twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 10 Maret 2022

Aksi Mahasiswa Culinary Art Class Praktik Foodpreneur di Kitchen Modern Graha Tristar


Chef Nadya Berikan Sentuhan Akhir atas Hasil Ujicoba Masak Nasi Uduk Toempeng dan Nasi Ayam Betutu Komplet demi Sukseskan Program Foodpreneur

 


DOSEN Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, Chef Nadya Ratri Aryani memberikan sentuhan akhir atas hasil ujicoba masak Nasi Uduk Toempeng dan Nasi Ayam Betutu Komplet, persembahan dari dua tim mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi, seusai dipresentasikan di hadapan dosen pembimbing di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (07/03/2022) pagi.

 

Finishing touch yang saya maksud di sini agar komposisi kandungan gizi dari unsur energi, karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan kandungan mineral esensial yang terkandung di dalam satu paket makanan yang dijual tersebut betul-betul memenuhi kandungan gizi untuk porsi makan siang orang dewasa,” kata dosen cantik dengan hijab di kepala tersebut.

 

Chef Nadya melihat Nasi Uduk Toempeng yang dibuat Tim A (Bella Salwa dkk), porsi nasi uduknya tampak kebanyakan (lebih dari 200 gram), sedangkan sayur dan lauk pauknya terlihat masih kurang. Oleh karena itu dalam mem-plating-nya nanti sebaiknya disempurnakan lagi agar tampilannya semakin menarik dan proporsional jika harga Nasi Uduk Toempeng itu dibandrol Rp 18.000 per package-nya.

 

Tidak hanya hasil masakan Tim A yang dikritisi oleh Chef Nadya, kreasi masakan Tim B (Nicholas cs), Nasi Ayam Betutu Komplet yang dijual dengan harga Rp 25.000 per package-nya, juga tidak luput dari atensi Dosen Pengajar Culinary Art Class tersebut.

 

”Saya lihat sajian Nasi Ayam Betutu Komplet, sudah oke kompisisinya, Namun yang masih mengganjal adalah porsi nasi wanginya yang kurang (tidak lebih dari 100 gram). Untuk sajian menu makan siang seseorang nasi segitu masih kurang kecuali bagi mereka yang ikut program diet karbohidrat,” tandas Chef Nadya di hadapan anak didiknya, Senin (07/03/2022) siang.

 

Selain itu Chef Nadya juga mengapresiasi semangat dan soliditas masing-masing tim selama bekerja di kitchen demi menyukseskan program Foodpreneur tersebut, setelah enam anggota Tim A maupun enam personel dari Tim B berjibaku di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya sejak pukul 09.00-12.00 WIB.

 

Chef Nadya tampak mendampingi dua tim sejak prepare bahan masakan demi membuat Nasi Uduk Toempeng dan Nasi Ayam Betutu Komplet, proses memasaknya, lalu mem-plating hingga mengemasnya dalam packaging khusus yang menarik agar pelaksanaan program Foodpreneur tersebut berjalan sesuai ekspektasi.

 

Tim A yang dimotori Bella Salwa bersama lima personel lainnya berjibaku di kitchen demi masak Nasi Uduk Toempeng. Setiap kemasan Nasi Uduk Toempeng itu isinya meliputi Nasi Daun Jeruk, Ayam Suwir Bumbu Rukak, Kering Tempe, Telur Dadar Suwir dan Sambal Terasi. Harganya dibandrol sekitar Rp 18.000 per package.

 

Sedangkan enam anggota Tim B yang dipimpin Nicholas, antusias masak Nasi Ayam Betutu Komplet dengan tampilan kekinian. Setiap kemasan Nasi Ayam Betutu Komplet isinya terdiri dari Nasi Wangi, Ayam Betutu, Sate Lilit, Plecing Kangkung dan Sambal Matah.

 

”Harga Nasi Ayam Betutu Komplet tersebut kami patok sekitar Rp 25.000 per package-nya,” kata Nikcholas di sela-sela kesibukannya ujicoba masak menu Nasi Ayam Betutu Komplet demi menyukseskan program Foodpreneur di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, kemarin.

 

”Selama membuat Nasi Uduk Toempeng maupun Nasi Ayam Betutu Komplet dengan tampilan kekinian, setiap tim harus bahu membahu saat bekerja di kitchen mulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB,” ujar Bella Salwa, leader dari Tim A, menambahkan.

 

Untuk pemasarannya baik Tim A maupun Tim B menawarkan sistem penjualan online dengan cara open Pre-Order (PO) lebih dulu baru pesanan dikirim. Selain itu, pihaknya juga sepakat untuk melakukan penjualan secara langsung (Direct Selling) ke konsumen agar target penjualan minimal 35 paket bisa tercapai dan sukses meraih nilai A.

 

Program Foodpreneur bagi mahasiswa Culinary Art Class ini melengkapi jadwal praktik harian di kitchen yang sudah disusun pihak Akademik. Sehingga, mahasiswa –dalam satu kelompok kerja beranggotakan enam orang setiap timnya-- punya kesempatan langsung untuk belajar berwirausaha di bidang kuliner dengan harga terjangkau.

 

Sebelum program Foodpreneur itu langsung bisa running mulai pekan ini, mahasiswa juga sudah dibekali ilmu akuntansi sederhana, terutama Food Cost yakni cara menghitung biaya produksi, tenaga kerja, air, listrik dan elpiji (LPG) hingga cara menentukan harga jual produk secara retail (eceran) ke konsumen agar usaha kuliner itu meraup untung. Good jobs! Bro & Sis. Very impressive …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar