twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 14 Februari 2022

Hebohnya Mahasiswa Praktik Masak Asian Cuisines di Kitchen Modern Graha Tristar


Tiga Makanan Legendaris Singaporean Chili Crabs, Lasagna dan Singaporean Satay yang Lezat, Persembahan Mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi

 


KELEZATAN tiga menu makanan legendaris dari Negeri Singa, yakni Singaporean Chili Crabs, Lasagna atau Laksa (Soup ala Singapura) dan Singaporean Satay dipersembahkan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, usai praktik masak Asian Cuisines di Kitchen Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (08/02/2022), pekan lalu.

 

Tampilan nan memikat dari ketiga menu masakan khas dari Singapura yang disajikan di meja display produk itu langsung mendapat apresiasi dari Chef Nadya Ratri Aryani, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, setelah anak didiknya berjibaku selama 1,5 jam di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

”Tampilan keren tiga masakan legendaris dari Singapura ini melebihi ekspektasi saya setelah mahasiswa itu saya beri tantangan untuk menampilkan masakan yang teksturnya lembut dan lezat rasanya. Selain itu saya juga menilai kreativitas mahasiswa saat mem-plating hasil masakan itu agar tampilannya terlihat berkelas ala makanan yang dihidangkan di restoran terkenal di Surabaya,” ujar Chef Nadya, sapaannya.

 

Praktik masak tiga menu masakan Singaporean Food pada Selasa (08/02/2022) pagi itu merupakan pertemuan hari keenam. Chef Nadya hanya minta anak didiknya untuk fokus Singaporean Chili Crabs, Lasagna atau Laksa (Soup ala Singapura) dan Singaporean Satay (Sate Kelapa khas Singapura) sesuai job desk-nya masing-masing. Durasi masaknya pun dibatasi tidak lebih dari 1,5 jam atau sekitar 90 menitan.

 

Demi memudahkan pekerjaan di hot kitchen saat membuat tiga menu masakan Singaporean Food, 12 mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi utu dibagi menjadi tiga tim kecil, masing-masing beranggotakan empat orang. Tim 1 (Bella Salwa dkk.) masak Singaporean Chili Crabs yang superlezat, di Kitchen Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk masak Singaporean Chili Crabs adalah crabs, celery, garlic, green bell pepper, onion, white egg, tomato sauce, salt, vitsin, chili sauce, sugar, candlenut, red chili, oyster sauce, oil dan (crabs) stock. Untuk masak Singaporean Chili Crabs menggunakan teknik Fried & Stir-fry Method.

 

Sedangkan Tim 2 (Wina dkk.) kebagian job untuk masak Lasagna atau Laksa (Soup ala Singapura) yang gurih dan segar rasa kuahnya. Bahan yang diperlukan untuk masak Soup ala Singapura dengan teknik Stewwing Method ini meliputi shallot, garlic, ginger, candlenut, galangal, turmeric, dried shrimp, lemon grass, bean sprout, chicken breast, bean curd, egg noodles dan chick stock.

 

Sementara itu Tim 3 (Karimah dkk.) harus berjibaku di kitchen demi membuat Singaporean Satay, sate (ayam) dengan balutan bumbu kuning berupa parutan kelapa khas Negeri Singa. Untuk masak sate khas Singapura ini menggunakan teknik Grilling Method. Bahan yang perlu disiapkan sebelum meng-grilled sate tersebut terdiri dari chicken breast, garlic, turmeric, coriander seed, curry powder, red chili, sugar, grated coconut dan bamboo skewer.

 

Berkat soliditas dan kekompakan masing-masing tim, maka pekerjaan di kitchen demi masak tiga menu masakan khas Singapura, bisa dituntaskan tepat waktu, sejak prepare bahan, memproses masakan hingga menyajikannya di meja display hasil masakan mahasiswa tersebut. Amazing! Banget. Good jobs Bro & Sis

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar