twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 19 Desember 2022

Prodi Baru D4 Bisnis Jasa Makanan (BJM) Politeknik Surabaya Didukung Mesin-Mesin Modern


Demi Penuhi Standar Industri, Politeknik Surabaya Datangkan Sejumlah Peralatan Produksi yang Modern dan Berkelas


POLITEKNIK SURABAYA mendatangkan sejumlah peralatan produksi yang modern dan berkelas demi menunjang kegiatan belajar mengajar mahasiswa baru Program Studi (Prodi) D4 Bisnis Jasa Makanan, yang memenuhi standar industri. Peralatan dan mesin-mesin produksi skala industri tersebut sekarang sudah ready di West Campus Ruko Plaza Segi Delapan Blok A 827-A 829 Sukomanunggal Darmo Permai Surabaya Barat.

 

Presidr Tristar Group Ir Juwono Saroso MM., M.MPar., mengatakan itu  kepada www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Senin (19/12/2022) pagi, terkait dengan rencana perkuliahan perdana Prodi D4 Bisnis Jasa Makanan (BJM) Politeknik Surabaya (member of Tristar Group) yang dijadwalkan mulai Juli 2023 mendatang.

 

Kampus yang berlokasi tidak jauh dari Pakuwon Trade Centre (PTC), sebagai salah satu Central Business District (CBD) terkenal yang berkembang pesat di kawasan Surabaya Barat itu saat ini sudah siap menyambut kedatangan puluhan mahasiswa baru (maba) yang akan belajar di West Campus.

 

Tidak hanya mendatangkan Packaging Machinery (Sachet Forming & Sealing Machine), mesin Vacuum Sealer Portable (untuk makanan) dan mesin Dough Sheeter (untuk membuat aneka kreasi Croissant dan Puff Pastry), namun masih ada sejumlah peralatan modern dan berkelas yang sudah stand by di West Campus Plaza Segi Delapan.

 

Di antaranya adalah mesin pengalengan, mesin produksi mie instan, tiga macam mesin pengemas sachet (untuk serbuk, cair dan pasta), Blast Freezer Machinery, Conveyor Pizza Oven, Food Dehydrator, UFO Burger Machinery, mesin produksi biskuit, mesin pencetak bakso, Sealing Meat Box Machinery, mesin pengasap (Ikan dan Ayam) dan mesin presto industri.

 

Pengoperasian mesin pengasap dan mesin presto industri sudah pernah diuji coba di hadapan mahasiswa S1 Teknologi Pangan saat praktik membuat olahan Bandeng Asap dan Bandeng Presto bersama Dosen Food Technology Tristar Group Chef Endang Sri Rahajoe, di Kitchen Modern West Campus.

 

Sementara itu Food Dehydrator beroperasi dengan menggunakan elemen pemanas untuk menyebarkan hawa panas, kemudian kipas angin yang ada di dalam mesin tersebut berfungsi untuk menyebarkan udara panas pada bahan makanan yang ingin dikeringkan, lalu mengeluarkannya melalui ventilasi udara agar bahan makanan yang diproses itu cepat kering. Sedangkan baki makanan yang ada di dalamnya berfungsi untuk menampung kadar air yang menetes dari bahan makanan tersebut.

 

Begitu juga dengan Conveyor Pizza Oven telah didemonstrasikan kali pertama oleh Master Chef of Spinning Pizza, Chef Agung Kurnia, dalam gelaran master demo membuat tiga kreasi Italian Pizza kekinian, di hadapan mahasiswa Culinary Art Tristar Samator (member of Tristar Group) di Jl. Raya Kedungbaruk No. 26-28 Surabaya.

 

Dalam kesempatan itu Chef Agung berbagi ilmu cara membuat pizza dengan mesin pemanggang pizza (Conveyor Pizza Oven) yang relatif singkat waktunya, tidak lebih dari lima menit. Pizza yang sudah dimasak dengan mesin conveyor (suhu bermain pada kisaran 250-300*C) itu kemudian di-plating agar tampilannya cantik, menarik dan berkelas.


Dengan motonya yang keren Be a Great Entrepreneur, Prodi baru D4 Bisnis Jasa Makanan yang disiapkan secara all out oleh Politeknik Surabaya, diharapkan menjadi pilihan cerdas mahasiswa yang ingin meniti karier lewat jalur Pendidikan tinggi yang fokus melahirkan entrepreneur di bidang makanan sekaligus menjadi seorang Foodpreneur yang andal dan sukses. Good jobs! Bossque. Congratulations …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Politeknik Surabaya (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus A Tristar Group, Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar