twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 24 Januari 2023

Mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit All Out Sukseskan Program Entrepreneur 2023


Chef Renny Tampilkan Mini Pizza & Banana Bread pada Gelaran Baking Demo for Entrepreneur & Duplication di Kitchen Patissarie Graha Tristar

 

 

PROGRAM Entrepreneur bergulir kembali usai liburan Natal dan Tahun Baru 2023. Sekitar 10-an orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi tampil percaya diri, demi menyukseskan acara Baking Demo for Entrepreneur & Duplication bersama Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Chef Renny Savitri. Baking demo membuat Mini Pizza & Banana Bread itu dihelat di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (18/01/2023) pagi.

 

Menurut Chef Renny, memasuki pekan pertama perkuliahan, tepatnya mulai pertengahan Januari 2023, mahasiswa Pastry Art Class langsung di-push demi mengaplikasikan program Entrepreneur. Program tersebut bertujuan untuk mencetak mahasiswa sebagai calon pebisnis kuliner yang andal dan profesional.

 

Untuk menjadi seorang entrepreneur yang andal, mahasiswa juga diajarkan cara menghitung biaya produksi, menetapkan harga jual produk, membuat produk pastry sesuai standar industri, membuat proposal berupa business plan, sosialisasi proposal dan mempresentasikannya di hadapan dosen pembimbing. Sedangkan untuk food test maupun proses produksinya sendiri tetap dilaksanakan di cold kitchen kampus.

 

”Selain itu mahasiswa juga dibekali cara mengemas produk pastry yang cantik, menarik dan layak jual tentunya hingga memasarkannya secara online melalui media sosial seperti WhatsApp (WA), Instagram (IG), Facebook maupun penjualan langsung (direct sales),” terang Chef Renny Savitri kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, baru-baru ini.

 

Karena itu dalam gelaran Baking Demo for Entrepreneur & Duplication kali ini, Chef Renny membekali anak didiknya bagaimana membuat dua kreasi Sweet Bread (Mini Pizza & Banana Bread) kekinian yang layak jual sekaligus memenuhi standar industri (perhotelan). Dengan acuan tersebut, maka produk pastry yang akan dibuat mahasiswa pun lebih diarahkan untuk membidik segmen pasar menengah atas.

 

Mengingat resep membuat Mini Pizza & Banana Bread ini untuk tujuan komersial (terkait dengan tujuan program Entrepreneur), maka bahan yang dibutuhkan terdiri atas bread flour, medium flour, sugar, yeast, bread improver, egg yolk, fresh cream, cool water, butter dan salt.

 

Selanjutnya Chef Renny meminta anak didiknya menyiapkan bahan untuk membuat filling & topping-nya. Filling & topping untuk Mini Pizza, maka bahan yang dibutuhkan adalah bolognaise sauce, sausage beef, red & green paprika, cheddar cheese, mozzarella, chili sauce, mayonnaise, onion dan dry oregano secukupnya.

 

Sementara itu filling & topping untuk Banana Bread bahannya meliputi banana (pisang raja), choco filling dan cheddar cheese. Jangan lupa sebelum di-bake, roti setengah jadi tersebut di-wash lebih dulu dengan milk powder yang telah diencerkan dengan water agar permukaan roti tampak mengkilap usai proses pengovenan.

 

”Produk yang sudah jadi itu lalu dikemas dalam wadah kertas karton berwarna coklat dengan tampilan keren. Setiap paket itu berisi dua pieces yakni Mini Pizza & Banana Bread Setiap paketnya dibandrol dengan kisaran harga antara Rp 25.000 hingga Rp 30.000,” terang Chef Renny Savitri. Good jobs! Chef. The most incredible

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar