twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 26 Januari 2023

Dari Kehebohan Mahasiswa Culinary Art Praktik Entrepreneur di Kitchen Modern Graha Tristar


Kali Kedua Gelar Cooking Demo for Entrepreneur 2023, Chef Nadya Tampilkan Chijeu Buldak, Olahan Ayam Legendaris dari Korea nan Lezat

 

PADA pertemuan kali kedua bulan Januari 2023, tepatnya pada Rabu (25/01/2023) pagi, Chef Nadya Ratri Aryani, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit kembali menghelat Cooking Demo for Entrepreneur, demi membuat salah satu menu masakan legendaris Korean Cuisines, yakni Chijeu Buldak nan lezat cita rasanya.

 

Ini merupakan menu masakan Asia kali kedua yang di-share oleh Chef Nadya kepada mahasiswa Culinary Art Class, setelah sebelumnya diajarkan teknik masak Japanese Cuisines yang bertajuk Sushi Tempura with Tariyaki & Mentai Sauce mengawali masa perkuliahan Tahun Baru 2023.

 

Demo masak sekaligus duplikasi demi menyukseskan gelaran Program Entrepreneur tersebut, dihadiri 14-an mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi. Demo masak tersebut dihelat di Kitchen Modern 1 Lantai 3, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Usai menghelat Cooking Demo for Entrepreneur, sekarang giliran dua kelompok mahasiswa –masing-masing tim beranggotakan tujuh orang-- diminta menduplikasi menu masakan itu sesuai resep yang diberikan, lalu memproses di hot kitchen hingga mengemasnya dalam plastic bowl packaging yang keren seperti yang diajarkan Chef Nadya.

 

Program Entrepreneur bagi mahasiswa Culinary Art Class ini melengkapi jadwal praktik harian di kitchen yang sudah disusun pihak Akademik. Sehingga, mahasiswa –dalam satu kelompok kerja beranggotakan tujuh orang setiap kelompoknya-- punya kesempatan langsung untuk belajar berwirausaha di bidang kuliner kekinian yang tasty & delicious dengan harga terjangkau.

 

Di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar, Rabu (25/01/2023) pagi, Chef Nadya Ratri Aryani bersama 14 orang anak didiknya tampil heboh demi menyiapkan Chijeu Buldak dengan tampilan kekinian nan lezat cita rasanya.

 

”Demi masak Chijeu Buldak yang tasty & delicious, maka bahan yang diperlukan adalah chicken breast di-fillet lebih dulu, garlic dan ginger (di-chop), leek, onion (di-slice bentuk cube), gochugaru (bubuk cabai), gochujang (pasta cabai), soy sauce, minyak wijen, mirin, honey, blackpepper dan potato (diiris bentuk cube) kemudian tambahkan seasoning sucukupnya,” kata Chef Nadya di hadapan anak didiknya, sebelum gelaran Cooking Demo for Entrepreneur.

 

Teknik memasaknya, lanjut Chef Nadya, semua bahan tersebut di-mix menjadi satu lalu di-marinated selama 5-10 menitan. Tahap pekerjaan berikutnya bahan yang selesai dimarinasi lalu di-sautee dengan menambahkan minyak 1-2 sendok makan dan selanjutnya di-stir fry dengan suhu medium (med heat).

 

Selama proses stirring tambahkan juga water sekitar 200 ml barulah masakan khas dari Korea itu di-simmering dan dikasih seasoning secukupnya (jika memang diperlukan) sebelum masakan tersebut matang sempurna dan diangkat untuk di-plating dan di-garnish di atas piring agar tampilannya semakin keren.

 

Untuk tampilan yang terbaik, sebelum Chijeu Buldak tersebut disajikan, maka taburi dulu dengan mozzarella cheese lalu dipanas dengan teknik torch sampai keju meleleh dan warnanya agak kecoklatan, kemudian ditaburi biji wijen (sesame seed) dan parsley leaf sebagai hiasan topping-nya. Berdasarkan kalkulasi sementara, harga menu Chijeu Buldak satu piring berkisar antara Rp 40.000-50.000-an.

 

Setelah Chef Nadya menghelat demo masak Chijeu Buldak, sekarang giliran dua kelompok mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi itu diminta menduplikasi kreasi masakan Korean Cuisines tersebut dengan tampilan sekeren mungkin ala pelaku bisnis restoran terkemuka di mall-mall maupun hotel berbintang di Surabaya.

 

Baik Tim A (dimotori Marcel dan enam personel lainnya) maupun Tim B (dipimpin Vince bersama enam anggotanya) giliran diminta Chef Nadya membuat Chijeu Baldak seperti yang diajarkan. Setelah berjibaku di hot kitchen sekitar 60 menitan, maka masakan Korea yang populer di Indonesia itu dikemas dalam plastic bowl packaging.

 

Kedua tim pun tampil all out demi mempersembahkan Chijeu Buldak yang lezat di hadapan dosen pembimbing. Sebelum hasil kreasi masakan Tim A dan Tim B, dikritisi dan dievaluasi oleh Chef Nadya, masakan khas Korea tersebut didokumentasikan lebih dulu oleh tim multimedia Tristar Group. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar