twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 11 Maret 2022

Dari Kehebohan Aksi Mahasiswa Belajar Teknik Pengolahan Sweet Bread Bersama Chef Upi


Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi Tampilkan Cinnamon Rolls Bread, Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread


MAHASISWA Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, pada pertemuan hari pertama diajarkan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang Teknik Pengolahan Roti Manis (Sweet Bread), sekaligus praktik membuat empat kreasi Roti Manis, yakni Cinnamon Rolls Bread, Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread oleh Chef Sari Palupi, di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (22/02/2022) lalu.


Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, enam orang mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu diminta Chef Upi, sapaan akrabnya, membuat Cinnamon Rolls Bread, Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread sesuai job desk-nya masing-masing.


Setiap individu mahasiswa berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya seusai mem-plating Sweet Bread tersebut, maka hasil kreasi mahasiswa itu dinilai dan dikritisi oleh dosen pembimbing.


Dari empat resep Roti Manis yang diajarkan Chef Sari Palupi pada tatap muka hari pertama, ternyata resep tidak semuanya berasa manis (sweet). Dua resep yang berasa asin gurih (savoury) itu adalah Beef Bread dan Chicken Curry Bread.


Untuk membuat Chicken Curry Bread, misalnya, maka Langkah pertama adalah menyiapkan Bread Dough 1. Bahan yang dibutuhkan adalah fresh milk dan komachi flour.


Sedangkan langkah kedua prepare untuk membuat Bread Dough 2, yang bahannya meliputi Komachi flour, yeast, sugar, milk powder, salt, egg yolk, salted butter (anchor/orchid), whipped cream Anchor dan ice cube.


Sementara itu untuk membuat filling-nya, maka bahan yang diperlukan terdiri atas breast chicken fillet (di-boil dan disuwir), potato (small dice), onion, garlic, curry powder, vegetable oil dan parsley chop.


”Selanjutnya untuk washing the surface, bahan yang dibutuhkan berupa milk powder dan water. Untuk topping-nya sendiri ditaburi sesame seed dan pandan leaf,” ujar Chef Sari Palupi kepada anak didiknya.


Adonan setengah jadi Chicken Curry Bread @ 45 gram lalu dibentuk, diberi filling dan ditaburi topping, kemudian di-proofer lebih dulu selama 60 menit, selanjutnya di-bake dalam mesin pengovenan selama 12-15 menitan pada suhu 180*C.


”Selain mendampingi mahasiswa yang kebagian tugas membuat Chicken Curry Bread, saya juga mengawal mahasiswa lain yang kebagian tugas membuat Cinnamon Rolls Bread, Nut Tea Ring Bread dan Beef Bread, sejak prepare bahan, proses mengolah hingga menyajikannya di meja display produk sesuai standar industri perhotelan,” ujar Chef Upi kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.


Selama empat kali pertemuan, Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit itu mengajarkan cara membuat 16 resep Roti Manis (Sweet Bread) yang superkeren. Pertemuan hari pertama, mahasiswa diajarkan cara membuat empat kreasi Roti Manis yakni Cinnamon Rolls Bread, Nut Tea Ring Bread, Beef Bread dan Chicken Curry Bread.


Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Rabu (23/02/2022) pagi, mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi kembali dibekali empat resep Roti Manis (Sweet Bread) yang lain, yakni Roti Sisir, Tuna Choux Cheese Bread, Vla Cocktail Bread dan Barliner (Bomboloni).


Sementara itu pada pertemuan pekan berikutnya, tepatnya pada Selasa (01/03/2022) dan Rabu (02/03/2022), mahasiswa kembali diajarkan teknik membuat delapan resep Roti Manis yang berbeda dari sebelumnya, yakni Fruit Cheese & Custard Bread, Mocha Bun, Bread Cake, Sausages Mushroom Bread with Puff, Peanut Bread, Chocolate Almond Babka Bread, Mexico Rainbow Bun dan Smoke & Cheese Bread.

Good jobs! Bro & Sis. Very impressive


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar