twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 05 Januari 2023

Memotret Kehebohan Final Exam Mahasiswa Culinary Art di Kitchen Modern Graha Tristar


Tim Juri Apresiasi 16 Kreasi Masakan Asian Cuisines yang Ditampilkan Mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi 



TIM JURI yang terdiri dari Chef Nadya Ratri Aryani, Chef Renny Savitri (Chef Ardi Santoso) dan Chef Thomas Denny mengapresiasi 16 kreasi masakan Asian Cuisines yang ditampilkan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, selama pelaksanaan final exam hari pertama, Rabu (14/12/2022) dan hari kedua, Kamis (15/12/2022) lalu.

 

Selama gelaran ujian praktik masak pada hari pertama dan kedua itu, 16 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari dibimbing Chef Mario Alvin Jonathan (Chef Thomas Denny), tampil percaya diri saat berjibaku di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Dalam ujian praktik masak hari pertama, 11 mahasiswa yang hadir pagi itu tampil secara individual di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya. Sedangkan pada final exam hari kedua, lima mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi ditantang untuk menyiapkan satu set menu Chinese Food (Asian Cuisines) yang terdiri dari Appetizer, SoupMain Course dan Dessert.

 

Selama berjibaku di hot kitchen pada final exam hari pertama, Desi Antika tampil individual saat masak Ayam Pongteh, M. Akbar Harun Al Rasyid antusias membuat Kuih Berlauk (Malaysian Food), Wendelina Ansury fokus masak Galantine dan Denita Natalia Simbolon menampilkan kreasi masakannya yang bertajuk Prawn Fruit Salad.

 

Giliran selanjutnya Jonathan Tjandra Yulianto yang percaya diri masak Thai Peanut Salad Wonton Cups, Evan Alexander Kristiono mempersembahkan Grilled Chicken with Mashed Potato & Blackpepper Sauce, Edwin Prasetya Kristianto asyik membuat Lasagna Bechamel Soup dan Christy Angelica sibuk menyiapkan masakan andalannya yang bertema Singaporean Laksa & Sambal Kering Ebi.

 

Sedangkan Clayrine Tsabita Salman Andini Rahmadani bekerja all out di kitchen, demi membuat masakan klasik dari Thailand Khao Mok Gai yang tampilannya mirip banget dengan Nasi Biryani, Adenanda Azzahra tampil antusias demi masak Karipat (Singaporean Chicken with Curry Puff) yang deliciously dan terakhir Esa Ramadhani menampilkan Hawker Style Chicken Pancake.

 

Sementara itu pada final exam hari kedua, Kamis (15/12/2022) pagi, giliran lima mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi, yakni Anna Elissa Santosa, Yolanda Pangestu, Syahrul Chuzaini, Andreano Valentino dan Ruth Hana berjibaku di hot kitchen Graha Tristar, demi menampilkan satu set menu Oriental Cuisines (Chinese Food) yang di-set up ala sajian makanan untuk jamuan malam perayaan Tahun Baru Imlek 2023 mendatang.

 

Satu set menu Chinese Food yang dipersembahkan lima mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi itu terdiri atas Salad Combination (Appetizer), Tim Ayam Obat (Soup), Yangzhou Chao Fan, Sapo Tofu, Udang Goreng Sauce Mayonnaise (Main Course) dan Es Buah (Dessert).

 

Sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa dalam final exam hari kedua itu ditampilkan di hadapan tim juri, masing-masing peserta juga wajib mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar masakan tersebut tampil keren layaknya menu makanan yang biasa disajikan di hotel berbintang dan restoran ternama di Surabaya.

 

Aneka kreasi masakan pada final exam hari pertama dinilai oleh Chef Nadya Ratri Aryani, Chef Renny Savitri dan Chef Thomas. Sedangkan pada final exam hari kedua tim jurinya terdiri dari Chef Ardi Santoso, Chef Nadya Ratri Aryani dan Chef Thomas Denny.

 

Penilaian oleh tim juri setidaknya mengacu pada tiga kriteria yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut sesusai dengan Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di hotel-hotel berbintang.

 

Secara overall, tiga orang juri pun sepakat untuk mengapresiasi kerja keras mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi yang telah berjibaku di hot kitchen Graha Tristar demi menampilkan kreasi masakan terbaiknya. Good jobs! Bro & Sis. So Cool

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar