twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 08 Maret 2022

Asyiknya Belajar Pudding (Jelly) Art Bersama Chef Dwi Mei Retnowati di Graha Tristar


Mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi Diajarkan Dasar-Dasar Cara Hias Pudding dengan Teknik Suntik


DEMI mengisi gelaran acara Baking Demo di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (07.03/2022) pagi, Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Chef Dwi Mei Retnowati, berbagi ilmu cara menghias pudding dengan teknik suntik bersama delapan orang mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi.


Untuk membuat kreasi Pudding (Jelly) Art atau yang biasa disebut Pudding Suntik (Pudding Inject), dengan alat suntik perlu ketrampilan khusus agar hasilnya eye catching. Tampilannya cantik dan menarik saat dilihat.

 

”Teknik seperti ini baru dikenalkan kepada mahasiswa Pastry Art Class yang mengikuti materi praktik Pastry Art dengan sub materi-nya sendiri adalah belajar Pudding (Jelly) Art. Sedangkan sub materi yang diajarkan sebelumnya adalah praktik membuat Sweet Bread,” kata Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Senin (07/03/2022) siang.

 

Menurut Chef Mei, Untuk belajar Pudding Inject, yang wajib disiapkan mahasiswa adalah bahan untuk masak pudding mulai jelly powder (terbuat dari rumput laut atau seaweed yang memiliki kadar serat pangan cukup tinggi, vitamin D dan Ca) sebagai base-nya.

 

Sementara itu pemakaian fruit acid berfungsi sebagai balanced color dan untuk background-nya sendiri bisa menggunakan Nutrijell ditambah agar-agar dan fresh milk serta peralatan teknis berupa satu set alat suntik untuk menghias pudding-nya.

 

Demi menyiapkan pudding base-nya (berwarna bening), setelah bahan membuat pudding base dipanaskan, kemudian pudding base itu dimasukkan ke dalam wadah plastik transparan berukuran 5 x 10 cm2 atau bisa juga memakai wadah plastik yang ukurannya 6 x 12 cm2. Bisa juga mamanfatkan wadah plastik transparan berdiameter 10 cm dengan tinggi 15-20 cm.

 

Keseruan saat praktik menghias pudding base pun tak terelakkan, meskipun mereka tampil secara individu dengan disupervisi langsung oleh Chef Mei. Dengan telaten Dosen Pengajar Pastry Art Class ini memberikan tips bagaimana teknik menghias pudding base dengan jarum suntik yang sudah dibengkokkan (melengkung) bagi pemula, bukan jarum suntik yang bentuknya masih lurus.

 

Menurut informasi teraktual dari pelaku industri perhotelan, penyajian aneka kreasi pudding kekinian belakangan ini semakin tumbuh pesat. Dalam sebuah acara jamuan makan resmi (fine dining) yang dikemas ala table manner, misalnya, aneka kreasi pudding biasanya disajikan sebagai menu makanan penutup (Dessert) di hotel-hotel berbintang dan restoran yang buka layanan ala buffet.

 

”Sedangkan menu makanan pembukanya berupa Bread & Butter (BB), Salad (Appetizer), kemudian disajikan menu aneka olahan Soup. Sementara itu menu utamanya (Main Course) bisa nasi atau kentang dengan lauk pauknya berupa daging ayam atau daging sapi,” ujar Chef Mei, sapaan akrabnya.

 

”Makanya kami juga merespons trend tersebut dengan membekali mahasiswa Pastry Art Class belajar Pudding (Jelly) Art atau yang biasa disebut Pudding Suntik (Pudding Inject). Tak hanya mahasiswa, kami juga membuka pelatihan Pudding Art bagi masyarakat umum baik perorangan maupun kelompok,” pungkas Chef Mei. Good jobs! Chef. Very Impressive


Anda tertarik menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group) dan ingin belajar Pudding (Jelly) Art, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar