asyik masak Nasi Uduk dengan tampilan kekinian. Setiap kemasan Nasi Uduk isinya terdiri dari Nasi Uduk, Ayam Lombok Ijo, Kering Tempe, Sambal Goreng Kentang, Mie Goreng, Tumis Buncis dan Sambal Terasi.

 

”Harga Nasi Uduk tersebut kami patok sekitar Rp 24.000 per pack-nya,” kata Kenneth di sela-sela kesibukannya ujicoba masak menu Nasi Uduk berikut pernak-perniknya untuk menyukseskan program Foodpreneur di Kitchen Modern 1 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, kemarin.

 

”Selama membuat Nasi Daun Jeruk maupun Nasi Uduk dengan tampilan kekinian, setiap tim harus bahu membahu saat bekerja di kitchen mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB,” ujar Juanito, leader dari Tim A, menambahkan.

 

Setelah semua pekerjaan di kitchen rampung, sekarang giliran Chef Ardi Santoso yang mengkritisi dan mengapresiasi hasil masakan yang sudah di-plating oleh kedua tim, dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur maupun cita rasanya, sesuai standar industri perhotelan.

 

Mengingat program ini untuk tujuan komersial, maka kemasan produknya pun harus dibuat sedemikian rupa supaya tampil cantik dan menarik, harganya reasonable (tidak kelewat mahal, namun juga tidak murahan) dan yang tidak kalah hebohnya adalah jaminan rasa yang maknyusss! agar produk itu laku di pasaran. Good jobs! Bro & Sis. Very nice

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar