twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 07 Desember 2022

Dari Kehebohan Aksi Mahasiswa Belajar Teknik Pengolahan Sweet Bread Bersama Chef Renny


Mahasiswa Pastry Art Class Persembahkan Cinnamon Braided Rolls Bread, 5 Strand Braid Bread dan Chocolate Cashewnut Babka Bread, Tiga Kreasi Sweet Bread


MAHASISWA Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, tampil all out di Kitchen Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Selasa (06/12/2022) pagi, demi mempersembahkan Cinnamon Braided Rolls Bread, 5 Strand Braid Bread dan Chocolate Cashewnut Babka Bread, tiga kreasi Roti Manis (Sweet Bread) yang cantik, menarik dan berkelas.


Praktik membuat tiga krrasi Sweet Bread itu diajarkan Chef Renny Savitri pada tatap muka hari pertama. Sedangkan materi praktik hari kedua dan ketiga baru diberikan pada pekan depan. Sesuai Buku Ajar (Silabus) yang diterima mahasiswa, pertemuan hari kedua mahasiswa dijadwalkan praktik membuat Potato Donut, Bomboloni dan Viennoise Deux.


Sementara itu materi praktik pada tatap muka terakhir, mahasiswa Pastry Art Class dibekali Chef Renny seputar teknik membuat Melon Bread, Mocha Bun Bread dan Bread Cake, tiga kreasi Sweet Bread kekinian yang keren dan berkelas.


Untuk memudahkan pekerjaan di kitchen, 14-an orang mahasiswa Pastry Art Class (terbagi dalam empat tim) yang hadir pagi itu diminta Chef Renny, sapaan akrabnya, membuat Cinnamon Braided Rolls Bread, 5 Strand Braid Bread dan Chocolate Cashewnut Babka Bread sesuai jobs-nya masing-masing.


Setiap tim mahasiswa berupaya tampil all out di hadapan dosen pembimbing demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan. Pasalnya seusai mem-plating Sweet Bread tersebut, hasil kreasi mahasiswa itu dievaluasi langsung oleh dosen pembimbing.


Zilfa Nadia Abdillah bersama dua rekannya yang masuk dalam Tim A, berjibaku di cold kitchen Graha Tristar demi mempersembahkan Cinnamon Braided Rolls Bread, sedangkan Juanito Dio Rafael dan dua rekannya yang tergabung dalam Tim B tampil antusias saat membuat 5 Strand Braid Bread.


Sementara itu empat anggota Tim C yang dimotori Kenneth Jeconiah Chinlandra dan empat personel Tim D yang diketuai Yohanes Sadewa Putra Nugraha, sama-sama mendapat tugas untuk membuat Chocolate Cashewnut Babka Bread.


Untuk membuat Chocolate Cashewnut Babka Bread, misalnya, maka ada beberapa tahapan pekerjaan yang harus dilakoni. Pekerjaan tahap pertama membuat Bread Dough 1. Bahannya meliputi Komachi four dan fresh milk. Sedangkan tahapan pekerjaan yang kedua, membuat adonan Bread Dough 2 bahannya terdiri atas Komachi flour, yeast, sugar, milk powder, salt, egg yolk, salted butter (anchor/orchid), whipped cream Anchor dan ice cube.


Pekerjaan selanjutnya adalah membuat Chocolate Ganache untuk filling-nya. Bahannya sendiri meliputi Dark Chocolate Compound (DCC), fresh cream dan cashewnut. Sementara itu untuk membuat topping-nya, maka Anda tinggal menaburinya dengan cashewnut (yang sudah dipotong kecil-kecil) dan sugar. Jika ingin melakukan washing the surface, Anda cukup menyiapkan bahannya berupa milk powder dan hot water.


Sebelum di-bake pada suhu 180*C selama 15-20 menitan, Chocolate Cashewnut Babka Bread setengah jadi (ditaruh dalam loyang kecil berbentuk persegi berukuran @ 150 gram) tersebut, di-prooving (dalam ruang fermentasi) lebih dulu selama 45 menitan.


”Selain mendampingi mahasiswa yang kebagian tugas membuat Chocolate Cashewnut Babka Bread, saya juga mendampingi mahasiswa lain yang kebagian tugas membuat Cinnamon Braided Rolls Bread dan 5 Strand Braid Bread, sejak prepare bahan, proses mengolah hingga menampilkannya di meja display produk sesuai standar industri perhotelan,” pungkas Chef Renny Savitri, kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, kemarin. Good jobs! Bro & Sis. Very very cool


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar