twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 20 Januari 2023

Aksi Ciamik Mahasiswa Culinary Art Praktik Entrepreneur di Kitchen Modern Graha Tristar


Helat Cooking Demo for Entrepreneur, Chef Nadya Persembahkan Sushi Tempura with Tariyaki & Mentai Sauce

 

MENGAWALI perkuliahan pekan pertama Tahun Baru 2023, tepatnya pada Rabu (18/01/2023) pagi, Chef Nadya Ratri Aryani, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit menggelar Cooking Demo for Entrepreneur, demi membuat salah satu menu masakan legendaris Japanese Cuisines, yakni Sushi Tempura with Tariyaki & Mentai Sauce yang tasty & delicious.

 

Demo masak sekaligus duplikasi demi menyukseskan gelaran Program Entrepreneur tersebut, dihadiri 14-an mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi. Demo masak tersebut dihelat di Kitchen Modern 1 Lantai 3, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Usai menghelat Cooking Demo for Entrepreneur, sekarang giliran dua kelompok mahasiswa –masing-masing tim beranggotakan tujuh orang-- diminta menduplikasi menu masakan itu sesuai resep yang diberikan, lalu memproses di hot kitchen hingga mengemasnya dalam plastic box packaging yang keren seperti yang diajarkan Chef Nadya bersama koleganya Chef Fridolin Norbert Liem Schutzler, Dosen Baru Culinary Art Tristar Group.

 

Program Entrepreneur bagi mahasiswa Culinary Art Class ini melengkapi jadwal praktik harian di kitchen yang sudah disusun pihak Akademik. Sehingga, mahasiswa –dalam satu kelompok kerja beranggotakan tujuh orang setiap kelompoknya-- punya kesempatan langsung untuk belajar berwirausaha di bidang kuliner kekinian yang lezat dengan harga terjangkau.

 

Di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar, Rabu (18/01/2023) pagi, Chef Nadya Ratri Aryani bersama 14 orang anak didiknya tampil heboh demi menyiapkan Sushi Tempura with Tariyaki & Mentai Sauce dengan tampilan kekinian yang tasty & delicious rasanya.

 

Dalam setiap kemasan Sushi Tempura with Tariyaki & Mentai Sauce, isinya meliputi sushi tempura, tariyaki sauce dan mentai sauce, tomato slice dan lettuce. Berdasarkan kalkulasi sementara, lanjut Chef Nadya, harga jual Sushi Tempura with Teriyaki & Mentai Sauce untuk setiap paketnya berkisar antara Rp 25.000-35.000-an.

 

Setelah Chef Nadya menghelat demo masak Sushi Tempura with Tariyaki & Mentai Sauce, sekarang giliran dua kelompok mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi itu diminta menduplikasi kreasi masakan Japanese Cuisines tersebut dengan tampilan sekeren mungkin ala pelaku bisnis restoran terkenal di Surabaya.

 

Untuk membuat Sushi Tempura with Tariyaki & Mentai Sauce ala pelaku usaha Entrepreneur, maka ada beberapa tahapan pekerjaan yang mesti dijalani. Pekerjaan tahap pertama membuat Sushi Tempura. Bahannya terdiri dari rice dan white stick rice ditanak lebih dulu lalu ditambahkan vinegar, mirin dan salt. Sedangkan untuk filling-nya, maka bahan yang perlu disiapkan meliputi crab stick, kyuri (mentimun Jepang), carrot, avocado dan beberapa lembar nori.

 

Gulungan Sushi Tempura yang sudah jadi (kira-kira seukuran buah mentimun) lalu ditaburi bread crumb dan dicelupkan sampai merata dalam adonan telur lebih dulu sebelum digoreng sampai matang, Jika warna sudah kecoklatan, maka Sushi Tepura tersebut angkat dari tempat penggorengannya.

 

Sedangkan tahapan pekerjaan berikutnya adalah dua tim mahasiswa (Tim A dan Tim B) diminta membuat Tariyaki Sauce dan Mentai Sauce. Bahan untuk membuat Tariyaki Sauce terdiri dari onion, garlic, leek, ginger, tariyaki paste di-simmer dengan menambahkan water secukupnya ketika memasaknya.

 

Selanjutnya kedua tim itu juga diminta membuat Mentai Sauce yang good taste-nya sesuai resep dari Chef Nadya Ratri Aryani, Demi membuat Mentai Sauce yang sedap rasanya, maka bahan yang diperlukan meliputi kikkoman, mayonnaise, chili sauce, tobiko dan untuk coaling-nya bisa Anda tambahkan flour, panko dan water secukupnya saat memasaknya

 

”Untuk finishing-nya (tentunya etelah semua pekerjaan rampung), lalu saya mem-plating menu Sushi Tempura with Tariyaki & Mentai Sauce tersebut secantik dan semenarik mungkin agar tampilan semakin keren dan berkelas saat dikemas dalam plastic box,” ujar Chef Nadya di hadapan anak didiknya. Good jobs! Chef. Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar