twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 09 Januari 2023

Dari Kehebohan Final Exam Mahasiswa Pastry Art Class di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Wow! Kerennya Aneka Kreasi Bread Kekinian yang Ditampilkan Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi


PADA perhelatan final exam hari pertama dan kedua yang dilaksanakan Rabu (14/12/2022) dan Kamis (15/12/2022) lalu, giliran 12 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang sehari-hari dibimbing Chef Dwi Mei Retnowati (Chef Lusi F. Noor), tampil percaya diri demi mempersembahkan aneka kreasi Bread kekinian yang keren tampilannya, di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Dalam ujian praktik masak individual yang bertema Bread Creations for Christmas Party 2022 tersebut, masing-masing peserta harus bekerja all out di cold kitchen kampus demi menampilkan kreasi Bread terbaiknya di hadapan tim juri, yang terdiri dari Chef Renny Savitri, Chef Sari Palupi dan Chef Nadya Ratri Aryani.

 

Enam mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi bekerja di cold kitchen pada final exam hari pertama, Rabu (14/12/2022) lalu. Mereka adalah Moh. Ichwan tampil percaya diri saat membuat Burguette. Selanjutnya Maria Violeta T., fokus membikin Braid Bread Ragout, sedangkan Talitha Carissa P., asyik membuat Chicken Mix Beef Bolognaise Conch yang gurih.

 

Giliran yang tampil berikutnya adalah Naomi Chrisanta F., yang pagi itu tampak antusias demi bikin Chicken Tacos, sedangkan Dimas Andriyan membuat Sakura Bread dan Mario Joseph membikin Soft Baguette ala hotel berbintang.

 

Sementara itu pada final exam hari kedua, Kamis (15/12/2022) pagi, juga dihadiri enam mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi. Mahasiswa tersebut adalah Fitri Febrina Istiqomah menampilkan Funtastic Pizza, lalu Hizkia Dwi Firmansyah mempersembahkan Totoro Bread. Sedangkan Fransisca Nathalia asyik membuat Creamy Chicken Soup in Baguette Bowl yang keren.

 

Selanjutnya yang tampil di cold kitchen adalah Gilbert Justin Yang. Mahasiswa ini bikin Sozai Pan & Chicken Bolognese yang gurih, sedangkan Irfan Mufid dan Hayyu Azizah antusias membuat kreasi Apple Rose Puff Pastry (di luar kreasi bread) dan Baguette Steak & Sandwich Cheese yang cantik dan berkelas.


Sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa dalam final exam hari pertama dan hari kedua itu itu ditampilkan di hadapan tim juri, masing-masing peserta juga wajib mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar kreasi Bread tersebut tampil sekeren mungkin layaknya tampilan produk pastry yang disajikan di restoran ternama dan hotel-hotel berbintang di Surabaya.

 

Durasi masak di cold kitchen mulai dari prepare bahan roti dan kue, memprosesnya lalu menyajikannya di meja display produk tidak lebih dari tiga jam. Dengan demikian masing-masing peserta ujian praktik masak tersebut harus pandai mengatur waktu saat bekerja di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya.

 

Selanjutnya hasil kreasi Bread mahasiswa Pastry Art Class itu dinilai oleh tim juri yakni Chef Renny Savitri, Chef Sari Palupi dan Chef Nadya Ratri Aryani. Setidaknya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Chef Lusi F. Noor mengatakan, ujian praktik pastry yang berlangsung dua hari itu diikuti 12 mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 pagi. Final exam tersebut mengangkat tema Bread Creations for Christmas Party 2022. Tak salah jika dalam penyajiannya di meja display produk, mahasiswa juga menghias meja dengan pernak pernik cantik bernuansa Christmas Day’s.

 

Setiap peserta ujian untuk menampilkan 12 kreasi Bread kekinian yang bercitasa manis (sweet taste) dan gurih/asin (savoury taste) dengan tampilan cantik, menarik dan berkelas. Ujian praktik pastry itu juga bertujuan untuk melihat sejauh mana atensi mahasiswa, Pastrry Art Class, setelah mereka diajarkan cara membuat aneka kreasi Bread tersebut.

 

”Secara overall, dalam ujian praktik pastry kali ini, saya melihat masing-masing peserta ujian tampil percaya diri demi mempersembahkan kreasi bread terbaiknya,” tandas Chef Lusi F. Noor, seusai penjurian.Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar