twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 04 Januari 2023

Dari Keseruan Final Exam Mahasiswa Culinary Art Class di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Aneka Kreasi Menu Masakan Continental Cuisines yang Delicious Persembahan Mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi


PADA gelaran final exam hari pertama dan kedua yang dihelat Rabu (14/12/2022) dan Kamis (15/12/2022) lalu, 15 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang sehari-hari dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani, tampil all out demi mempersembahkan aneka kreasi menu masakan Continental Cuisines yang delicious dan keren tampilannya, di Kitchen Modern 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Dalam ujian praktik masak individual tersebut masing-masing peserta harus berjibaku di hot kitchen kampus demi menampilkan kreasi masakan terbaiknya di hadapan tim juri, yang terdiri dari Chef Thomas Denny, Chef Renny Savitri (Chef Ardi Santoso) dan Chef Nadya Ratri Aryani.

 

Delapan mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi bekerja di hot kitchen pada final exam hari pertama. Mereka adalah Devita A. Harman tampil percaya diri saat masak Chicken Sautee Chasseur with Mashed Potato. Selanjutnya Carissa Adelia fokus masak Pumpkin Soup with Toast Bread, sedangkan Steven Hadinata dan Verdian Jati Susila masing-masing membuat Beef Wrap Salad with 1000 Island Sauce dan Golden Seared Garlic Chicken with Sauteed Vegetable yang lezat.


Giliran yang tampil berikutnya adalah Bryan Justine yang pagi itu tampak antusias demi masak Aglio Olio with Amadeus, sedangkan Anastasia membuat Chicken Tricasse with Mashed Potato & Mix Vegetable, Agustinus Waradana Putra Nugraha masak Cream of Fresh Corn Soup with Toast Bread dan M. Farhan Fajri membikin Russian Salad.

 

Sementara itu pada final exam hari kedua dihadiri tujuh mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi. Mahasiswa tersebut adalah Alan Setiawan menampilkan Beef Steak with Mushroom Sauce, lalu Sabrina Dila Octavia mempersembahkan Fish & Chip. Sedangkan Theodore Povi Terru Keni dan Yuhda Sahara masing-masing membuat Swedish Meat Ball dan Steamed Schotel Macaroni with Bolognese Sauce yang sedap.


Selanjutnya yang tampil di hot kitchen adalah Mieke Estefani. Mahasiswa ini bikin Lemon Spicy Chicken with Sweet Potato & Broccoli, sedangkan Devi A.L dan Eksa Kresna Priyatama antusias membuat kreasi masakan Red Bean Soup with Farhan Kebab Skin dan Kebuli Rice with Grilled Chicken yang menggoda selera makan.

 

Sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa dalam final exam hari pertama dan hari kedua itu itu ditampilkan di hadapan tim juri, masing-masing peserta juga wajib mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar masakan tersebut tampil keren layaknya menu makanan yang biasa dihidangkan di restoran terkenal dan hotel-hotel berbintang di Surabaya.

 

Durasi masak dari prepare bahan masakan, memprosesnya di hot kitchen lalu menyajikannya di meja display produk dibatasi tidak lebih dari 90 menit. Dengan demikian masing-masing peserta ujian praktik masak tersebut harus pandai mengatur waktu saat bekerja di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Selanjutnya hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yakni Chef Thomas Denny, Chef Ardi Santoso dan Chef Nadya Ratri Aryani. Setidaknya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Chef Nadya mengatakan, ujian praktik masak kali ini 15 mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 pagi kompak untuk menampilkan kreasi masakan Continental Cuisines yang citarasanya delicious. ”Dalam ujian praktik masak kali ini, saya melihat mahasiswa kompak mengangkat masakan Continental Cuisines yang tasty & delicious,” ujarnya setelah penjurian.

 

Masih menurut Chef Nadya, ujian praktik masak itu sendiri bertujuan untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka diajarkan teknik masak aneka menu masakan tersebut. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar