twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 29 Desember 2022

Aksi Heboh Mahasiswa Cooking Battle Menu Continental Cuisines Bersama Chef Thomas


Mahasiswa Culinary Art Tampilkan Fettuccine Carbonara, Spaghetti Bolognese & Lasagna ala Ferrara, Tiga Menu Italian Food yang Legendaris

 

SEHARI jelang gelaran final exam, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group Chef Thomas Denny giliran mendampingi 12 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, praktik masak tiga menu Italian Food yang legendaris, yakni Fettuccine Carbonara, Spaghetti Bolognese dan Lasagna ala Ferrara, di Kitchen Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (13/12/2022) pagi.

 

Tiga menu masakan Italian Food yang dipraktikkan mahasiswa Culinary Art Class itu termasuk dalam kelompok Continental Cuisines (Western Food), Fettuccine Carbonara itu merupakan salah satu jenis pasta dengan saus creamy yang terbuat dari campuran krim, keju dan telur.

 

Bahan utama Fettuccine Carbonara cukup mudah ditemukan di swalayan maupun minimarket. Di antaranya Fettuccine yang mirip Spaghetti tetapi bentuknya pipih lebar, heavy cream dan keju.

 

Sedangkan menu masakan yang kedua, Spaghetti Bolognese dan menu terakhir yang dibuat oleh mahasiswa adalah Lasagna ala Ferrara. Untuk memudahkan pekerjaan di hot kitchen, 12 mahasiswa yang hadir pagi itu dibagi menjadi empat tim, masing-masing beranggotakan tiga orang.

 

Tim 1 personelnya adalah Yolanda, Windy dan Anna, Tim 2 beranggotakan Christy, Tika dan Adenanda, Tim 3 anggotanya terdiri dari Edwin, Evan dan Denisa dan Tim 4 personelnya meliputi Erin, Varen dan Akbar.

 

Keempat tim itu lalu di-battle demi mempersembahkan tiga menu Italian Food, yakni Fettuccine Carbionara, Spaghetti Bolognese dan Lasagna ala Ferrara dengan tampilan yang berkelas dan elegan saat disajikan di atas meja display. Tiga menu Italian Food legendaris ini sekarang mudah ditemukan di Restoran Italia yang buka di sejumlah hotel berbintang maupun mall-mall di Surabaya.

 

Berdasarkan panduan di dalam Buku Ajar (Silabus), bahan untuk masak Fettuccine Carbonara meliputi fettuccine, olive oil, butter, flour, fresh milk, clove, bayleaf, smoked beef dan onion. Sedangkan untuk membuat Spaghetti Bolognese, bahan yang dibutuhkan adalah spaghetti, ground beef, carrot (di-chop), onion (juga di-chop), concase, demiglaze, butter, brown flour, olive oil, oregano, thyme, bayleaf dan celery (untuk garnish-nya).

 

Terakhir, masing-masing tim berjibaku di hot kitchen Graha Tristar Surabaya demi masak Lasagna ala Ferrara. Bahan masakan yang disiapkan untuk menu yang satu ini terdiri dari butter, onion, carrot, celery, ham (di-slice), round beef, garlic (di-chop), white wine, tomato (juga di-chop), basil, lasagna sheet (di-boil), bechamel sauce, parmesan, mozzarella, salt & pepper.

 

Durasi masak masing-masing tim tidak lebih dari 1,5 jam, sejak prepare bahan, proses memasak hingga mem-plating-nya dalam satu tampilan, sebelum tiga menu Italian Food tersebut disajikan di atas meja display produk untuk dinilai dan dikritisi dosen pembimbing.

 

”Saya juga mengapresiasi kerja tim jika masakan tim itu sesuai citarasa Italian Food dan kreasi plating-nya pun layaknya sajian menu makanan Restoran Italia di hotel-hotel berbintang,” kata Chef Thomas, usai mencicipi hasil masakan masing-masing tim. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations


Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar