twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 10 Februari 2022

Aksi Ciamik Mahasiswa Pastry Art Buat Kreasi Enriched Bread Bersama Chef Renny Savitri


Kerennya Montecristo Roll Bread, Sweet Corn & Cheese Bread, Cream Cheese Garlic Bread dan Kaiser Chocolate Roll Bread Kreasi Mahasiswa

 

PADA tatap muka hari kedua, Selasa (08/02/2022) pagi, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari dibimbing Chef Renny Savitri, kembali tampil untuk berbagi ilmu cara membuat empat kreasi Enriched Bread yang keren, yakni Montecristo Roll Bread, Sweet Corn & Cheese Bread, Cream Cheese Garlic Bread dan Kaiser Chocolate Roll Bread, di Kitchen Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar, Jl. Raya Jemursarj No. 244 Surabaya.


Demi memudahkan pekerjaan selama praktik hari kedua, Selasa (08/02/2022), delapan mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu dibagi dalam empat kelompok kerja, masing-masing beranggotakan dua orang. Setiap kelompok kebagian membuat satu resep, yakni Montecristo Roll Bread, Sweet Corn & Cheese Bread, Cream Cheese Garlic Bread dan Kaiser Chocolate Roll Bread di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya.

Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh masing-masing kelompok saat mereka praktik membuat Montecristo Roll Bread, Sweet Corn & Cheese Bread, Cream Cheese Garlic Bread dan Kaiser Chocolate Roll Bread sesuai job desk-nya masing-masing dengan disupervisi langsung oleh Chef Renny, sapaan akrabnya.


Untuk membuat Montecristo Roll Bread kekinian ala Cake Shop di Pusat Kota Surabaya, misalnya, bahan yang dibutuhkan antara lain bread flour (cakra kembar), medium flour, yeast, sugar, egg, milk powder, salt, cold water dan shortening.


Adonan yang sudah kalis lalu ditimbang beratnya 500 gram. Selanjutnya dimasukkan cetakan roti tawar (bread) dari aluminium berdimensi 10x20x10 cm3 sebanyak dua pieces. Adonan dalam cetakan roti itu kemudian di-proofer lebih dulu selama 60 menitan, barulah di-bake pada suhu 180*C sekitar 30-35 menit agar matang sempurna.


Sedangkan untuk membuat filling-nya, maka bahan yang dibutuhkan adalah smoke beef, cheese slice melt, egg dan bread crumb. Setelah roti itu diberi filling dan ditaburi bread crumb, selanjutnya Montecristo Roll Bread tadi digoreng pakai cooking oil.


Setelah proses penggorengan selesai yang terlihat warnanya kecolatan tanda sudah matang, maka Montecristo Roll Bread tersebut lalu kami plating dan garnish agar tampilannya semakin cantik, menarik dan berkelas,” kata Wahyu Dewi S., bersama tandemnya, Amanda Caroline, mahasiswa Pastry Art Class.


Sementara itu tiga kelompok kerja yang lainnya juga tampil penuh semangat di Kitchen Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar, demi membuat Sweet Corn & Cheese Bread, Cream Cheese Garlic Bread dan Kaiser Chocolate Roll Bread sesuai job desk-nya masing-masing hingga mem-plating dan meng-garnish kreasi bread itu secantik dan semenarik mungkin.


”Oleh karena itu setiap kelompok pun berupaya tampil impressive di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan dan layak jual tentunya,” terang Chef Renny di ruang kerjanya.


Pada pertemuan hari pertama, Rabu (02/02/2022), pekan lalu, Chef Renny Savitri berbagi ilmu Teknik Pengolahan Enriched Bread dengan membuat empat resep roti dengan tampilan kekinian, yakni Burger Bun, Cheese Milky Toast Bread Open Top, Crocodile Bread dan Floss Bread.


Sementara itu pada pertemuan hari terakhir, Rabu (09/02/2022) pagi, Chef Renny kembali berbagi ilmu dengan anak didiknya praktik membuat empat resep roti yang berbeda dari sebelumnya, yakni Hot Dog Bun, Cornet Beef Roll Bread, Cheese Smoke Pillow Bread dan Red Bean Bread.


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar